Bantuan

Ketahui Kebiasaan Penyebab Jerawat Ini agar Kulit Tetap Mulus dan Glowing

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Feb 2022

Bagikan

kebiasaan penyebab jerawat

Jika Anda ingin wajah tetap mulus dan glowing, maka mengetahui penyebab jerawat merupakan hal yang sangat penting. Jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi dan dapat mengganggu penampilan. Bahkan, mungkin bagi beberapa orang menganggap jerawat ini merupakan hal yang sangat ditakutkan hingga mampu mengurangi kepercayaan diri.

Namun nyatanya, penyebab jerawat tersebut sebenarnya adalah kebiasan buruk yang Anda lakukan sendiri. Akan tetapi, mungkin banyak dari Anda yang tidak menyadari hal tersebut. Oleh karena itu, di bawah ini akan dijabarkan berbagai kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan munculnya jerawat. 

Penyebab Jerawat

Lantas apa saja kebiasan buruk yang bisa menyebabkan jerawat tersebut? Tidak perlu berbasa-basi lagi, mari simak beberapa kebiasan buruk yang dapat menyebabkan munculnya jerawat di bawah ini. 

  1. Sering memencet komedo

Mungkin beberapa dari Anda sering keasyikan memencet komedo. Namun tahukah Anda, ternyata kebiasaan ini justru menyebabkan munculnya jerawat bahkan memperparah bekas jerawat. Pasalnya, saat Anda memencet komedo maka kulit wajah akan terluka dan menyebabkan jaringan kulit menjadi lebih mudah robek. Jika Anda melakukan kebiasaan ini saat adanya jerawat, maka membuat bekas jerawat akan lebih sukar untuk dihilangkan. 

  1. Jarang keramas

Apakah ada dari Anda yang jarang keramas? Mungkin beberapa dari Anda berpikir bahwa rambut tidak berhubungan dengan munculnya jerawat. Akan tetapi, jarang keramas akan membuat rambut menjadi kotor. Kotoran yang ada di rambut ini bisa turun dan berpindah ke wajah. Pada akhirnya, kulit wajah menjadi lebih mudah berjerawat. Bahkan, jerawat juga bisa terjadi pada kulit kepala yang mungkin jarang disadari oleh banyak orang. 

  1. Sering menyentuh wajah

Kebiasan buruk yang mungkin tidak Anda sadari selanjutnya, yaitu sering menyentuh wajah, terutama tidak mencuci tangan terlebih dahulu. Kebiasaan ini akan menyebabkan kotoran yang ada di tangan dapat berpindah ke wajah dan akhirnya menyumbat pori-pori. Tidak hanya tangan, benda-benda yang sering menempel pada wajah seperti smartphone, helm, dan lainnya juga dapat menyebabkan jerawat. 

  1. Pola makan buruk

Mengonsumsi makanan cepat saji dan cemilan merupakan hal yang nikmat. Akan tetapi, kebiasan ini merupakan hal yang buruk karena dapat menyebabkan munculnya jerawat. Beberapa makanan yang sebaiknya Anda kurangi jika tidak ingin memiliki jerawat diantaranya, yaitu gorengan, coklat, makanan tinggi gula, dan produk susu. Alangkah lebih baik, Anda memperbanyak konsumsi buah dan sayur. 

  1. Bedagang

Bagi Anda yang mengalami gangguan tidur, mungkin wajar jika sering begadang. Akan tetapi, mungkin banyak juga yang memilih begadang karena keasikan bermain game, menonton ataupun scrolling social media. Kebiasan buruk inilah yang perlu diubah karena kurangnya waktu tidur akan menyebabkan stres. Pada saat Anda stres, maka hormon kortisol akan memicu peradangan pada tubuh. Selain itu, jika Anda sudah mengalami jerawat maka begadang hanya akan membuatnya semakin parah. 

  1. Kebiasan merokok

Tidak ada hal baik yang didapatkan dari menghisap rokok. Tidak hanya menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker, rokok juga ternyata mampu menyebabkan munculnya jerawat. Pasalnya, merokok akan membuat pembuluh darah menjadi sempit serta menyebabkan sel-sel kulit menjadi rusak. Kondisi ini menyebabkan terjadinya penyumbatan pada pori-pori dan memicu munculnya komedo serta jerawat non inflamasi. 

  1. Penggunaan produk yang tidak cocok

Kebiasan buruk yang bisa menyebabkan munculnya jerawat yang terakhir, yaitu menggunakan produk perawatan kulit yang tidak cocok. Mungkin banyak dari Anda yang sedang mencoba-coba berbagai produk untuk menemukan yang cocok. Akan tetapi, produk yang tidak cocok dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pori-pori dan munculnya komedo. Pada akhirnya, wajah Anda akan muncul jerawat. 

Demikianlah penjelasan mengenai berbagai kebiasaan yang bisa menjadi penyebab jerawat. Apabila Anda tidak ingin wajah mulusnya ternodai, maka hindari berbagai kebiasaan buruk yang dijelaskan di atas. Namun, jika jerawat terlanjur muncul, Anda bisa menggunakan beberapa cara untuk mengatasinya seperti menggunakan bahan-bahan alami ataupun pengobatan medis. Alangkah lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar perawatan yang dijalani telah sesuai. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Kenali Berbagai Tipe Jerawat dan Bagaimana Cara Menanganinya Berikut Ini

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

AAD. 10 SKIN CARE HABITS THAT CAN WORSEN ACNE. https://www.aad.org/public/diseases/acne/skin-care/habits-stop

Marturana, Amy. 2016. 10 Common Habits That May Be Causing Your Breakouts. https://www.teenvogue.com/story/common-habits-that-cause-breakouts

WebMD. 2016. 8 Ways You May Be Making Your Acne Worse. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/features/bad-habits

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang