Health Coaching: Intervensi Baru untuk Pengobatan Diabetes

30 Jun 2020 • Diabetes

Patuh terhadap pengobatan dan mengubah gaya hidup merupakan dua strategi utama dalam menghadapi penyakit kronik seperti diabetes melitus.

Namun, studi menunjukkan bahwa masih banyak penderita diabetes yang tidak patuh terhadap obat-obatan yang harus dikonsumsi dan belum menjalankan gaya hidup dan pola makan yang sehat.

Untuk mengatasi hal-hal tersebut, pemberian edukasi yang tepat dan efektif harus diberikan agar penderita dapat melakukan self-care (perawatan diri).

Apabila Anda merupakan seorang penderita diabetes dan Anda bertekad untuk dapat merawat diri Anda, terdapat beberapa kompetensi yang harus Anda kuasai.

Kompetensi-kompetensi tersebut antara lain:

  • Mengetahui keadaan Anda saat ini dan berbagai opsi pengobatan yang dapat dipilih
  • Berpartisipasi secara aktif dalam membuat keputusan bersama dokter dan perawat Anda untuk strategi pengobatan
  • Melakukan kegiatan-kegiatan yang meningkatkan taraf kesehatan Anda
  • Memonitor, mencatat, dan belajar mengatasi tanda dan gejala diabetes yang Anda miliki
  • Memahami dampak dari kondisi diabetes Anda terhadap kehidupan Anda sehari-hari

Agar dapat mengerti cara merawat diri lebih lanjut, intervensi berupa pemberian edukasi dari seorang ahli dapat Anda pilih. Pendidikan yang bersifat mendukung perawatan diri Anda disebut health coaching diberikan oleh seorang health coach.

Health coach didefinisikan sebagai ahli yang telah dilatih untuk berkolaborasi dengan pasien untuk memberikan informasi dan dukungan, dengan tujuan akhir berupa pasien dapat melakukan perawatannya dengan mandiri (self-management). 

Beberapa prinsip yang diterapkan dalam proses health coaching adalah:

  • Pasien merupakan sumber informasi utama untuk strategi perubahan gaya hidup
  • Edukasi dapat diberikan kepada pasien saat pasien sudah siap
  • Tujuan health coaching sejalan dengan visi dan nilai-nilai pasien
  • Cara mengubah perilaku menjadi fokus utama dalam health coaching ini
  • Merencanakan segala sesuatu dengan rinci
  • Hanya pasien yang dapat menentukan pilihan, health coach tidak boleh memaksa
  • Kesabaran dan kepercayaan terhadap pasien diperlihatkan oleh health coach agar terbentuk hubungan coach dan pasien yang didasari oleh percaya.

Berbagai studi telah menunjukkan efektivitas health coaching dalam menangani diabetes. Berdasarkan beberapa studi, health coaching terbukti memperbaiki kendali glikemik pasien dengan HbA1c yang menurun dengan konstan.

Selain itu, ulasan-ulasan positif juga dikemukakan oleh pasien-pasien yang telah menerima health coaching, seperti mereka merasa lebih berenergi, bersemangat, dan paham mengenai kondisi mereka.

Beberapa dari mereka juga merasa lebih produktif karena dapat mengatasi dampak dari kondisi mereka. 

So, apakah Anda tertarik untuk mencoba health coaching?

Referensi:

  1. Burton RA, Thompson M. What do patients with diabetes think of health coaching? Washington: Urban Institute; 2018 Feb.
  2. Sherifali D, Viscardi V, Bai JW, Ali RMU. Evaluating the Effect of a Diabetes Health Coach in Individuals with Type 2 Diabetes. Can J Diabetes. 2016; 40: 84–94.
  3. Wong-Rieger D, Rieger FP. Health coaching in diabetes: empowering patients to self-manage. Can J Diabetes. 2013; 37: 41-4.