Segudang Manfaat Lidah Buaya, Dari Kesehatan Hingga Kecantikan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Dec 2021

Bagikan

Beragam Manfaat Lidah Buaya Dari Kesehatan Hingga Kecantikan

Manfaat lidah buaya yang begitu dahsyat bukanlah sebuah rahasia lagi. Bahkan penggunaan lidah buaya dalam berbagai pengobatan sudah dilakukan sejak berabad-abad yang lalu. Hal ini karena lidah buaya ini memiliki banyak manfaat mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Lalu apa saja manfaat lidah buaya tersebut? Mari temukan jawabannya melalui penjelasan yang ada di bawah ini. 

Manfaat Lidah Buaya

Beberapa manfaat lidah buaya yang paling terkenal, yaitu sebagai penyembuh luka dan juga menjadi pelembap kulit. Namun, manfaat lidah buaya masih ada banyak lagi. Berikut ini beberapa manfaat lidah buaya mulai dari kesehatan hingga kecantikan yang perlu Anda ketahui. 

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat lidah buaya yang pertama, yaitu membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Manfaat ini telah dibuktikan dalam berbagai penelitian bahwa gel atau krim lidah buaya dapat mempercepat proses penyembuhan luka bakar derajat ringan, yaitu 1 dan 2. Hal ini karena gel lidah buaya akan membantu penyembuhan jaringan kulit serta regenerasi kulit. Bahkan, sebuah penelitian menyebutkan lidah buaya lebih efektif dibandingkan dengan salep luka bakar ringan. 

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat lidah buaya yang selanjutnya, yaitu mampu menurunkan kadar gula darah. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa ekstrak lidah buaya memiliki potensi menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Akan tetapi, penggunaan ekstrak lidah buaya ini perlu berhati-hati. Pasalnya jika digunakan bersamaan dengan obat diabetes maka glukosa darah akan turun secara drastis sehingga membahayakan kesehatan. 

  1. Meredakan Gejala GERD

Tahukah Anda, ternyata lidah buaya dapat diolah menjadi jus dan dikonsumsi. Bahkan, mengonsumsi jus lidah buaya ini mampu meredakan gejala GERD seperti sendawa, mual, dan nyeri pada ulu hati. Cara membuat jus lidah buaya pun cukup mudah yaitu dengan mengupas lidah buaya terlebih dahulu. Setelah itu, cuci lidah buaya hingga lendir kuningnya hilang. Lalu, blender lidah buaya tersebut dengan air dan beri tambahan madu.

Baca Juga: Mengenal GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease

  1. Mengatasi Psoriasis

Psoriasis merupakan peradangan yang terjadi pada kulit dengan tanda-tanda munculnya ruam merah, kulit mudah terkelupas, kulit kering, dan bersisik. Penyakit ini disebabkan oleh autoimun sehingga belum ditemukan obatnya. Namun, Anda bisa menggunakan lidah buaya untuk mengurangi plak pada kulit. Bahkan, disebutkan juga lidah buaya jauh lebih efektif daripada krim yang biasa diresepkan untuk penderita psoriasis. Akan tetapi, manfaat ini masih butuh penelitian lebih lanjut. 

  1. Membantu Mencerahkan Wajah

Apabila sebelumnya berbicara mengenai manfaat kesehatan maka kali ini akan berbicara mengenai manfaat lidah buaya dalam kecantikan. Di dalam lidah buaya terdapat kandungan mineral dan juga vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan ini akan membantu menghapus noda di wajah dan juga memutihkan kulit.

Dengan menggunakan lidah buaya secara rutin, maka kulit wajah Anda akan tampak lebih cerah. Bahkan kandungan antioksidan di dalam lidah buaya mampu membuat kulit menjadi lebih lembut dan kenyal. 

  1. Menjadi Pembersih Makeup Alami

Memilih gel dengan tekstur yang lebih, membuat lidah buaya bisa digunakan sebagai pembersih make up. Caranya, yaitu dengan menggunakan bagian daging yang berbentuk gel, lalu oleskan ke wajah. Selain membersihkan make up, cara ini juga mampu melembabkan kulit. Akan tetapi, mungkin pada beberapa orang dengan kulit sensitif akan mengalami iritasi. Jadi, sebaiknya Anda melakukan tes alergi terlebih dahulu. 

  1. Melembabkan Kulit

Manfaat lidah buaya bagi kecantikan yang terakhir, yaitu dapat melembabkan kulit. Manfaat yang satu ini datang dari berbagai vitamin yang ada di dalam lidah buaya,  diantaranya yaitu vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Bahkan lidah buaya ini cocok digunakan oleh Anda tipe kulit berminyak dan kulit kering. 

Nah itulah dia beberapa manfaat lidah buaya yang bisa Anda dapatkan. Beberapa manfaat yang disebutkan di atas masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Jadi, sebelum Anda memutuskan menggunakan lidah buaya sebagai obat alternatif ataupun obat tambahan, sebaiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Apa Saja Tanaman Herbal Yang Dapat Mencegah COVID-19? Cari Tahu Faktanya Disini!

 

Sumber:

1. Newman, Tim. 2017. Nine health benefits and medical uses of Aloe vera.

2. Cherney, Kristeen. 2019. 10 Benefits of Using Aloe Vera on Your Face.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi