Bantuan
Free Tele x

Mengenal Seluk Beluk Diet DASH dan Manfaatnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Feb 2022

Bagikan

diet dash, dash diet

Diet DASH atau Dietary Approaches to Stop Hypertension merupakan yang diet yang dirancang untuk mencegah serta mengatasi hipertensi. Diet DASH ini menekankan pada pola makan yang rendah garam, tetapi tetap memerhatikan kandungan nutrisinya seperti kalsium, kalium, dan magnesium. 

Akan tetapi, mungkin beberapa dari Anda belum mengetahui apa itu diet DASH. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai seluk beluk diet DASH yang perlu Anda ketahui. Jadi, simak terus penjelasan yang akan disampaikan di bawah ini. 

Aturan Diet DASH

Secara garis besarnya, penjelasan dari diet DASH telah disampaikan sebelumnya. Namun ada beberapa aturan yang ditetapkan jika Anda ingin menjalani diet DASH ini. Beberapa aturan diet DASH yang perlu Anda ketahui, yaitu sebagai berikut.

  • Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh serta kolesterol

  • Memperbanyak konsumsi sayuran, buah dan susu rendah lemak 

  • Memperbanyak konsumsi kacang-kacangan serta makanan yang bersumber dari gandum

  • Menghindari makanan dengan kandungan gula yang tinggi 

  • Mengurangi konsumsi natrium yang terdapat dalam masakan ataupun makanan kemasan

Jika Anda ingin memulai jalani diet DASH ini, maka berpatokan pada aturan yang telah disebutkan tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti beberapa tips diet DASH berikut ini. 

  • Konsumsi sayur sebanyak 5-6 porsi per hari

  • Konsumsi buah sebanyak 5-6 porsi per hari

  • Beras dan gandum sebanyak 6 hingga 8 porsi per hari

  • Produk olahan susu sebanyak 2-3 porsi per hari

  • Lemak dan minyak sebanyak 2-3 porsi per hari

  • Kacang-kacangan sebanyak 4-5 porsi per hari

Ukuran setiap porsinya, yaitu 65 gram dan untuk sayuran dihitung dalam keadaan telah matang. 

Manfaat Diet DASH

Berdasarkan namanya, mungkin Anda sudah mengetahui apa manfaat dari diet DASH ini. Namun, ternyata tidak hanya mampu menurunkan tekanan darah, diet DASH juga memberikan manfaat lain bagi kesehatan. Jadi, simak penjelasan mengenai manfaat diet DASH di bawah ini. 

  1. Menurunkan tekanan darah

Sudah sangat jelas, manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dari diet DASH, yaitu mampu menurunkan tekanan darah. Pasalnya, salah satu penyebab utama seseorang mengalami tekanan darah tinggi, yaitu konsumsi garam yang berlebih. Jadi, dengan mengurangi asupan garam maka tekanan darah pun dapat menurun. Bahkan manfaat ini bisa dirasakan oleh penderita hipertensi ataupun orang sehat sekalipun. 

  1. Menurunkan berat badan

Dalam menjalani diet DASH biasanya berat badan akan ikut menurun. Hal ini karena selama menjalani diet DASH Anda akan menerapkan pola makan yang bergizi imbang dan kalori yang terkontrol. Pada akhirnya tubuh tidak mendapatkan kalori yang berlebih sehingga berat badan pun akan menjadi ideal. Berat badan yang menurun ini juga akan membantu menurunkan tekanan darah. 

  1. Menurunkan risiko diabetes

Manfaat yang bisa didapatkan dari menjalani diet DASH yang selanjutnya, yaitu menurunkan risiko diabetes terutama tipe 2. Hal ini karena pola makan saat menjalani diet DASH diklaim dapat mengatasi resistensi insulin. Resistensi insulin itu sendiri merupakan salah satu penyebab penyakit diabetes. 

  1. Mengurangi risiko kanker

Salah satu manfaat luar biasa dari diet DASH, yaitu mampu mengurangi risiko kanker. Bagi Anda yang menjalani diet DASH dengan sungguh-sungguh dan tepat maka memiliki risiko kanker yang lebih rendah. Beberapa kanker yang dapat dicegah dengan diet DASH, yaitu kanker payudara dan kanker kolorektal. 

  1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, diet DASH mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi ini sangat berkaitan dengan penyakit jantung dan juga stroke. Oleh karena itu, orang yang menjalani diet DASH akan memiliki risiko penyakit jantung yang rendah. Bahkan, dengan diet DASH mampu mengurangi penyakit risiko jantung sebesar 20%.

Demikian penjelasan mengenai seluk beluk diet DASH yang perlu Anda ketahui. Perlu diperhatikan, untuk mendapatkan hasil yang maksimal perlu juga didukung dengan olahraga yang rutin. Dengan olahraga, maka kesehatan seluruh tubuh akan meningkatkan sehingga aliran darah pun menjadi lebih lancar. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Bantu Menurunkan Berat Badan, Ini Rekomendasi Menu Diet Sehat untuk Anda

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

WebMD. 2021. DASH Diet and High Blood Pressure. https://www.webmd.com/hypertension-high-blood-pressure/guide/dash-diet#1

Mayo Clinic. Nutrition and healthy eating . https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/dash-diet/art-20048456

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami