Deretan Manfaat Bunga Matahari Selain Berguna untuk Tanaman Hias

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 18 Dec 2021

Bagikan

7 Manfaat Bunga Matahari untuk Kecantikan dan Kesehatan

Sudahkah Anda tahu apa saja manfaat bunga matahari? Bunga matahari merupakan salah satu tanaman yang sering dijadikan tanaman hias karena bentuk dan warnanya yang menarik. Salah satu bagian yang paling terkenal dari bunga matahari yaitu biji bunga matahari karena sering dijadikan cemilan atau disebut dengan kuaci. Namun tahukah Anda, ternyata bunga ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

Kandungan Bunga Matahari

Manfaat yang dimiliki oleh bunga matahari merupakan hal yang wajar, karena terdapat banyak nutrisi di dalamnya. Setidaknya, dalam 30 gram biji bunga matahari terdapat kandungan sebagai berikut:

  • Kalori 163

  • Protein 5,5 gram

  • Karbohidrat 65 gram

  • Serat 3 gram

  • Vitamin E

  • Vitamin B6

  • Zat besi

  • Magnesium

  • Zinc

  • Folat

Manfaat Bunga Matahari

Lalu apa saja manfaat yang dimiliki bunga matahari? Berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari bunga matahari. 

  1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat yang bisa Anda dapatkan pertama yaitu mampu menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena, pada biji bunga matahari terdapat suatu senyawa yang mampu mencegah enzim yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Selain itu, kandungan asam linoleat dan magnesium pada bunga matahari juga bermanfaat dalam menurunkan kolesterol, menstabilkan pembuluh darah, dan menurunkan tekanan darah. Dengan begitu, berbagai penyakit yang berisiko bagi jantung dapat diminimalisir. 

Baca Juga: Penyebab Jantung Berdebar Kencang Dan Cara Mengatasinya

  1. Menjaga kesehatan kulit

Kulit merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang paling banyak mendapatkan perhatian. Terutama untuk para wanita yang menginginkan kulit tetap bersih, cerah, dan sehat. Namun tahukah Anda, ternyata bunga matahari mampu menjaga kesehatan kulit. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa kandungan lipid asam lemak esensial dapat membuat kulit tetap terhidrasi dan terlindungi dari paparan sinar matahari yang dapat merusak kulit. 

Baca Juga: Lapisan Kulit Manusia: Memahami Struktur dan Fungsi Dari Kulit

  1. Menjaga kekebalan tubuh

Mampu menjaga kekebalan tubuh merupakan salah satu manfaat yang didapat dari biji bunga matahari. Kekebalan tubuh merupakan salah satu yang penting untuk dijaga. Pasalnya, ketika kekebalan tubuh menurun, maka Anda akan rentan terserang oleh penyakit. Namun, dengan kandungan vitamin E yang ada di dalam biji bunga matahari, maka kekebalan tubuh dapat terjaga. 

  1. Mencegah diabetes

Manfaat bunga matahari terutama untuk bijinya yang selanjutnya yaitu mampu mencegah diabetes. Hal ini karena bunga matahari memiliki kandungan magnesium yang telah terbukti memiliki efek perlindungan dari risiko diabetes tipe 2. Selain itu, biji bunga matahari juga mampu menghentikan penurunan gula darah dan lonjakan gula darah yang berasal dari diet terlalu ketat.

Baca Juga: Alternatif Camilan untuk Penderita Diabetes yang Sehat dan Lezat

  1. Menjaga berat badan ideal

Bunga matahari memiliki kandungan protein dan juga serat yang cukup tinggi. Kedua kandungan ini mampu membantu Anda menurunkan berat badan dan juga menjaga badan ideal. Pasalnya, kandungan serat dan protein ini akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Tidak hanya itu, kandungan serat juga membantu melancarkan sistem pencernaan. 

  1. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh pengeroposan tulang. Tentu banyak dari Anda tidak ingin mengalami hal yang seperti demikian. Namun Anda tidak perlu khawatir karena manfaat bunga matahari yang selanjutnya yaitu mampu mencegah osteoporosis. Hal ini karena bunga matahari memiliki kandungan magnesium yang dapat menyeimbangkan mineral kalium dan kalsium. Kedua mineral ini merupakan faktor penting dalam kepadatan tulang dan  juga mencegah terjadi osteoporosis. 

  1. Menjaga kesehatan mata

Manfaat bunga matahari yang terakhir yaitu mampu menjaga kesehatan mata. Hal ini karena, biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Kandungan ini memiliki sifat antioksidan yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Bahkan dalam sebuah penelitian ditunjukkan bahwa, biji bunga matahari dapat mencegah berbagai penyakit mata salah satunya yaitu degenerasi makula. 

Baca Juga: Fungsi Mata Berdasarkan Anatomi dan Cara Menjaga Kesehatannya

Nah, itulah dia beberapa manfaat bunga matahari yang bisa Anda dapatkan. Walaupun bermanfaat, Anda tetap tidak bisa hanya mengandalkan biji bunga matahari untuk kesehatan tubuh. Anda tetap perlu mengonsumsi berbagai makanan bernutrisi lainnya. Tidak hanya itu, Anda juga perlu melakukan olahraga yang rutin untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

McCulloch, Marsha. 2018. Are Sunflower Seeds Good for You? Nutrition, Benefits and More.

WebMD. Health Benefits of Sunflower Seeds.

 

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi