Bantuan

Cari Tahu Macam-Macam Kopi dan Kandungan Gizinya!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 25 Mar 2022

Bagikan

macam macam kopi

Tahukah Anda bahwa terdapat macam-macam kopi dan kandungan gizinya pun berbeda? Untuk banyak orang mungkin kopi menjadi alasan meninggalkan rumah atau sekadar bangun pagi. Namun, di lain waktu sebelum Anda mampir ke kedai kopi atau cafe, Anda bisa merenungkan macam kopi apa yang dipilih. Mengapa ini penting? Karena kopi memiliki macamnya tersendiri serta kandungan gizinya pun akan berbeda satu dengan yang lain. 

Macam-Macam Kopi dan Kandungan Gizinya

Mungkin Anda sudah tahu bahwa minuman yang mengandung kafein ini mempunyai banyak macam yang berbeda. Dimana macam yang berbeda ini berbeda juga kandungan gizi yang terdapat didalamnya. Di bawah ini adalah macam-macam kopi dan kandungan gizinya yang dapat Anda ketahui:

  1. Cappucino

Macam pertama yang dapat Anda ketahui adalah cappucino, yang mana merupakan minuman kopi terbuat dari kombinasi susu kukus dan espresso. Di bagian atas kopi nantinya akan dilapisi buih susu tebal. Cappucino memiliki kandungan sejumlah nilai gizi tambahan, berasal dari susu misalnya seperti kalori, karbohidrat, dan lemak. Tetapi, isinya akan bervariasi berdasarkan jenis susu yang digunakan dalam proses pembuatan. Cappucino itu sendiri mempunyai kandungan susu yang mengandung lemak dan protein didalamnya. Kandungan tersebut dapat berbeda-beda, akan bergantung dengan jenis susu yang digunakan. Jika susu yang digunakan merupakan jenis full cream, maka kandungan lemak dan kalorinya pun tentu menjadi lebih tinggi. Meskipun dianggap bukanlah minuman kaya gizi, tetapi cappucino memiliki kandungan vitamin A, kalsium, dan zat besi yang cukup tinggi. 

  1. Caffe Latte

Macam-macam kopi dan kandungan gizinya yang berbeda pun dimiliki oleh caffe latte. Kopi jenis ini sebenarnya hampir serupa dengan cappucino. Namun, yang membedakannya yakni porsi susu dalam caffe latte yang lebih banyak daripada cappucino. Segelas caffe latte dengan susu kedelai tanpa gula, memiliki kandungan 130 kalori, 7 gram protein, 18 gram karbohidrat, 4 gram lemak, 18 gram karbohidrat, dan juga 30 persen kalsium. Sedangkan, dalam segelas caffe latte yang berukuran sama dan dibuat dengan susu tanpa lemak, memiliki kandungan 15 gram karbohidrat, 10 gram protein, 35 persen kalsium, dan 100 kalori. Apabila Anda meggunakan jenis susu full cream, maka kandungan gizi didalam caffe latte menjadi 30 persen kalsium, 180 kalori, 10 gram protein, 9 gram lemak, dan 14 gram karbohidrat. Caffe latte dan cappucino yang dibuat dengan jenis susu full fat merupakan sumber baik dari kalsium dan protein, yang mana menjadi zat penting untuk kesehatan tulang seseorang. 

  1. Espresso

Ketiga adalah espresso, macam-macam kopi dan kandungan gizinya ini menggunakan mesin khusus dalam proses pembuatannya. Nantinya, kopi akan diseduh menggunakan mesin khusus yang memiliki tekanan tinggi, kemudian akan melarutkan biji kopi giling dengan semburan air panas. Kopi yang akan didapatkan adalah kopi yang hitam panas, kental, dan pekat. Biasanya kopi espresso ini akan disajikan dalam cangkir berukuran mini. Kopi jenis ini menjadi salah satu yang termasuk kopi yang kuat, baik dalam rasa ataupun kandungan kafeinnya. Anda perlu tahu bahwa espresso merupakan fondasi utama untuk minuman racikan kopi lainnya, misalnya saja seperti cappucino dan caffe latte. Namun, sering kali kalori yang ada didalamnya lebih tinggi dikarenakan gula dan susu yang ditambahkan. Macam kopi satu ini sebenarnya tidak mempunyai kandungan nilai gizi yang berarti. Secangkir mini atau shot espresso saja mempunyai kandungan 80 sampai 120 miligram kafein, nol protein, dan 5 miligram kalori. Espresso cocok bagi Anda bila ingin menurunkan berat badan, yang mana mengonsumsi kafein dengan dosis sedang akan merangsang sistem saraf pusat. Selain itu, kafein dosis sedang juga akan meningkatkan kinerja olahraga Anda. Jika intensitas olahraga dinaikkan menjadi lebih tinggi, maka dapat menghasilkan pembakaran kalori lebih banyak dalam satu sesi. Oleh karena itu, akan menyebabkan pembakaran lemak yang lebih besar lagi. 

Itulah tadi beberapa macam-macam kopi dan kandungan gizinya. Dengan mengetahui perbedaan dari macam kopi yang berbeda, maka Anda diharapkan dapat memilih kopi yang sesuai dengan kebutuhan harian dan tubuh Anda. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Berhati-Hatilah, Ini Dampak Kebanyakan Minum Kopi yang Mengintai Anda

Referensi

https://www.coffeescience.org/impact-milk-in-coffee-good-bad/

https://nutritiondata.self.com/facts/foods-from-starbucks/9525/2

https://doi.org/10.1136/bmj.j5024

Bagikan artikel ini