Bantuan
Free Tele x

Pentingnya Manajemen Stres Serta Tips untuk Melakukannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 09 Nov 2021

Bagikan

Pentingnya Manajemen Stres Serta Tips untuk Melakukannya

Manajemen stres merupakan salah satu hal krusial yang dibutuhkan oleh setiap orang. Dengan kemampuan manajemen stres yang baik, kesehatan mental, emosional, bahkan kesehatan fisik seseorang pun akan terkelola dengan baik. Hal ini karena manajemen stres yang baik dapat mencegah stres berkembang dan menjadi malapetaka bagi kesehatan seseorang.

Mengapa manajemen stres penting?

Setiap harinya, kita dihadapkan dengan berbagai macam stres yang bisa hadir dari berbagai situasi dan keadaan. Tidak ada satupun dari kita yang bisa sepenuhnya menghindar dari stres tersebut. Kalaupun bisa, hal ini hanya akan berlangsung sementara saja dan dalam jangka panjang juga kita tetap akan bertemu kembali dengan stres tersebut.

Apabila tidak dikelola dengan baik, stres dapat menjadi bom waktu yang dapat meledak pada suatu saat di masa depan. Ledakan stres ini kemudian akan mengacaukan keseimbangan kondisi kesehatan seseorang, mulai dari kesehatan mental hingga berimbas pada kesehatan fisik. Stres dalam hal ini akan membuat seseorang kesulitan berpikir secara jernih dan jika dibiarkan akan membuat penderitanya kehilangan motivasi untuk hidup.

Dampak yang mungkin ditimbulkan dari adanya stres yang tidak terkelola dengan baik bagi kesehatan seseorang di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Kesulitan berkonsentrasi

  • Lebih mudah merasa marah dan tersinggung

  • Selalu merasa takut dan khawatir

  • Selalu kewalahan menjalani aktivitas sehari-hari

  • Kerap mengalami perubahan mood yang drastis

  • Kesulitan beristirahat dan pola tidur menjadi lebih kacau

  • Selalu merasa depresi 

  • Rasa percaya diri menurun

  • Menjadi ketergantungan terhadap alkohol atau obat-obatan

  • Makan menjadi lebih sedikit atau lebih banyak dari biasanya

  • Selalu merasa pegal dan otot kaku

  • Terus merasa pusing dan mual

  • Kehilangan gairah berhubungan seksual dan kehilangan semangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari

Baca Juga: Mengapa Stres Menyebabkan Gangguan Sistem Pencernaan?

Tips manajemen stres

Mengingat banyaknya dampak negatif yang mungkin ditimbulkan dari stres maka mengetahui langkah manajemen stres yang baik bisa menjadi kunci untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Dalam hal ini, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan dalam rangka manajemen stres, yakni sebagai berikut.

  1. Mengidentifikasi penyebab stres

Hal pokok dari manajemen stres adalah mengidentifikasi penyebab stres, kemudian mengatasi akar permasalahan tersebut. Hal ini mungkin akan sedikit sulit karena banyak juga yang kebingungan dalam mencari tahu apa penyebab stresnya. 

Berkaitan dengan ini, Anda bisa mencoba memerhatikan pola-pola perilaku yang mungkin timbul. Identifikasi dan catat apa saja situasi yang membuat Anda cenderung merasa stres dan tertekan, kemudian lihat bagaimana reaksi Anda terhadap situasi tersebut. 

  1. Menghindari penyebab stres

Setelah mengetahui apa saja hal-hal yang mungkin dapat menyebabkan stres, selanjutnya Anda perlu berusaha untuk menghindarinya. Selain itu, hindari juga berbagai penyebab stres lainnya seperti kebiasaan berkata ‘iya’ terhadap setiap permintaan orang lain, menjaga batas dengan orang-orang yang dapat memicu stres, menghindari pemikiran atau topik yang menimbulkan rasa tak nyaman, dan lainnya.

  1. Mengubah penyebab stres

Ada beberapa hal atau masalah yang bisa Anda hindari, tetapi ada juga masalah yang perlu Anda hadapi atau ubah, untuk mengatasinya. Dalam hal ini, cobalah untuk mengubah situasi atau kondisi penyebab stres yang telah sebelumnya diidentifikasi. 

Sebagai contoh, apabila penyebab stres adalah tumpukan pekerjaan yang terasa sangat berat dan melelahkan maka Anda bisa mencoba untuk mengubah kebiasaan menunda pekerjaan atau meminta atasan Anda untuk memberi keringanan. Jangan ragu untuk berdiskusi dan berkompromi untuk mendapatkan solusi yang paling pas terhadap stres yang dialami.

  1. Beradaptasi dengan penyebab stres

Apabila penyebab stres tidak bisa dihindari ataupun diubah maka hal berikutnya yang bisa Anda lakukan sebagai bagian dari manajemen stres adalah beradaptasi dengannya. Dalam hal ini, cobalah untuk mencoba sudut pandang ataupun pola pikir Anda terhadap penyebab stres tersebut dan beradaptasi dengannya.

Demikianlah penjelasan mengenai pentingnya manajemen stres dan beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi penyebab stres Anda. Untuk hasil yang lebih maksimal dan pengelolaan stres yang lebih baik, Anda bisa meminta bantuan tenaga medis seperti psikolog untuk mendapatkan saran mengenai manajemen stres yang pas dengan permasalahan Anda.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Apa itu Manajemen Stress dan Mengapa Diperlukan?

 

Sumber:

Smith, Michael W. 2020. Ways to Manage Stress. 

Mayo Clinic. Stress management. 

Scott, Elizabeth. 2021. An Overview of Stress Management.

Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami