Bantuan
Free Tele x

Mengenal Tai Chi, Olahraga Penurun Kolesterol

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 04 Nov 2020

Bagikan

Mengenal Tai Chi, Olahraga Penurun Kolesterol

Tai chi merupakan bentuk olahraga yang lambat dan mengalir, terkadang dideskripsikan sebagai ‘gerakan meditasi’. Praktik tai chi melibatkan beberapa koreografi yang memerlukan imajinasi, seperti “lambaikan tangan seperti awan”.

Ketika badan Anda bergerak, pikiran Anda harus fokus. Selain itu, tai chi juga mengajarkan relaksasi yang dapat membantu menurunkan stress.

Beberapa hal tersebut adalah aspek yang penting dalam terapi yang melibatkan badan dan pikiran. Terapi seperti ini bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Gerakan-gerakannya sangat mudah untuk dipelajari dan memiliki berbagai level intensitas yang berbeda, bahkan ada gerakan yang dapat dilakukan saat duduk di kursi.

Anda juga tidak perlu takut jika Anda tidak fleksibel karena tai chi tidak mengharuskan Anda untuk meregangkan atau mengekstensikan tubuh Anda sepenuhnya.

Tai Chi Sebagai Alternatif Pilihan Olahraga

Tai chi merupakan opsi yang tepat bagi orang-orang yang sedang tidak bisa ataupun tidak ingin berolahraga. Bahkan, orang-orang yang sudah lama tidak bergerak juga dapat melakukan tai chi, lho!

Tai chi dapat meningkatan kekuatan dan kepercayaan diri, baik untuk kesehatan tubuh maupun jiwa. Selanjutnya, apabila Anda meneruskan ke pose-pose dengan intensitas yang lebih tinggi, tai chi dapat menjadi pilihan olahraga aerobik Anda.

Namun, aspek-aspek meditasi tai chi yang mengajarkan kesadaran terhadap tubuh sendiri, mengontrol diri, dan manajemen stres juga sangat penting. Hal ini yang memberi manfaat bagi pasien-pasien dengan masalah jantung.

Baca Juga: Lindungi Kesehatan Jantung bagi Penderita Hipertensi

Tai Chi Dapat Melindungi Jantung

Riset menunjukkan bahwa tai chi dapat menurunkan nyeri dan meningkatkan suasana hati, bahkan dari sejak tahun 1950. Tai chi dapat menurunkan level kolesterol dan meredakan peradangan, yang memberikan efek positif bagi kesehatan jantung. 

Tai chi juga menunjukkan efek bermakna pada pasien hipertensi/tekanan darah tinggi. Dengan melakukan tai chi, tekanan darah sistolik dapat turun 7-32 poin, sedangkan tekanan darah diastolik turun 2-18 poin.

Yuk, Mulai Melakukan Tai Chi

Tai chi dapat menjadi pilihan tambahan yang baik untuk Anda dalam program rehabilitasi jantung. Anda dapat mencari kelas tai chi lokal pada studio-studio yang membuka kelas tai chi.

Jika tidak memungkinkan dalam masa pandemi ini, Anda dapat menonton DVD atau youtube sembari berlatih di runah. Namun, tentu saja belajar langsung dengan masternya akan lebih memudahkan Anda. 

Apakah Anda tertarik memulai tai chi dan menjaga kesehatan jantung Anda?

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Latihan Kebugaran Jasmani Untuk Penderita Penyakit Jantung Koroner

 

Referensi:

Looking for a mellow form of exercise? Try tai chi [Internet]. Harvard: Harvard Heart Letter; 2020 Apr [cited 2020 Jul]. Available from: https://www.health.harvard.edu/heart-health/looking-for-a-mellow-form-of-exercise-try-tai-chi

Bagikan artikel ini