Bantuan

Kerutan Pada Kulit Tidak Hanya Soal Menua

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 01 Sep 2020

Bagikan

Kerutan tidak hanya diakibatkan oleh proses penuaan saja. Kerutan merupakan garis dan lipatan yang terbentuk di kulit. Beberapa keriput dapat terbentuk sebagai celah yang dalam dan terlihat jelas, seperti di sekitar mata, mulut, dan leher.

Faktor Penyebab Kerutan Pada Kulit

Kerutan disebabkan oleh kombinasi faktor – faktor yang dapat dikontrol (seperti paparan sinar UV, merokok, dehidrasi) dan tidak dapat dikontrol (seperti penuaan). 

Seiring bertambahnya usia, kulit secara alami menjadi kurang elastis dan lebih rapuh. Penurunan produksi minyak alami membuat kulit menjadi lebih kering dan membuat kulit tampak lebih keriput.

Lemak di lapisan kulit yang lebih dalam juga akan berkurang. Hal ini menyebabkan kulit menjadi kendur sehingga garis dan celah yang terbentuk terlihat lebih jelas.

Radiasi ultraviolet, yang mempercepat proses penuaan alami, adalah penyebab utama terjadinya kerutan dini. Paparan sinar UV memecah jaringan ikat kulit (serat kolagen dan elastin), yang terletak di lapisan kulit yang lebih dalam (dermis).

Tanpa adanya jaringan ikat yang mendukung, kulit akan kehilangan kekuatan dan fleksibilitasnya. Kulit kemudian menjadi kendur dan berkerut sebelum waktunya.

Merokok dapat mempercepat proses penuaan pada kulit dan berkontribusi pada keriput. Zat dalam rokok dapat menyebabkan gangguan pada kolagen kulit.

Selain itu, gerakan dan ekspresi wajah seperti menyipit atau tersenyum juga dapat menyebabkan garis-garis halus dan kerutan.

Setiap kali Anda menggunakan otot wajah, alur akan terbentuk di bawah permukaan kulit. Seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan kelenturannya dan alur tersebut kemudian menjadi fitur permanen di wajah.

Baca Juga: 5 Cara Menghindari Masalah Kulit akibat Pemakaian Masker Wajah

Cara Mencegah Kerutan Pada Kulit

Kerut dapat dicegah dengan melindungi kulit dari sinar matahari, menjaga kulit tetap lembab, tidak merokok, dan pola makan yang sehat.

Batasi waktu di bawah sinar matahari, terutama tengah hari, dan selalu gunakan pakaian pelindung (seperti topi bertepi lebar, kemeja lengan panjang, dan kacamata hitam).

Gunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan dengan sun protection factor (SPF) paling sedikit 15. Aplikasikan kembali setiap dua jam - atau lebih sering jika sedang berenang atau berkeringat.

Kulit yang kering dapat menyebabkan terbentuknya garis-garis halus dan kerutan dini. Pelembab dapat membantu mempertahankan kandungan air di kulit serta membantu memperbaiki garis-garis kecil dan lipatan halus yang terbentuk. Dianjurkan memperbanyak konsumsi buah untuk meningkatkan kesehatan dan kelembapan kulit.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Kiat Menjaga Kulit Tampak Lebih Muda di Masa Tua

 

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/wrinkles/symptoms-causes/syc-20354927

Tag :
Bagikan artikel ini