Apa Itu Moisturizing? Ketahui Step Perawatan Kulit yang Penting Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Dec 2021

Bagikan

Ketahui Apa Itu Moisturizing Beserta Manfaatnya Untuk Kulit

Tahukah Anda sebenarnya apa itu moisturizing dalam tahapan perawatan kulit? Sejatinya, moisturizing adalah proses penggunaan moisturizer dengan maksud untuk menjaga kelembaban kulit, serta mencegah dan mengatasi kulit kering. Meskipun begitu, definisi mengenai moisturizing ini sebenarnya lebih luas daripada itu. Untuk itu, mari ketahui seluk-beluk salah satu perawatan kulit yang penting ini pada penjelasan berikut.

Apa Itu Moisturizing?

Untuk menjawab pertanyaan apa itu moisturizing, mula-mula Anda harus memahami bahwa kulit perlu untuk menjaga kelembabannya agar terhindar dari berbagai macam permasalahan kulit. Menjaga kelembaban kulit dalam hal ini dilakukan dengan moisturizing atau dengan penggunaan moisturizer

Tanpa moisturizing, kulit akan tampak kering dan kehilangan elastisitas dan kelembabannya. Pada akhirnya, masalah seperti kulit kusam, kering dan mengelupas menjadi tak terhindarkan. Bahkan, kulit terlalu kering juga akan lebih mudah mengalami iritasi. Untuk itulah, moisturizing ini diperlukan oleh semua orang, apapun itu jenis kulitnya. 

Sayangnya, banyak yang kurang memahami apa itu moisturizing dan memilih untuk melewatkan step penting ini, karena dianggap kurang penting. Bagi orang dengan kulit berminyak, step moisturizing ini cenderung dihindari karena dianggap dapat memicu kulit menjadi semakin berminyak. Anggapan ini tentu tidak benar, karena proses moisturizing memiliki banyak fungsi penting. 

Fungsi Moisturizing

Ada begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh kulit dengan menggunakan moisturizer, baik secara langsung maupun tidak langsung. Adapun fungsi moisturizing tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Memberi kulit nutrisi dan antioksidan yang mampu mencegah terjadinya kerusakan.

  • Membuat kulit tampak awet muda, karena kulit yang terhidrasi dengan baik akan terhindarkan dari garis-garis halus, kerutan, serta tanda penuaan lainnya.

  • Mencegah munculnya berbagai macam permasalahan kulit, termasuk jerawat.

  • Membuat kulit tampak lebih segar, cerah, dan tentunya lebih sehat.

  • Membantu melindungi kulit dari iritasi akibat paparan sinar UV yang berbahaya.

Baca Juga: Kenali 3 Langkah Skincare yang Paling Penting

Tipe Moisturizer

Setelah mengetahui penjelasan mengenai apa itu moisturizing dan fungsi pentingnya, apakah Anda sudah tertarik untuk mulai memasukkan tahapan ini ke dalam rutinitas perawatan kulit harian? Jika iya, sebelumnya Anda perlu memahami bahwa terdapat beberapa tipe moisturizer yang dapat Anda gunakan tergantung dengan jenis kulit dan permasalahan yang Anda miliki. 

  1. Humektan

Tipe moisturizer yang pertama ini bekerja dengan cara menarik dan juga mengikat air di lingkungan sekitar ke sel-sel kulit Anda. Moisturizer tipe humektan ini cocok untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, kombinasi, maupun acne prone. Hal ini karena tipe moisturizer humektan memiliki kandungan yang berbahan dasar air dan oleh karenanya bersifat lebih ringan di wajah. Adapun komponen humektan yang bisa Anda cari di dalam produk skincare adalah hyaluronic acid, glycerin, sorbitol, dll. 

  1. Emolien

Berbeda dengan tipe moisturizer humektan, emolien bekerja dengan cara mengisi sel-sel kulit yang kosong akibat kehilangan lipid pelembab. Tipe moisturizer yang satu ini pada dasarnya lebih efektif untuk menghaluskan kulit kering yang pecah-pecah dan terkelupas, dan oleh karenanya cocok untuk Anda dengan jenis kulit sangat kering. Bahan utama yang perlu Anda cari dalam pelembap emolien ini pada umumnya terbuat dari oil, shea butter, ceramides, elastin, dll.

  1. Occlusive

Occlusive moisturizer merupakan tipe pelembab berikutnya yang memiliki cara kerja berbeda dengan dua tipe di atas, yakni dengan cara mengunci kelembaban yang telah ada di permukaan kulit. Dengan ini, pelembap occlusive dapat menjadi lapisan pelindung yang mencegah terjadinya penguapan kelembaban kulit. Beberapa komponen occlusive moisturizer yang bisa Anda gunakan di antaranya adalah mineral oil, petrolatum, petroleum jelly, paraffin, dll. 

Nah itulah dia penjelasan mengenai apa itu moisturizing, fungsinya, beserta tipe-tipe moisturizer yang paling umum digunakan. Perlu diketahui bahwa setiap produk moisturizing tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Tips untuk Anda yang ingin mulai menggunakannya adalah dengan memilih tipe moisturizer yang sesuai dengan jenis dan juga permasalahan kulit yang Anda miliki. Jangan lupa pula untuk membarengi penggunaan moisturizer ini dengan tabir surya agar kulit mendapatkan proteksi yang maksimal. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Apa Saja Tanda Skincare Bekerja di Kulit? Ketahui Jawabannya di Sini!

 

Sumber:

1. Harvard Medical School. 2019. Moisturizers: Do they work?

2. The University of Tennessee Medical Center. 2018. The Importance of Moisturizing.

3. Burke Williams. 2014. 5 Reasons You MUST Moisturize Your Skin.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi