Bantuan

Sering Mengalami Kondisi Payudara Sakit Saat Ditekan tapi Tidak Ada Benjolan? Ini Kemungkinan Penyebabnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 31 Mar 2022

Bagikan

penyebab payudara sakit

Pernahkah Anda mengalami kondisi payudara sakit saat ditekan tapi tidak ada benjolan di sekitarnya? Atau justru Anda terbilang sering mengalami kondisi ini? Sebenarnya apa penyebab rasa nyeri pada payudara ini? Untuk mengetahui jawabannya, mari ketahui beberapa kemungkinan penyebab payudara sakit ketika ditekan.

Penyebab Rasa Sakit Pada Payudara 

Ketika payudara terasa sakit saat ditekan, hal pertama yang dilakukan banyak wanita adalah dengan memastikan ada atau tidaknya benjolan. Hadirnya benjolan dikhawatirkan dapat mengindikasikan kanker maupun kelainan lainnya. Namun, jika Anda merasakan payudara sakit saat ditekan tapi tidak ada benjolan, berikut ini beberapa kemungkinan yang menyebabkan rasa sakit tersebut.

  1. Peradangan

Penyebab pertama payudara terasa sakit ketika ditekan namun tidak terdapat benjolan di sekitarnya adalah karena peradangan atau mastitis. Umumnya, kondisi ini dialami oleh wanita yang sedang hamil atau menyusui. Di kondisi ini, payudara bersifat lebih sensitif, sehingga mudah merasa perih dan rentan mengalami rasa sakit.

  1. Ukuran payudara

Rasa sakit yang timbul ketika payudara ditekan atau secara tidak sengaja tertekan mungkin disebabkan oleh ukuran payudara yang besar. Wanita yang memiliki payudara besar memiliki risiko mengalami rasa sakit payudara yang lebih tinggi. Untuk kondisi ini, bahkan tak hanya pada area payudara saja, rasa sakit juga terjadi pada area leher, dada, bahu, maupun punggung. 

  1. Faktor hormonal

Penyebab ketiga dari rasa sakit pada payudara saat ditekan adalah faktor hormonal, terutama menjelang waktu menstruasi. Biasanya, rasa sakit pada payudara ketika ditekan akan muncul pada 3 hari sebelum waktu menstruasi menjelang. Pada beberapa wanita, rasa sakit pada payudara ini terkadang terus berlangsung hingga menstruasi selesai. Selain itu, faktor hormonal ini juga bisa terjadi ketika wanita mengalami pubertas, kehamilan hingga memasuki masa menopause.

  1. Konsumsi obat-obatan tertentu

Tidak hanya disebabkan oleh beberapa faktor yang telah dijelaskan di atas, rasa sakit pada payudara ternyata juga dapat dipicu oleh konsumsi obat-obatan tertentu. Adapun jenis obat-obatan yang mampu memicu rasa sakit tersebut di antara adalah antidepresan, antibiotik, terapi hormon dan lain sebagainya. 

  1. Riwayat cedera pada area tubuh tertentu

Payudara sakit saat ditekan tapi tidak ada benjolan? Mungkin saja rasa sakit tersebut disebabkan oleh adanya riwayat cedera pada bagian tubuh di sekitar payudara. Sebagai contoh adalah cedera pada bagian punggung, dada, bahu, yang mampu menimbulkan dampak sehingga timbul rasa sakit ketika payudara ditekan atau tidak sengaja tertekan. 

Payudara Sakit Saat Ditekan, Ciri Hamil?

Wanita yang sedang hamil kerap kali mengeluhkan rasa sakit pada payudara terutama ketika ditekan atau tertekan. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua rasa sakit pada payudara berarti merupakan tanda kehamilan. Untuk lebih memastikannya lagi, Anda bisa mengambil tes kehamilan untuk mengetahui apakah sedang hamil atau tidak.

Selain itu, rasa sakit payudara pada wanita hamil pada umumnya memiliki intensitas yang lebih parah dibanding rasa sakit biasa. Dalam hal ini, payudara wanita hamil cenderung lebih sensitif sehingga tersentuh sedikit saja, rasa sakit yang dirasakan bisa luar biasa. 

Mengatasi Rasa Sakit pada Payudara

Setelah mengetahui beberapa kemungkinan penyebabnya, selanjutnya Anda juga perlu mengetahui adakah cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa sakit tersebut. Meskipun sejatinya rasa sakit ini dapat mereda dengan sendirinya, namun tidak dapat dipungkiri rasa sakit ini mampu menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan mengganggu. 

Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan beberapa tindakan penanganan berikut ini:

  • Kompres payudara menggunakan air hangat.

  • Bersihkan area payudara dengan air bersih.

  • Hindari menggunakan bra yang ketat atau tidak sesuai ukuran.

  • Beristirahatlah dengan cukup.

  • Jangan sentuh atau tekan area payudara yang sakit secara berlebihan. 

Nah, itulah dia penjelasan mengenai beberapa penyebab rasa sakit pada payudara saat ditekan tapi tidak ada benjolan, serta cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Agar di kemudian hari Anda tidak mengalami hal yang sama, cobalah untuk rajin mandi dan membersihkan area payudara, serta hindari konsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Dapat Dipengaruhi Berat Badan dan Genetik, Seperti Apa Ukuran Payudara Ideal Sebenarnya?

Referensi

Wright, Pamela Ann. Breast Pain: 10 Reasons Your Breasts May Hurt. https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/breast-pain-10-reasons-your-breasts-may-hurt

Health University of Utah. 2018. MY BREAST IS TENDER, BUT I DON'T FEEL A LUMP – AM I NORMAL?. https://healthcare.utah.edu/the-scope/shows.php?shows=0_3j2ugny6

Mayo Clinic. 2021. Breast pain. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/breast-pain/symptoms-causes/syc-20350423#:~:text=Most%20times%2C%20breast%20pain%20signals,changes%20needs%20to%20be%20evaluated.

Bagikan artikel ini