Bantuan

Lapisan Kulit Manusia: Memahami Struktur dan Fungsi Dari Kulit

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 18 Nov 2021

Bagikan

Memahami Struktur dan Fungsi Lapisan Kulit Manusia

Tahukah Anda, ternyata lapisan kulit manusia terdiri dari 3 lapisan yaitu epidermis, dermis dan subkutis atau hipodermis. Setiap lapisan ini tentunya memiliki struktur dan juga fungsinya masing-masing.

Untuk lebih memahami 3 lapisan kulit tersebut, Anda perlu terus mengikuti penjelasan dibawah ini.

Struktur Kulit Manusia

Walaupun disebutkan diawal, lapisan kulit terdiri 3. Akan tetapi, pada dasarnya lapisan kulit utama yaitu hanya terdiri dari 2 yaitu epidermis dan dermis.

Dibawah kedua lapisan tersebut terdapat lapisan lemak yang disebut subkutan atau hipodermis yang berguna untuk melindungi tubuh dan juga membantu menyesuaikan diri dengan suhu. 

  1. Epidermis

Lapisan kulit yang paling luar pada tubuh manusia yaitu epidermis. Lapisan kulit epidermis ini selalu mengalami regenerasi karena peluruhan sel-sel kulit mati setiap harinya.

Hal ini karena setiap harinya manusia memiliki 500 juta sel kulit mati sehingga lapisan paling luar kulit dipenuhi oleh 23 hingga 30 lapisan kulit mati.

Akan tetapi, fungsi epidermis tidak hanya membentuk lapisan kulit baru, namun memiliki fungsi lainnya. Berikut ini beberapa fungsi lapisan kulit epidermis

  • Epidermis dapat memberi warna pada kulit karena memiliki kandungan melanosit. Melanosit itu sendiri merupakan sel yang memproduksi melanin atau pigmen yang memberi warna pada kulit. Fungsi melamin itu sendiri dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. 

  • Epidermis akan melindungi lapisan kulit yang berada di bawahnya. Hal ini karena epidermis dapat memproduksi keratinosit yang berguna dalam melindungi tubuh dari bakteri, virus, dan parasit. Tidak hanya itu, keratinosit mampu melindungi kulit dari panas yang membuat kulit menjadi kering.

  • Epidermis membentuk sel-sel kulit yang baru. Sel kulit akan diproduksi pada bagian dasar epidermis. Nantinya sel-sel kulit ini akan terbentuk dan terdorong mencapai lapisan paling luar dalam kurun waktu satu bulan. 

Baca Juga: Kerutan Pada Kulit Tidak Hanya Soal Menua

  1. Dermis 

Lapisan di bawah epidermis yaitu dermis. Dermis itu sendiri merupakan lapisan kulit yang paling tebal dari ketiga lapisan kulit. Hal ini karena pada lapisan dermis terdapat kelenjar keringat, pembuluh darah, dan juga kelenjar minyak hingga saluran limfe.

Selain itu, lapisan ini juga sebagian besar terdiri dari protein yang disebut kolagen. Kolagen berfungsi membuat kulit menjadi lebih kenyal dan kencang.

Lantas apa saja fungsi lapisan dermis? Berikut ini beberapa fungsi lapisan kulit dermis.

  • Dermis dapat memproduksi keringat dan minyak. Keringat berguna untuk menurunkan suhu tubuh dan minyak berguna untuk membuat kulit tetap lembap.

  • Dermis membuat Anda merasakan rasa sakit dan sentuhan. Hal ini karena, pada lapisan ini terdapat ujung saraf yang berfungsi mengirimkan sinyal kepada otak. 

  • Dermis dapat melawan infeksi. Hal ini karena pembuluh limfe yang ada dilapisan dermis dapat menghalangi terjadinya infeksi.

  • Dermis membuat kulit dapat menumbuhkan rambut. Hal ini karena folikel rambut yang ada dilapisan dermis berguna untuk menghasilkan sel-sel rambut yang akan tumbuh diseluruh tubuh. 

  1. Hipodermis

Lapisan dalam struktur kulit yang terakhir dan paling bawah yaitu hipodermis atau subkutan. Pada lapisan ini terdapat jaringan penghubung, jaringan lemak, dan juga elastin. Elastin merupakan protein yang dapat membantu jaringan kulit dapat kembali ke bentuk semula apabila mengalami peregangan.

Selain itu, lapisan hipodermis juga memiliki kandungan lemak dan pembuluh darah. Lantas apa saja fungsi lapisan hipodermis? Berikut ini fungsi lapisan kulit hipodermis atau subkutan.

  • Pada hipodermis terdapat lapisan lemak yang akan melindungi tubuh dari panas dan juga dingin. 

  • Hipodermis berguna sebagai cadangan energi dan bantalan yang akan melindungi otot, tulang dan organ tubuh lainnya apabila terjadi benturan. 

Itulah beberapa penjelasan mengenai struktur dan juga fungsi lapisan kulit utama manusia. Anda perlu menjaga kesehatan kulit karena memiliki fungsi yang sangat penting. Beberapa fungsi dari kulit yaitu sebagai indra peraba, melindungi tubuh, mengatur suhu tubuh, dan sebagai cadangan energi.

Apabila Anda mengalami beberapa masalah pada kulit, segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih tepat dan cepat.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Kiat Menjaga Kulit Tampak Lebih Muda di Masa Tua

 

Sumber:

1. Watson, Kathryn. The Layers of Your Skin. (2018)

2. Skin 1: the structure and functions of the skin (2018)

Bagikan artikel ini