Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik Yang Perlu Anda Lakukan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Dec 2021

Bagikan

Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik

Sudahkah Anda tahu bagaimana pertolongan pertama saat asam lambung naik yang perlu dilakukan? Ketika asam lambung naik ke kerongkongan akan menyebabkan munculnya berbagai gejala yang membuat Anda tidak nyaman. Mungkin beberapa dari Anda tidak tahu bagaimana cara menangani kondisi tersebut. 

Ketika Anda mengalami berbagai gejala akibat naiknya asam lambung, sebaiknya jangan  panik. Ketika Anda berhasil menenangkan diri, maka lakukan pertolongan pertama untuk mengatasi gejala yang muncul. 

Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik

Lalu bagaimanakah pertolongan pertama saat asam lambung naik yang harus dilakukan tersebut? Simak penjelasan di bawah ini mengenai pertolongan pertama saat asam lambung naik yang perlu Anda lakukan. 

  1. Berdiri Tegak

Pertolongan pertama saat asam lambung naik yang harus Anda lakukan pertama kali yaitu berdiri dengan tegak. Hal ini karena, salah satu penyebab naiknya asam lambung yaitu karena posisi yang tidak tepat seperti membungkuk dan juga berbaring terutama setelah makan. Ketika Anda berdiri dengan tegak, maka tekanan pada bagian otot kerongkongan bagian bawah akan berkurang sehingga naiknya asam lambung dapat diatasi. 

  1. Melonggarkan Pakaian

Pertolongan yang dapat Anda berikan saat asam lambung naik yang selanjutnya yaitu melonggarkan pakaian. Hal ini karena menggunakan pakaian ketat terutama pada bagian perut akan menyebabkan tekanan yang berlebih sehingga memicu naiknya  asam lambung. Oleh karena itu, ketika Anda mengalami gejala naiknya asam lambung cobalah untuk melonggarkan pakaian seperti melepaskan ikat pinggang, mengendorkan celana dan juga mengenakan baju yang digunakan. 

  1. Mengunyah Permen Karet

Anda juga bisa mengunyah permen karet sebagai pertolongan pertama saat asam lambung naik ke kerongkongan. Hal ini karena mengunyah permen karet akan menyebabkan produksi air liur meningkat. Meningkatnya air liur ini akan membersihkan asam yang ada di tenggorokan. Selain itu, dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa permen karet memiliki kandungan bikarbonat yang dapat mengurangi tingkat keasaman yang ada di dalam tenggorokan.

Baca Juga: Daftar Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

  1. Meninggikan Kepala

Ketika mengalami gejala asam lambung, cenderung membuat Anda ingin beristirahat dengan berbaring di kasur. Akan tetapi, ketika Anda berbaring sebaiknya meninggikan kepala setinggi 15 cm hingga 20 cm. Anda bisa menaruh bantal pada bagian belakang punggung hingga kepala. Hal ini bertujuan untuk mencegah asam lambung kembali naik ke kerongkongan. Posisi ini juga membantu menurunkan  makanan dan juga asam lambung yang sebelumnya naik. 

  1. Mengonsumsi Jahe

Pertolongan pertama saat asam lambung naik yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi jahe. Sudah bukan rahasia lagi, jahe seringkali dijadikan  sebagai obat herbal sehingga sering dijadikan berbagai olahan seperti teh jahe, wedang jahe, dan susu jahe. Hal ini berkat kandungan anti peradangan yang ada di dalam jahe mampu meredakan rasa mual. Tidak hanya itu, jahe juga mampu menekan bakteri penyebab naiknya asam lambung karena memiliki sifat gastroprotektif

  1. Mengonsumsi Madu

Madu sudah sejak lama dikenal memiliki banyak khasiat yang mampu mengatasi berbagai penyakit salah satunya yaitu mengatasi gejala asam lambung. Hal ini karena madu bersifat antioksidan  yang dapat mengatasi berbagai gejala kambuhnya asam lambung. Tidak hanya itu, madu juga memiliki khasiat antimikroba yang dapat menghilangkan gejala naiknya asam lambung. Cara mengonsumsinya cukup dengan 1 sendok madu diminum secara langsung atau dicampurkan ke dalam teh. 

  1. Mengonsumsi Obat-Obatan

Pertolongan pertama saat asam lambung naik yang bisa Anda lakukan paling terakhir yaitu dengan mengonsumsi obat asam lambung. Anda bisa mendapatkan beberapa obat di apotek. Namun pastikan Anda bertanya mengenai dosis dan aturan pakai. Akan tetapi, jika gejala asam lambung tidak kunjung sembuh sebaiknya segeralah untuk memeriksakannya ke dokter. 

Demikianlah informasi mengenai pertolongan pertama saat asam lambung naik yang bisa Anda lakukan. Perlu diingat, daripada mengobati sebaiknya mencegah. Oleh karena itu, mulailah konsumsi makanan sehat, turunkan berat badan, hentikan merokok, makan dengan porsi kecil namun sering dan yang terakhir yaitu hindari makanan pemicu asam lambung.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Berikut Ini Macam-Macam Makanan Untuk Asam Lambung Yang Aman Dikonsumsi

 

Sumber:

1. King, Charlotte. 2021. Natural and home remedies to help acid reflux and heartburn.

2. Harvard Health Publishing. 2021. Herbal remedies for heartburn.

3. Caporuscio,  Jessica. 2020. How can you stop acid reflux?

4. Carey Elea. 2019. How to Get Rid of Heartburn.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi