Bantuan

Anxiety depression: Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Depresi dan Gangguan Kecemasan Menyerang

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 16 Feb 2022

Bagikan

hangover

Anxiety depression, meskipun keduanya memiliki gejala yang cukup berbeda, tetapi keduanya dapat dikatakan memiliki hubungan yang cukup erat. Tak jarang, kedua hal ini terjadi secara bersamaan dan oleh karenanya dapat membuat penderitanya menderita dan kewalahan. 

Di satu sisi, depresi kerap ditunjukkan dengan gejala yang sedih, down, dan tanpa motivasi. Adapun anxiety lebih lekat kaitannya dengan perasaan cemas, khawatir, dan ketakutan. Namun yang menjadikan anxiety depression sebagai dua hal yang cukup erat kaitannya adalah perasaan gelisah. Keduanya juga sama-sama dapat diatasi dengan bantuan profesional di bidang kesehatan mental. 

Apakah mungkin mengalami anxiety depression?

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, anxiety depression sangat mungkin terjadi secara bersamaan. Keduanya bagaikan dua sisi koin, yang merupakan dua hal berbeda, tetapi satu sisi tak akan ada tanpa sisi lainnya. Artinya, anxiety depression dapat timbul dan dirasakan gejalanya pada saat yang bersamaan. 

Gangguan kecemasan dapat menjadi gejala dari depresi berat klinis. Di satu sisi, sangat umum ditemukan kasus di mana kondisi depresi dipicu oleh gangguan kecemasan. Oleh karena itu, banyak yang didiagnosa mengalami gangguan kecemasan dan depresi klinis di saat yang bersamaan. 

Cara Menangani Anxiety depression

Apabila Anda mengalami anxiety depression, ada beberapa jalan yang dapat ditempuh untuk menanganinya. Tentu saja, jalan yang pertama dan paling utama adalah dengan meminta bantuan tenaga professional, baik itu psikolog maupun psikiater. 

Beberapa solusi yang mungkin akan diberikan selain dengan obat-obatan adalah dengan menjalankan serangkaian terapi. Dalam hal ini ada beberapa jenis terapi yang dapat membantu, yakni terapi perilaku kognitif, terapi interpersonal, hingga terapi pemecahan masalah (problem solving). 

Terapi perilaku kognitif nantinya akan mengajarkan Anda untuk menyesuaikan tindakan dengan pikiran, terapi interpersonal akan menunjukkan bagaimana cara berkomunikasi dengan lebih baik, sedangkan problem-solving therapy akan mengajarkan bagaimana cara mengelola masalah. 

Selain meminta bantuan profesional, Anda juga bisa mencoba untuk menerapkan beberapa tips berikut ini untuk dilakukan ketika anxiety depression menyerang. 

  1. Cobalah teknik relaksasi

Ketika menghadapi anxiety depression, cobalah melakukan beberapa teknik relaksasi, seperti yoga, meditasi, dan latihan pernapasan. Hanya dengan melakukan teknik relaksasi paling tidak selama 2 sampai 5 menit setiap harinya, Anda dapat mengurangi gejala gangguan kecemasan dan depresi yang dialami.

  1. Aturlah diet

Saat mengalami depresi maupun gangguan kecemasan, ataupun keduanya, banyak yang cenderung beralih ke comfort food (yang pada umumnya tidak sehat) sebagai pelampiasan. Kebiasaan ini tentu perlu diubah karena diketahui bahwa anxiety depression justru banyak dipicu oleh makanan-makanan tidak sehat tersebut. Sebaliknya, cobalah untuk mengatur diet Anda dengan mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan membatasi konsumsi alkohol, kafein, dan makanan tinggi gula. 

  1. Mintalah bantuan

Di masa-masa sulit, terkadang kehadiran orang-orang terdekatlah yang paling banyak membantu. Berkaitan dengan ini, ketika Anda mengalami anxiety depression, jangan pernah ragu untuk memberi tahu keluarga, teman, ataupun pasangan mengenai hal yang tengah Anda alami. Selain itu, Anda juga bisa bergabung dengan grup kecil atau support group yang mungkin saja melalui hal yang sama dengan Anda.

  1. Mulailah berolahraga

Berolahraga telah terbukti bagus bagi tubuh, tidak hanya untuk kesehatan fisik saja, tetapi juga untuk kesehatan mental. Berolahraga juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan pada akhirnya meningkatkan kualitas hubungan Anda dengan lingkungan sekitar. Lebih dari itu, olahraga juga dikatakan sebagai salah satu treatment yang baik untuk depresi rendah hingga menengah.

  1. Lakukanlah hal positif dan menyenangkan

Tips yang paling terakhir, tetapi tidak kalah pentingnya dalam menangani anxiety depression adalah dengan melakukan hal positif dan menyenangkan. Dalam hal ini, Anda bisa mulai dengan membersihkan dan merapikan kondisi kamar, mulai membuat tujuan baru, melakukan suatu hal yang bermakna, membaca buku yang bagus, dan masih banyak lagi hal menyenangkan lainnya, versi Anda sendiri.

Demikianlah penjelasan mengenai anxiety depression dan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menanganinya. Apabila Anda ataupun orang terdekat Anda terindikasi memiliki gejala-gejala yang mengarahkan pada kondisi ini, segera minta pertolongan untuk mendapatkan solusi terbaik. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Merasa Alami Mental Breakdown? Pahami Ciri-ciri dan Cara Mengatasinya

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kesehatan Jiwa

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang
Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kesehatan Jiwa

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang