Bagaimana Cara Menurunkan Asam Lambung Saat Kambuh?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 21 Dec 2021

Bagikan

Bagaimana Cara Menurunkan Asam Lambung Saat Kambuh?

Sudahkah Anda tahu bagaimana cara menurunkan asam lambung saat kambuh? Ketika asam lambung sedang kambuh, maka akan menimbulkan berbagai gejala yang membuat Anda tidak nyaman. Beberapa gejala yang umumnya muncul yaitu sensasi terbakar di dada atau heartburn, muntah, mual bersendawa terus menerus, rasa pahit di mulut dan juga sakit tenggorokan. 

Kondisi ini tentunya akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan aktivitas hariannya akan terganggu. Apabila Anda merasakan adanya gejala asam lambung yang naik ke tenggorokan, segeralah untuk mengatasinya. Lalu bagaimanakah cara menurunkan asam lambung saat kambuh? Mari temukan jawaban mengenai cara menurunkan asam lambung di bawah ini.

  1. Berdiri Tegak

Cara menurunkan asam lambung saat kambuh dengan  cepat yang bisa Anda lakukan pertama yaitu dengan berdiri tegak. Hal ini karena salah satu penyebab naiknya asam lambung ke kerongkongan yaitu karena posisi tubuh yang tidak benar. Posisi tubuh yang tidak benar tersebut yaitu membungkuk dan berbaring terutama setelah makan. Ketika Anda berdiri tegak, maka akan meningkatkan tekanan pada esofagus bagian bawah sehingga dapat menghentikan naiknya asam lambung. 

  1. Longgarkan Pakaian

Cara yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu dengan melonggarkan pakaian terutama melepas ikat pinggang atau mengendorkan celana. Hal ini terjadi karena salah satu penyebab naiknya asam lambung hingga ke kerongkongan yaitu karena adanya tekanan pada perut yang disebabkan penggunaan pakaian yang terlalu ketat. Oleh karena itu, ketika Anda merasakan munculnya gejala-gejala asam lambung, segeralah untuk melonggarkan pakaian yang ketat agar perut tidak tertekan. 

  1. Kunyah Permen Karet

Tahukah Anda, ternyata mengunyah permen karet dapat menjadi salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk menurunkan asam lambung. Hal ini karena, ketika Anda mengunyah permen karet, maka akan terjadi peningkatan air liur sehingga dapat membersihkan kerongkongan dari asam. Selain itu, di dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa permen karet memiliki kandungan bikarbonat yang dapat mengurangi tingkat keasaman yang ada di tenggorokan. 

  1. Jauhi Rokok dan Kafein

Cara menurunkan asam lambung yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu menjauhi rokok dan juga minuman berkafein. Hal ini karena, kandungan  nikotin di dalam rokok dapat membuat otot sfingter bagian bawah menjadi lebih lemah sehingga meningkatkan risiko asam lambung kembali ke kerongkongan. Selain itu, mengonsumsi minuman kafein juga dapat memproduksi asam lambung sehingga risiko peradangan pada lambung akan meningkat. Jadi, selama Anda mengalami gejala asam lambung, sebaiknya hindari terlebih dahulu rokok serta kafein.

Baca Juga: Daftar Cemilan Untuk Penderita Asam Lambung Yang Aman Dikonsumsi

  1. Makan Dalam Porsi Kecil

Makan dalam porsi yang besar akan membuat Anda kekenyangan. Kondisi ini akan menyebabkan peningkatan produksi asam lambung. Tidak hanya itu, makan  dalam porsi besar juga dapat menyebabkan refluks atau kondisi ketika katup yang terbuka pada saat yang tidak tepat. Oleh karena itu, ketika gejala asam lambung muncul sebaiknya Anda makan dengan porsi kecil. Jika Anda takut kelaparan, Anda bisa sering makan namun tetap dalam porsi yang kecil. 

  1. Hindari Pemicunya

Menghindari pemicunya merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi asam lambung saat kambuh. Beberapa makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung yaitu makanan pedas, makan asin dan juga makanan berlemak. Tidak hanya itu, makanan asam seperti, tomat, jeruk dan lemon juga dapat memicu naiknya asam lambung. 

  1. Mengonsumsi Obat Asam Lambung

Cara menurunkan asam lambung saat kambuh yang terakhir yaitu dengan mengonsumsi obat asam lambung. Namun, sebelum Anda mengonsumsi obat asam lambung, sebaiknya berkonsultasi dengan  dokter terlebih dahulu. Nantinya dokter akan meresepkan obat-obatan yang sesuai dengan kondisi yang Anda alami. Biasanya dokter akan memberikan obat antasida, antibiotik, atau PPI.

Nah, itulah dia beberapa cara menurunkan asam lambung saat kambuh yang bisa Anda lakukan. Apabila beberapa cara di atas tidak dapat menurunkan asam lambung, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Jangan sekali-kali menyepelekan gejala asam lambung, jika gejala asam lambung terjadi berulang kali dan dalam jangka waktu yang cukup lama maka dapat menyebabkan gangguan  kesehatan lainnya.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Ini Obat Asam Lambung Alami Untuk Meredakan Gejala

 

Sumber:

1. Caporuscio,  Jessica. 2020. How can you stop acid reflux?

2. Carey Elea. 2019. How to Get Rid of Heartburn.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi