Bantuan
Free Tele x

Ini Bahaya Pil KB Yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 09 Dec 2021

Bagikan

Inilah 9 Bahaya  Pil KB Yang Perlu Anda Ketahui

Memiliki anak setelah menikah adalah hal yang didambakan oleh pasangan yang baru menikah. Namun, hal ini tidak berlaku bagi semua pasangan. Beberapa orang justru menunda kehamilan karena alasan tertentu. Ada beberapa cara untuk menunda kehamilan salah satunya dengan mengonsumsi pil KB. Efek baik dan buruk serta bahaya pil KB agaknya masih belum diketahui oleh kebanyakan orang.

Mengonsumsi pil KB adalah hal yang umum dilakukan oleh masyarakat Indonesia sebagai cara menunda kehamilan. Dengan mengonsumsi pil KB memang akan menunda kehamilan, namun ada beberapa bahaya pil KB yang belum diketahui oleh masyarakat. Bagi Anda yang telah atau akan menikah penting untuk Anda mengetahui bahaya pil KB.

9 bahaya Pil KB yang Perlu Anda Ketahui

Berikut adalah 9 bahaya pil KB yang perlu Anda ketahui.

  1. Gangguan Menstruasi

Bahaya pertama dari mengonsumsi pil KB adalah gangguan menstruasi. Gangguan menstruasi ini biasanya terjadi di awal-awal konsumsi pil KB. Biasanya menstruasi menjadi tidak teratur atau tidak lancar. Namun, biasanya menstruasi akan kembali normal seiring waktu. Jika hal ini terjadi berkepanjangan dan menimbulkan rasa nyeri pada area kandungan segera periksakan ke dokter

Baca Juga: Pahami Siklus Menstruasi yang Normal, Yuk!

  1. Muncul Flek di Antara Fase Menstruasi

Bahaya pil KB selanjutnya adalah muncul flek hitam di antara fase menstruasi. Biasanya bagi Anda yang baru pertama kali mengonsumsi pil KB akan timbul flek berwarna kecoklatan diantara fase menstruasi. Hal ini menandakan bahwa rahim Anda sedang menyesuaikan dengan pil KB yang Anda konsumsi. Hal ini juga hanya terjadi di awal-awal konsumsi pil KB.

  1. Nyeri di Area Payudara

Nyeri di area payudara biasanya dirasakan karena kandungan hormone yang membuat payudara membesar sehingga menimbulkan rasa nyeri. Anda tidak perlu khawatir, karena hal ini artinya tubuh Anda sedang menyesuaikan dengan kandungan hormon estrogen dan progesteron yang terkandung dalam pil KB. Menggunakan bra yang tepat akan menjadi solusi bagi Anda yang mengalaminya.

  1. Sakit Kepala atau Migrain

Kandungan yang terdapat dalam pil KB dapat memicu sakit kepala atau migrain. Berbagai macam jenis pil KB memberi dampak bahaya pil KB yang tentunya berbeda-beda. Untuk mengurangi sakit kepala atau migrain Anda dapat mengurangi dosis konsumsi pil KB. Rasa sakit kepala atau migrain biasanya akan hilang seiring berjalannya waktu.

  1. Mual

Bahaya pil KB selanjutnya yaitu dapat menimbulkan rasa mual. Namun, mual yang dirasakan cenderung ringan. Hal ini terjadi di awal-awal konsumsi pil KB. Rasa mual biasanya akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika Anda merasakan mual yang semakin parah segera periksakan ke dokter.

  1. Keputihan

Keputihan merupakan masalah umum yang sering dihadapi oleh wanita. ternyata bahaya pil KB juga dapat menimbulkan keputihan. Hal ini terjadi karena tubuh Anda sedang menyesuaikan dengan kandungan dalam pil KB yang Anda konsumsi. Biasanya keputihan saat mengonsumsi pil KB diakibatkan produksi pelumas pada vagina meningkat.

  1. Menambah Berat Badan

Sebagian orang merasakan perubahan kenaikan berat badan saat mengonsumsi pil KB. Hal ini tidak begitu berbahaya karena berat badan yang naik biasanya tidak disebabkan oleh tumpukan lemak melainkan tumpukan cairan yang sering terjadi di area payudara dan pinggul.

  1. Perubahaan Mood

Hormon sangat berpengaruh pada suasana hati seseorang. Kandungan zat yang ada dalam pil KB dapat mempengaruhi perubahan mood seseorang. Suasana hati menjadi tidak beraturan.

  1. Penurunan Libido

Bahaya pil KB yang perlu diperhatikan yakni penurunan libido. Libido atau gairah seks seseorang biasanya akan menurun setelah mengonsumsi pil KB. Meskipun hal ini tidak terjadi pada semua orang. 

Itulah beberapa bahaya pil KB yang perlu Anda ketahui. Meskipun hal ini umum terjadi dan dialami oleh kebanyakan wanita yang mengonsumsi pil KB. Anda perlu waspada dengan bahaya pil KB. Jika beberapa bahaya pil KB yang telah dijelaskan terjadi dalam waktu yang panjang segera periksakan ke dokter.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal Berbagai Jenis KB Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

 

Sumber:

Rahmadina, F. Berbagai Efek Samping Pil KB yang Sering Muncul, Apa Saja?. 2021.

Tag :
Bagikan artikel ini