Hindari Beberapa Posisi Tidur Saat Asam Lambung Naik Berikut Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Dec 2021

Bagikan

Hindari Posisi Tidur Berikut Ini Saat Asam Lambung Naik

Sudahkah Anda tahu apa saja posisi tidur saat asam lambung naik yang perlu dihindari? Ternyata, ketika Anda mengalami asam lambung yang sedang naik ada beberapa posisi tidur yang perlu dihindari karena dapat memperburuk gejala yang ditimbulkan. Namun mungkin banyak dari Anda yang sering menyepelekan posisi tidur ini. 

Posisi Tidur Saat Asam Lambung Naik yang Perlu Dihindari

Lantas apa saja posisi tidur saat asam lambung naik yang perlu dihindari tersebut? Simak terus penjelasan di bawah ini untuk mengetahui jawabannya. 

  1. Tidur Telentang

Posisi tidur saat asam lambung naik yang perlu Anda hindari pertama yaitu tidur telentang. Hal ini karena, ketika Anda tidur dengan posisi terlentang maka akan memberikan tekanan pada perut. Kondisi ini akan menyebabkan asam lambung terdorong kembali ke kerongkongan. Bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih, maka kondisi ini bisa semakin parah. Sebagai cara mengantisipasinya, sebaiknya Anda tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi sekitar 15 cm hingga 25 cm. 

  1. Tidur Menghadap Kanan

Posisi tidur menghadap kanan merupakan posisi tidur yang perlu Anda hindari. Hal ini karena, posisi tidur seperti ini akan mendorong relaksasi sfingter esofagus bagian bawah. Jika Anda tetap ingin tidur dengan posisi miring, sebaiknya miringlah ke kiri. Pasalnya, tidur miring ke kiri akan mencegah asam lambung naik. Tidak hanya itu, tidur dengan posisi miring kiri juga bisa membantu sistem otak bekerja jauh lebih efektif dibandingkan posisi tidur lainnya.

  1. Mengonsumsi Makan Sebelum Tidur

Jika sebelumnya membahas posisi tidur, poin yang selanjutnya membahas makan sebelum tidur. Sebaiknya Anda menghindari makanan jika sudah waktunya tidur. Hal ini karena, makanan membutuhkan waktu lama untuk dapat dicerna oleh tubuh. Tidak hanya  itu, makan sebelum tidur juga dapat menyebabkan makanan akan mudah kebal ke kerongkongan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda makan 3 hingga 4 jam sebelum waktunya tidur.

Mencegah Asam Lambung Naik

Mencegah asam lambung naik merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan agar tidur bisa menjadi lebih nyenyak. Akan tetapi, tidak semua orang tahu bagaimana caa mencegah asam lambung naik. Anda tidak perlu khawatir, karena di bawah ini dijelaskan cara mencegah asam lambung tidak naik kembali ke dalam tubuh. 

  1. Hindari Makanan Pemicu Asam Lambung

Mencegah kambuhnya asam lambung yang perlu Anda perhatikan yang pertama yaitu menghindari makanan pemicu asam lambung. Beberapa makanan yang perlu Anda hindari yaitu makanan asam seperti jeruk, lemon, dan tomat.  Tidak hanya itu, penderita asam lambung juga perlu menghindari makanan pedas dan berlemak. 

Baca Juga: Daftar Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

  1. Makan Secara Teratur

Cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah asam lambung naik  ke kerongkongan yang selanjutnya yaitu makanlah secara teratur. Pasalnya, makan  yang tidak teratur merupakan salah satu penyebab asam lambung kambuh. Selain itu, hindari makan 3 hingga 4 jam sebelum tidur. 

  1. Hentikan Kebiasaan Merokok

Merokok tidak hanya dapat merusak paru-paru, tapi juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan lain seperti memicu asam lambung kambuh. Hal ini karena kandungan nikotin dalam rokok membuat sfingter esofagus menjadi rileks sehingga risiko asam lambung semakin besar. 

  1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Walaupun terdengar sepele, namun konsumsi air yang banyak dapat mencari salah satu cara mencegah asam lambung kambuh. Hal ini karena air putih sangat membantu melancarkan sistem pencernaan. Tidak hanya itu, konsumsi air putih lebih banyak juga dapat menghidrasi tubuh. 

  1. Hindari Stres

Cara terakhir dalam mencegah kambuhnya asam lambung yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menghindari stres. Hal ini karena, ketika Anda mengalami stres dengan tingkat yang tinggi, maka akan menyebabkan terjadinya perubahan hormonal, perubahan tersebut akan merangsang sel-sel yang ada di lambung memproduksi asam lambung yang lebih banyak. 

Nah, itulah dia beberapa informasi mengenai posisi tidur saat asam lambung naik yang perlu dihindari. Jika Anda tidak ingin mengalami gangguan ketika tidur, setidaknya terapkan beberapa cara mencegah asam lambung di atas.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menurunkan Asam Lambung Saat Kambuh?

 

Sumber:

1. Sleep Score Labs. Best Sleeping Position For Acid Reflux: Sleeping with GERD.

2. Suni, Eric. 2020. GERD and Sleep.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi