Bantuan

Kesulitan Beranjak Dari Tidur? Kenali Gejala Clinomania Berikut

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 18 Nov 2021

Bagikan

Kenali Gejala Clinomania: Kesulitan Beranjak Dari Tidur !

Siapa dari Anda yang selalu merasa kesulitan saat akan beranjak dari tempat tidur? Tidak selamanya disebabkan kemalasan, hal ini bisa jadi merupakan gejala clinomania.

Kondisi ini biasanya terjadi pada mereka yang memiliki kondisi kesehatan mental yang kurang baik, seperti depresi ataupun gangguan kecemasan. Dalam hal ini, dibanding merasa malas, seseorang yang mengalami clinomania biasanya cenderung merasa ketakutan dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Jika terus dibiarkan, kondisi clinomania ini akan sangat mengganggu kehidupan atau bahkan memperparah kondisi kesehatan, tidak hanya secara psikis saja, akan tetapi juga secara fisik. Mengingat dampak negatif yang dapat ditimbulkannya, mengenali gejala clinomania sangatlah penting.

Dalam hal ini, apabila Anda mengenal betul gejala clinomania, Anda dapat segera mendapatkan pertolongan medis yang dibutuhkan. 

Gejala Clinomania

Saat seseorang mengalami kondisi clinomania, tetap berada di tempat tidur meskipun sudah bukan waktu untuk istirahat adalah suatu kebutuhan. Dalam hal ini, seseorang yang memiliki depresi, stres, atau gangguan kecemasan akan merasa frustasi dengan ide harus bangun dari tempat tidur atau bahkan keluar dari kamar.

Banyak yang sering menyepelekan hal ini dan justru menyebutnya sebagai rasa malas untuk bangun pagi dan beraktivitas. Padahal keduanya merupakan hal yang sangat berbeda. Lantas apa perbedaan antara gejala clinomania dengan rasa malas biasa?

Pertama-tama, yang paling membedakan antara gejala clinomania dengan rasa malas biasa adalah hal yang terlintas dipikiran ketika pertama kali bangun. Pada orang dengan clinomania, saat pertama kali membuka mata yang terpikirkan adalah rasa takut, lelah, tertekan, frustasi, dan banyak gejala-gejala yang tidak menyenangkan lainnya. 

Hal ini bisa saja merupakan kondisi yang berkaitan erat dengan gangguan pada kesehatan mental dan oleh karenanya perlu segera ditangani. Selain itu, clinomania juga dapat mengindikasikan beberapa kondisi medis lainnya seperti:

  • Sindrom kelelahan kronis

  • Sleep apnea

  • Anemia

  • Diabetes

  • Gangguan tiroid

  • Penyakit jantung

  • Gangguan tidur

Baca Juga: Termasuk Salah Satu Gangguan Mental, Kecemasan Adalah ...

Bahaya Clinomania

Apabila terus dibiarkan dan tidak ditangani dengan baik dan benar, kondisi clinomania ini dapat mendatangkan bahaya bagi tubuh. Dalam hal ini bahaya datang dalam bentuk gangguan pada kesehatan fisik dan mental. 

Pada kondisi mental, seseorang dengan kondisi clinomania yang terus menerus menutup diri dari dunia akan berakhir semakin depresi dan apabila semakin parah dapat menimbulkan munculnya keinginan untuk mengakhiri hidup.

Adapun secara fisik, kondisi tidur terlalu lama akan dapat mengakibatkan risiko berupa timbulnya penyakit tertentu seperti penyakit jantung, stroke, bahkan kematian.

Perlu diketahui pula bahwa mereka yang tidur lebih dari 10 jam setiap harinya memiliki risiko 40 kali lebih besar dibanding orang yang tidur normal selama 6-8 jam setiap hari.

Solusi Atas Clinomania

Meskipun clinomania bukanlah suatu penyakit, akan tetapi mengingat gejalanya yang tidak menyenangkan ditambah lagi bahayanya yang cukup mengancam, mengatasi clinomania merupakan suatu keharusan. Adapun beberapa hal yang dapat Anda coba untuk mengurangi ataupun mengatasi kondisi ini adalah sebagai berikut:

  1. Mencari cahaya matahari. Mendapatkan paparan sinar matahari akan sangat membantu Anda dalam mendapatkan konsentrasi kembali, serta mengusir rasa stres, cemas, dan depresi. 

  2. Mendengarkan musik. Memulai hari dengan musik favorit bisa menjadi cara yang cukup efektif dalam mengatasi clinomania. Sambil bernyanyi Anda juga bisa menggerakkan tubuh berjoget mengikuti irama.

  3. Memelihara hewan. Hewan peliharaan bisa menjadi teman yang baik bagi mereka yang memiliki gangguan depresi. Dalam hal ini, hewan peliharaan dapat mengusir rasa kesepian, stres, cemas, dan pada akhirnya memberikan motivasi untuk Anda turun dari kasur dan memulai hari.

  4. Meyakinkan diri sendiri. Tidak ada penolong yang lebih baik dibanding diri sendiri. Berkaitan dengan hal ini, Anda dapat mencoba berbicara kepada diri sendiri dan meyakinkan Anda untuk keluar dan beranjak dari tempat tidur.

  5. Mengingat momen-momen menyenangkan. Dengan mencoba membayangkan hal-hal yang menyenangkan, Anda mungkin akan termotivasi untuk bangkit dari kasur. 

Itulah dia penjelasan mengenai clinomania, gejala-gejalanya yang dalam hal ini berbeda dengan rasa malas, serta beberapa cara mengatasinya. Pada akhirnya, Anda dapat berkonsultasi dengan psikolog atau tenaga medis lainnya untuk mendapatkan solusi terbaik atas permasalahan yang tengah dihadapi. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Meditasi Mindfulness dan Manfaatnya bagi Kesehatan Mental

 

Sumber:

1. Elmer, Jamie. 2019. How to get out of bed when depression is keeping you down.

2. Holland, Kimberly. 2020. What to do when you can’t get out of bed.

3. Jones, Paul Anthony. 2017. Clinomania-an excessive desire to stay in bed.

Tag :
Bagikan artikel ini