Daftar Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 22 Dec 2021

Bagikan

Daftar Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Sudahkah Anda tahu apa saja makanan yang harus dihindari penderita asam lambung? Bagi penderita asam lambung, makanan yang dikonsumsi sangatlah berpengaruh terhadap munculnya gejala. Ketika Anda mengonsumsi makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung, maka akan muncul gejala asam lambung yang mengganggu. 

Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin asam lambung kambuh perlu menghindari beberapa makanan yang dapat memicu asam lambung. Lalu apa saja makanan yang harus dihindari penderita asam lambung tersebut? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

  1. Makanan Berlemak

Makanan yang harus dihindari penderita asam lambung yang perlu Anda hindari pertama yaitu makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi. Pada dasarnya lemak dibutuhkan oleh tubuh, namun akan menjadi buruk jika berlebihan. Hal ini karena, lemak dapat melemahkan otot pada katup kerongkongan bagian bawah, sehingga menyebabkan asam lambung dapat naik ke kerongkongan. 

Makanan  berlemak juga dapat merangsang pelepasan kolesistokinin atau hormon yang menyebabkan kendurnya katup kerongkongan. Selain itu, makanan yang mengandung lemak tinggi juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna sehingga pengosongan lambung akan berjalan lambat. Kondisi ini pada akhirnya menyebabkan produksi asam lambung yang berlebihan. Beberapa contoh makanan berlemak yaitu, gorengan, daging merah, dan susu tinggi lemak. 

  1. Makanan Pedas

Selain makanan tinggi lemak, Anda juga perlu menghindari beberapa makanan pedas. Mungkin Anda juga sudah pernah merasakan langsung, ketika makan makanan pedas terlalu banyak maka dapat menyebabkan mulas, sakit perut hingga diare. Oleh karena itu, wajar saja makanan pedas perlu dihindari terutama bagi Anda yang memiliki masalah pada asam lambung. 

Rasa pedas dari cabe berasal dari kandungan zat capsaicin. Zat ini tidak hanya memberikan rasa pedas, tetapi juga dapat memperlambat sistem pencernaan. Ketika makanan semakin lama diproses, maka risiko asam lambung naik pun menjadi lebih besar.  Jadi, sebaiknya Anda batasi konsumsi makanan pedas jika tidak ingin tersiksa dengan gejala asam lambung.

Baca Juga: Daftar Cemilan Untuk Penderita Asam Lambung Yang Aman Dikonsumsi

  1. Makanan Asin

Makanan yang harus dihindari penderita asam lambung yang selanjutnya yaitu makanan asin. Dalam sejumlah penelitian disebutkan bahwa kandungan garam yang tinggi dapat menyebabkan terjadinya refluks asam. Oleh karena itu, ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak makanan asin, dapat menyebabkan asam lambung naik. 

Kondisi ini mungkin saja terjadi karena adanya kombinasi dari makanan yang digoreng dan berladang, karena kebanyakan makanan asing nikmat dikonsumsi bersama dengan gorengan. Oleh karena itu, risiko naiknya asam lambung ke kerongkongan akan semakin besar pula. 

  1. Makanan Asam

Ternyata Anda juga perlu menghindari beberapa makanan asam jika memiliki masalah pada asam lambung. Beberapa makanan asam yang perlu Anda hindari yaitu tomat, jeruk, dan lemon. Hal ini karena kandungan asam yang ada di dalam beberapa buah tersebut dapat melemahkan esofagus sehingga memudahkan asam lambung naik ke kerongkongan. 

Selain itu, tomat juga memiliki kandungan asam malat dan asam sitrat yang memicu naiknya asam lambung. Jika Anda mengonsumsi tomat dalam jumlah yang banyak, maka dapat mempengaruhi sistem pencernaan. 

  1. Alkohol dan Kafein

Walaupun bukan makanan, namun kafein dan alkohol juga perlu Anda hindari jika tidak ingin asam lambung naik. Pasalnya konsumsi kafein yang berlebih dapat menyebabkan otot pada katup bagian bawah menjadi lemah. Pada akhirnya kondisi ini akan meningkatkan risiko asam lambung kembali ke kerongkongan dan menimbulkan gejala yang membuat Anda tidak nyaman. 

Sedangkan alkohol, jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan terjadinya iritasi pada lapisan perut. Kondisi ini membuat lapisan perut menjadi lebih rentan terhadap asam lambung sehingga memicu naiknya asam lambung. Tidak hanya itu, alkohol juga dipercaya dapat meningkatkan produksi asam lambung sehingga risiko kambuhnya asam lambung menjadi lebih besar. 

Itulah dia beberapa makanan yang harus dihindari penderita asam lambung. Apabila Anda mengalami gejala-gejala asam lambung naik seperti sensasi terbakar di dada, mual, muntah, sendawa terus menerus. dan rasa pahit di mulut, sebaiknya segera untuk ditangani sebelum menjadi lebih buruk.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menurunkan Asam Lambung Saat Kambuh?

 

Sumber:

1. Johns Hopkins Medicine. GERD Diet: Foods That Help with Acid Reflux (Heartburn).

2. Madell, Robin. 2021. Foods to Help Your Acid Reflux.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi