Bantuan
Free Tele x

Raih Postur Tubuh Terbaik Dengan Posisi Duduk yang Benar

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 20 Sep 2021

Bagikan

6 Posisi Duduk yang Benar Agar Tidak Mudah Lelah

Apakah Anda tahu bagaimana posisi duduk yang benar? Posisi duduk sebenarnya tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, terutama bagi Anda yang kerjanya duduk dari pagi hingga sore hari. Posisi duduk yang tidak benar dapat menyebabkan otot menjadi kaku dan masalah kesehatan lainnya. 

Posisi duduk akan memberikan tekanan yang besar pada bahu, leher, otot punggung dan juga tulang belakang. Ketika posisi duduk yang Anda lakukan sambil membungkuk, maka tekanan yang diterima oleh bagian tubuh tadi semakin besar dan menyebabkan nyeri punggung. 

Posisi Tubuh Yang Benar

Lantas, bagaimana posisi duduk yang benar? Simak penjelasan berikut agar postur tubuh Anda tetap baik ketika bekerja di tempat duduk dalam waktu yang lama. 

  1. Menyesuaikan tinggi kursi

Posisi duduk yang benar pertama yaitu menyesuaikan tinggi kursi dengan postur tubuh Anda. Anda perlu mengatur tinggi kursi hingga kaki Anda menapak ke lantai, atau bisa menggunakan bantalan agar kaki Anda tidak menggantung. Selain itu, Anda perlu meletakkan siku Anda di samping hingga membentuk huruf L. 

  1. Memerhatikan posisi tubuh bagian atas

Pada saat duduk, Anda perlu memerhatikan posisi tubuh bagian atas. Pastikan posisi bahu ke belakang serta bokong menyentuh bagian belakang kursi. Selain itu, pastikan posisi leher dan kepala tetap lurus namun nyaman. Anda juga perlu menurunkan bahu dan menjaganya tetap santai. 

  1. Menjaga jarak pandang

Bagi Anda yang kerjanya duduk di kursi dalam waktu lama, biasanya di hadapkan dengan layar. Apabila Anda duduk sambil menatap layar, pastikan jarak pandang berada di jarak yang aman. Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan tinggi layar, karena layar yang terlalu tinggi atau rendah dapat membebani mata dan leher. 

  1. Memerhatikan posisi lutut

Posisi duduk yang benar selanjutnya yaitu memerhatikan posisi lutut. Hindari menyilangkan kaki, dan sebaiknya tekuk lutut hingga sejajar dengan pinggul. Anda juga bisa menggunakan ganjalan kaki agar lutut tetap sejajar. Apabila Anda bekerja tidak menggunakan meja kerja, maka sebaiknya untuk tidak melakukannya dalam waktu yang lama. Hal ini dapat membuat tulang ekor mendapatkan beban yang besar dari paha. 

  1. Meletakkan barang penting dalam jangkauan Anda

Meletakkan barang-barang penting yang sering Anda gunakan dalam jangkauan dapat membantu posisi duduk dengan benar. Tujuan meletakkan barang ini dalam jangkauan Anda yaitu untuk meminimalisir gerakan tangan yang terlalu besar. Gerakan tangan yang terlalu besar dapat membuat otot tangan cepat lelah dan terasa kaku. 

  1. Memosisikan keyboard dan mouse

Sebagai seorang yang bekerja di depan layar komputer, mouse dan keyboard merupakan alat yang sering digunakan. Posisi terbaik dalam meletakkan mouse dan keyboard yaitu 10 cm dari tepi meja. Selain itu, pastikan juga posisi mouse dan keyboard harus sejajar dan mudah di jangkau. Apabila keyboard yang Anda miliki tinggi, maka Anda perlu mencari sandaran untuk tangan. 

Duduk Terlalu Lama

Setelah mengetahui posisi duduk yang benar, sebaiknya Anda juga memerhatikan waktu duduk. Dianjurkan setiap 30 menit Anda perlu merubah postur tubuh sesering mungkin. Tidak hanya itu, Anda juga perlu untuk beristirahat atau melakukan peregangan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi ketegangan dan juga nyeri otot. 

Hal yang bisa Anda lakukan untuk istirahat yaitu dengan berdiri sejenak maupun berjalan-jalan ke toilet atau minum air. Sebaiknya Anda melakukan istirahat selama 1 hingga 2 menit setiap 30 menit. Hal ini bertujuan untuk melancarkan kembali aliran darah setelah duduk dalam waktu yang lama. 

Duduk dalam waktu yang lama dan posisi duduk yang salah dapat meningkatkan beberapa risiko seperti, otot kaki menjadi kaku, sakit bahu, sakit leher, sakit punggung, saraf kejepit, obesitas dan penyakit jantung. Bahkan dalam penelitian diungkapkan bahwa duduk terlalu lama serta jarang berolahraga dapat menyebabkan kematian akibat penyakit jantung. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai posisi duduk yang benar agar postur tubuh Anda tetap baik untuk para pekerja. Jangan sampai menyesal diakhir, ayo mulai terapkan posisi duduk yang benar ini dari sekarang. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Olahraga untuk Memperbaiki Postur


Sumber:

Holland, Kimberly. What’s the Best Sitting Position for Good Posture? (2020) 

How to sit at your desk correctly (2019)

Bagikan artikel ini