Bantuan

Latihan Kelenturan: Manfaat dan Cara Melatih Kelenturan Tubuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 18 Nov 2021

Bagikan

Cara Melatih Kelenturan Tubuh Beserta Manfaatnya

Tahukah Anda bahwa kelenturan merupakan salah satu komponen utama dari kebugaran tubuh? Seringkali disepelekan, kelenturan ini sejatinya sangatlah penting karena dapat membantu Anda menjalani aktivitas sehari-hari dengan mudah, membantu mencegah terjadinya cedera, dan membantu sendi-sendi Anda berfungsi secara maksimal.

Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya yang dapat Anda temukan dari memiliki tubuh yang lentur. Oleh karena itu, latihan kelenturan ini menjadi suatu hal yang tidak dapat Anda lewatkan.

Lantas apa manfaat lainnya dari latihan kelenturan dan bagaimana cara melatih kelenturan tubuh? Simak terus penjelasan berikut ini.

Manfaat Latihan Kelenturan

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, tubuh yang lentur mendatangkan berbagai macam hal positif. Hal-hal ini hanya akan didapatkan ketika Anda rutin melakukan latihan kelenturan. Adapun beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan adalah:

  • Memperbaiki dan meningkatkan postur tubuh yang ideal

  • Membantu menghindarkan tubuh dari cedera sendi dan juga otot

  • Membantu meningkatkan tingkat koordinasi, kecepatan, dan kelincahan tubuh

  • Meningkatkan kebugaran tubuh

  • Mengurangi gangguan seperti nyeri pada punggung bagian bawah

  • Mampu menghemat pengeluaran tenaga saat beraktivitas

  • Membantu meraih prestasi dalam cabang olahraga tertentu

Itulah dia manfaat yang Anda dapatkan dari rutin melakukan latihan kebugaran. Mengingat fungsinya yang begitu penting dan manfaatnya yang melimpah, maka tentu Anda sudah dapat memulai rutinitas latihan kelenturan Anda.

Tidak perlu bingung, karena berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

Baca Juga: Raih Postur Tubuh Terbaik Dengan Posisi Duduk yang Benar

Cara Melatih Kelenturan Tubuh

Ada banyak cara yang dapat Anda tempuh untuk mendapatkan tubuh yang lebih lentur, agar bugar dan sehat. Beberapa cara yang bisa Anda coba adalah sebagai berikut:

  1. Variasikan Gerakan Stretching

Anda pasti sudah familiar dengan stretching atau peregangan tubuh. Cara yang satu ini dapat dibilang merupakan salah satu cara termudah dalam melatih kelenturan tubuh Anda, karena dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, baik sebelum maupun sesudah berolahraga. Anda dapat mencoba memvariasikan gerakan stretching sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

  1. Lakukan Pemanasan Sebelum Berolahraga

Pemanasan sebelum berolahraga merupakan cara meningkatkan kelenturan tubuh yang tidak bisa dilewatkan. Mengapa? Karena tidak hanya Anda akan melewatkan manfaat-manfaatnya, melewatkan gerakan pemanasan sebelum berolahraga dapat meningkatkan risiko terjadinya cedera saat berolahraga.

  1. Cobalah Yoga Untuk Meningkatkan Kelenturan

Berbicara tentang latihan kelenturan sepertinya tidak akan lengkap tanpa yoga. Salah satu cara melatih kelenturan tubuh ini juga menjadi cara yang populer untuk menenangkan diri. Cobalah untuk melakukan yoga ini paling tidak 15 hingga 30 menit dalam sehari, untuk meningkatkan kelenturan dan juga keseimbangan tubuh.

  1. Menari Bagus Untuk Fleksibilitas

Ingin mencoba latihan kelenturan badan yang berbeda? Cobalah menari. Dengan menari, Anda tidak hanya melatih kelenturan tubuh, namun juga dapat melatih jantung dan mengurangi lemak berlebih dalam tubuh. Anda dapat mencoba kelas zumba atau berbagai jenis tarian lainnya yang Anda senangi.

  1. Pilates Untuk Postur Tubuh yang Bagus

Jika Anda menginginkan postur tubuh yang bagus dan ingin meningkatkan kelenturan tubuh, maka pilates dapat menjadi latihan kelenturan yang tepat untuk Anda. Latihan pilates ini juga memfokuskan pada bagian core otot dan melatih kelenturan dari bagian paha, punggung hingga leher. 

  1. Mencoba Tai Chi Sebagai Alternatif Yoga

Bagi Anda yang mungkin ingin mencoba latihan kelenturan selain yoga, maka tai chi dapat menjadi pilihan yang tepat. Mengapa? Karena selain dapat meningkatkan kelenturan tubuh, latihan tai chi yang kerap dianggap sebagai latihan untuk kaum lansia ini juga dapat membuat tubuh Anda lebih tenang dan rileks.

Oleh karena itu, tentu umur bukan menjadi batasan untuk Anda yang ingin mencobanya. Itulah dia beberapa cara melatih kelenturan tubuh yang dapat Anda coba. Sebagaimana jenis latihan lainnya, keenam hal tersebut tentu tidak akan langsung memunculkan dampak dalam jangka pendek.

Dalam hal ini, Anda perlu melakukan latihan-latihan tersebut secara rutin untuk dapat melihat efek yang signifikan. Oleh karena itu, tetap konsisten dalam menjalani latihan kelenturan adalah kuncinya.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal Tai Chi, Olahraga Penurun Kolesterol

 

Sumber:

1. Williams, Laura. 2019. 6 ways to improve your flexibility.

2. Ghose, Tia. 2014. Does Stretching Increase Flexibility?

Tag :
Bagikan artikel ini