Apa Saja Makanan Untuk Asam Lambung? Simak Di Sini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 13 Dec 2021

Bagikan

Apa Saja Makanan Untuk Asam Lambung? Simak Di Sini

Tahukah Anda, makanan untuk asam lambung tidak boleh sembarang. Pasalnya, ada beberapa makanan yang justru menyebabkan asam lambung dapat naik. Beberapa makanan yang dapat menyebabkan asam lambung naik tersebut yaitu makanan pedas, makanan asam, dan makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi. 

Lalu apa saja makanan untuk asam lambung yang baik untuk dikonsumsi? Tidak perlu khawatir, karena di dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi bagi Anda penderita asam lambung. Berikut ini beberapa makanan untuk asam lambung yang perlu Anda ketahui 

  1. Oatmeal

Makanan untuk asam lambung yang perlu Anda ketahui pertama yaitu oatmeal. Hal ini karena oatmeal mampu membantu mencegah munculnya refluks asam. Selain itu, oatmeal juga memiliki kandungan serat yang dapat meningkatkan kesehatan usus, mencegah sembelit dan juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Tidak hanya itu, oatmeal mampu menyerap kelebihan asam di lambung dan melindungi lapisan lambung dari risiko iritasi yang disebabkan meningkatnya asam lambung. 

  1. Yoghurt

Yoghurt merupakan makanan untuk asam lambung yang aman dikonsumsi selanjutnya. Hal ini karena, yoghurt memiliki efek yang dapat menenangkan bagi dinding lambung dan  dapat mengontrol rasa tidak nyaman pada perut. Selain itu, yoghurt juga memiliki kandungan probiotik baik yang dapat membantu menjaga kesehatan serta kelancaran sistem pencernaan.

Namun sebaiknya Anda tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebih dan disarankan juga untuk menambahkan sedikit jahe ketika mengonsumsinya.

Baca Juga: Mengenal Yoghurt dan Berbagai Manfaatnya

  1. Pisang

Makanan yang baik untuk Anda yang memiliki masalah dengan asam lambung yang selanjutnya yaitu pisang. Hal ini karena pisang memiliki kandungan  asam yang rendah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Dengan teksturnya yang lumat dapat membantu pembentukan lapisan pelindung di kerongkongan yang sedang iritasi. Tidak hanya itu, kandungan  serat yang tinggi dalam pisang juga mampu membantu mencegah gangguan pencernaan seperti sakit perut, perut kembung, sembelit.

  1. Daging Tanpa Lemak

Ternyata, penderita asam lambung juga bisa mengonsumsi daging-dagingan. Mungkin banyak dari Anda yang menyangka bahwa daging harus dihindari karena dapat memicu naiknya asam lambung berkat kandungan minyak atau lemak di dalamnya. Akan tetapi, makanan ini tetap dapat dikonsumsi selama kandungan lemak di dalamnya sangat rendah.

Ketika Anda mengonsumsi daging-dagingan yang memiliki kandungan lemak rendah, maka dapat membantu memulihkan berbagai keluhan karena asam lambung. 

  1. Melon

Makanan untuk asam lambung yang baik untuk dikonsumsi yaitu buah melon. Sama halnya dengan pisang, melon juga memiliki kandungan asam yang rendah sehingga aman dikonsumsi. Tidak hanya itu, melon juga memiliki kandungan magnesium yang merupakan salah satu bahan yang sering digunakan dalam pembuatan obat refluks asam. Apabila Anda ingin mengonsumsi melon, sebaiknya pilih jenis cantaloupe dan honeydew melon.

  1. Sayuran Hijau

Bagi Anda yang memiliki masalah asam lambung, cobalah untuk mengonsumsi sayuran hijau. Hal ini karena sayuran hijau memiliki gizi yang cukup banyak. Selain itu,  kandungan lemak dan gula yang rendah dalam sayuran hijau dapat mengurangi peningkatan asam lambung. Sayuran hijau juga dapat dicerna dengan cepat sehingga mempercepat pengosongan lambung.

Kondisi ini dapat menurunkan kemungkinan asam lambung kembali lagi kerongkongan. Beberapa sayuran hijau yang bisa Anda konsumsi yaitu kangkung, sawi, bayam, dan lobak. 

  1. Roti

Makanan untuk penderita asam lambung yang aman dikonsumsi terakhir yaitu roti. Akan tetapi, roti yang disarankan bagi penderita asam lambung yaitu roti yang terbuat dari biji-bijian ataupun gandum. Hal ini karena, roti tersebut memiliki banyak kandungan yang menyehatkan seperti vitamin, serat dan nutrisi lainnya. Serat dalam hal ini, dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. 

Nah itulah dia beberapa informasi mengenai makanan untuk penderita asam lambung. Selain mengonsumsi makanan tersebut,  sebaiknya Anda perlu meninggalkan kebiasan buruk yang dapat memicu naiknya asam lambung seperti merokok, minum alkohol dan tidur setelah makan. Apabila Anda merasakan gejala asam lambung, segeralah untuk mengatasinya dengan beberapa penanganan di rumah.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal Antasida, Obat Penetral Asam Lambung

 

Sumber:

1. Madell, Robin. 2021. Foods to Help Your Acid Reflux.

2. Emling, Shelley. 2017. 5 Top Foods to Stave Off Acid Reflux Symptoms.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi