Cara Memulai Pola Hidup Sehat dan Manfaatnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Sep 2021

Bagikan

Cara Memulai Pola Hidup Sehat dan Manfaatnya

Tahukah Anda, bahwa menerapkan pola hidup sehat dapat memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa? Mungkin banyak diantara Anda yang sering mendengar pola hidup sehat, namun tidak tahu bagaimana cara memulainya. Anda tidak perlu khawatir, karena dalam artikel ini akan dijelaskan cara memulai pola hidup sehat dan juga manfaatnya. Oleh karena itu, simak terus penjelasan dibawah ini. 


Memulai Pola Hidup Sehat

  1. Olahraga setiap hari

Cara memulai pola hidup sehat yang pertama yaitu dengan berolahraga setiap hari. Olahraga yang dilakukan tidak perlu pergi ke gym ataupun harus jogging. Anda bebas memilih olahraga yang Anda senangi dan bisa Anda lakukan seperti berenang, bersepeda ataupun lainnya. Inti dari berolahraga setiap hari yaitu membuat tubuh untuk tetap aktif bergerak. Tubuh yang aktif bergerak akan membakar kalori yang mengendap di dalam tubuh. Tidak hanya itu, olahraga juga dapat mengalirkan lebih banyak oksigen kedalam sel tubuh sehingga membuat Anda tetap sehat. 

  1. Memilih makanan

Cara memulai pola hidup sehat yang selanjutnya yaitu bijak dalam memilih makanan. Hal ini karena makanan yang Anda konsumsi akan sangat memengaruhi tubuh dalam bekerja. Pastikan dalam setiap piring yang Anda konsumsi terdapat gizi yang seimbang meliputi, serat, protein, karbohidrat dan juga lemak baik. Hindari bergantung pada salah satu jenis makanan pokok saja. Anda bisa mengganti makanan pokok dengan ubi, jagung ataupun kentang. Tidak hanya itu, dalam mengolah makanan juga hindari untuk menggorengnya, lebih baik direbus, kukus ataupun tumis. 

  1. Perbanyak air putih

Mengonsumsi banyak air putih merupakan salah satu cara memulai pola hidup sehat. Hal ini karena dalam tubuh manusia terdiri dari 60% cairan. Setiap harinya, cairan tersebut akan keluar melalui keringat, urine,  dan napas. Hal inilah yang membuat Anda perlu memperbanyak konsumsi air putih. Selain itu, mengonsumsi air putih yang banyak juga dapat mencegah Anda dari dehidrasi. Apabila Anda sedang berpergian, maka bawalah botol minuman Anda sendiri agar asupan air tercukupi.  

  1. Mencukupi tidur

Selain mencukupi asupan air, Anda juga perlu mencukupi tidur dalam menerapkan pola hidup sehat. Hal ini karena olahraga ataupun makanan sehat yang Anda konsumsi akan menjadi sia-sia apabila Anda tidak cukup tidur. Tidur merupakan suatu fondasi dalam membentuk tubuh dan pikiran yang sehat. Untuk orang dewasa, waktu tidur yang diperlukan yaitu berkisar antara 7 hingga 8 jam per harinya. 


Baca Juga: Mau Langsing dan Sehat? Pelajari Pola Hidup Sehat Berikut Ini!

<

Manfaat Pola Hidup Sehat

Lantas, apa manfaat yang bisa didapatkan dari menerapkan pola hidup sehat? Manfaat yang didapatkan sangatlah luar biasa, namun untuk lebih jelasnya akan dijelaskan di bawah ini. 

  1. Mencegah Penyakit

Manfaat dari pola hidup sehat yang pertama yaitu mencegah berbagai penyakit. Dengan menerapkan pola hidup sehat, maka Anda bisa mempertahankan berat badan ideal dan terhindar dari obesitas. Tidak hanya itu, dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa peningkatan asupan buah dan sayur sebanyak 66 gram akan mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebanyak 25%. 

  1. Memperpanjang Umur

Hidup yang terhindar dari penyakit akan berhubungan dengan hidup yang lebih lama. Apabila hingga usia 50 tahun Anda tidak pernah merokok, berat badan ideal dan sering melakukan gerakan yang aktif, maka Anda bisa menambah umur hingga 14 tahun lebih lama. 

  1. Menghemat Uang

Hal ini sangat berkaitan dengan mencegah penyakit, dengan menerapkan pola hidup sehat maka Anda akan terhindar dari penyakit. Mungkin Anda sudah tahu, bahwa biaya perawatan ataupun pemeriksaan ke dokter tidaklah murah. Oleh karena itu, apabila Anda sehat maka tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perawatan. 

Nah itulah beberapa informasi mengenai cara memulai pola hidup sehat dan juga manfaatnya. Untuk dapat memulai dan konsisten dalam menerapkan pola hidup sehat, tentu tidaklah mudah. Oleh karena itu, diperlukan komitmen dan disiplin dalam menjalani pola hidup sehat. Selain itu, Anda juga bisa mengajak orang-orang terdekat untuk saling membantu dan mendorong agar tetap konsisten dalam menerapkan pola hidup sehat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

Risher, Brittany. Healthy Lifestyle Benefits: 5 Tips for Living Your Strongest, Healthiest Life Yet (2021) 

Healthy living (2021)

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi