Jangan Sampai Salah, Ini Dia Cara Minum Pil KB dan Aturannya yang Benar

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 29 Dec 2021

Bagikan

Cara Minum Pil KB dan Aturannya yang Benar

Tidak tahu cara minum pil KB dengan benar dan berakhir dengan minum pil kb secara sembarangan dan asal-asalan? Sebaiknya Anda ketahui aturan pakai yang benar, karena pil KB yang dikonsumsi asal-asalan akan berkurang efektivitasnya dalam mencegah terjadinya kehamilan. Nah, agar tidak bingung lagi, mari ketahui cara minum pil KB dan aturan pakainya yang benar.

Overview Pil KB

Pil KB sejatinya adalah alat kontrasepsi yang sering dikonsumsi dengan tujuan untuk mencegah terjadinya kehamilan. Jenis kontrasepsi yang satu ini banyak dipilih karena sifatnya yang cenderung praktis digunakan, mudah ditemui, dan juga memiliki persentase keberhasilan yang cukup tinggi. Dalam hal ini, keberhasilan pil KB bahkan mencapai 99,7% apabila dikonsumsi dengan benar.

Selain digunakan untuk mengatasi kehamilan, pil KB juga ternyata banyak digunakan untuk membantu mengatasi PCOS, mengatasi gejala sindrom pramenstruasi, meringankan gejala premenopause, dan meredakan gejala endometriosis. 

Cara Minum Pil KB

Pada dasarnya, pil KB terbagi menjadi dua jenis berbeda, yakni pil KB kombinasi dan pil KB progestin. Kedua jenis pil KB ini tentu saja memiliki aturan minum yang berbeda. Untuk itu, simak penjelasan mengenai cara minum pil KB berdasarkan jenisnya di bawah ini.

Baca Juga: Ingin Menunda Kehamilan? Kenali Jenis Pil KB dan Cara Kerja Pil KB

  1. Pil KB Kombinasi

Pil KB kombinasi sebagaimana namanya, merupakan kombinasi dari hormon progesteron, hormon estrogen, dan beberapa pil non aktif yang tak mengandung hormon. Pil KB jenis kombinasi ini dikonsumsi setiap hari dan pada dasarnya bisa mulai diminum kapanpun yang Anda inginkan. Meskipun begitu, sebaiknya Anda mengonsumsi pil ini sejak 5 hari setelah menstruasi dimulai, agar pencegahan kehamilan dapat langsung dimulai begitu menstruasi selesai. 

Pil KB kombinasi ini bisa Anda dapatkan dalam berbagai variasi paket, yakni paket 21 hari, paket 28 hari, paket 91 hari dan paket 365 hari. Berikut ini adalah penjelasan cara minum pil KB berdasarkan variasi paketnya.

  • Paket 21 hari

Pil KB kombinasi 21 hari berisi 21 pil yang harus diminum selama 3 minggu atau  21 hari. Pada minggu ke-4, pil ini akan habis namun Anda tidak perlu meminum pil ini lagi, karena minggu ke-4 adalah periode menstruasi Anda. Barulah ketika minggu 4 selesai, Anda mulai mengonsumsi pil KB paket ini, dengan aturan yang sama. 

  • Paket 28 hari

Pil KB kombinasi 28 hari berisi 28 pil yang harus diminum selama 4 minggu atau  28 hari. Konsumsi pil KB kombinasi untuk paket ini diteruskan ketika hari ke-29 dengan aturan yang sama seterusnya. Dalam paket ini juga berisi pil plasebo sebanyak 4-7 pil, yang perlu dikonsumsi pada hari-hari terakhir.

  • Paket 91 hari

Pil KB kombinasi 91 hari berisi 91 pil yang harus diminum selama 3 bulan atau  91 hari. Di dalam paket pil KB ini juga terdapat 7 pil plasebo yang bisa dikonsumsi pada minggu terakhir. 

  • Pil KB 365 hari

Pil KB kombinasi 365 hari berisi pil aktif pencegah menstruasi yang harus diminum selama setahun penuh. Dengan mengonsumsi pil KB ini dalam jangka panjang, menstruasi akan menjadi lebih ringan atau bahkan terhentikan sama sekali. 

  1. Pil KB Progestin

Jenis pil KB berikutnya adalah pil KB progestin yang mengandung hormon progesteron sintetik. Pil jenis ini pada umumnya dikonsumsi oleh mereka yang menyusui, merokok, berusia di atas 35 tahun, dan memiliki efek samping terhadap hormon estrogen. 

Konsumsi pil KB progestin mampu mencegah kehamilan dengan lebih cepat, yakni setelah mengonsumsi pil di hari kedua. Pil ini hadir dalam bentuk paket 28 hari dan bisa diminum kapan saja di sepanjang periode siklus menstruasi. 

Cara minum pil KB jenis yang satu ini adalah dengan mengonsumsinya sebanyak 1 pil setiap harinya di waktu yang sama. Toleransi keterlambatan waktu konsumsi pil ini bisa mencapai 3 jam. Jadi, apabila Anda mengonsumsi pil ini pada pukul 8 pagi, maka seterusnya Anda harus rutin mengonsumsi pil ini di jam sama, atau paling lambat pada pukul 11 pagi. 

Nah itulah dia penjelasan mengenai cara minum pil KB berdasarkan jenisnya. Jangan sampai Anda lupa akan aturan ini atau bahkan terlewat untuk mengonsumsi pil KB. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan alarm atau mengatur jadwal sedemikian rupa agar jadwal konsumsi pil KB tidak berantakan.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Ini Bahaya Pil KB Yang Perlu Anda Ketahui

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter kehamilan & menyusui sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Referensi
  1. NHK. Combined pill -Your contraception guide.
  2. Silver, Jeff. 2021. How and When to Take Birth Control Pills.
  3. Santos-Longhurst, Adrienne. 2021. About to Start Using Birth Control Pills? Here’s How to Take Them.
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter kehamilan & menyusui sekarang!

Pesan Konsultasi