Bantuan

Alternatif Camilan untuk Penderita Diabetes yang Sehat dan Lezat

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 09 Nov 2021

Bagikan

Alternatif Camilan untuk Penderita Diabetes yang Sehat dan Lezat

Pilihan camilan untuk penderita diabetes sebenarnya cukup beragam. Penderita diabetes yang dituntut untuk dapat menjaga pola makan yang sehat dalam hal ini perlu mengetahui apa saja variasi camilan yang sehat dan lezat agar tidak cepat bosan dengan makanan yang itu-itu saja.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, penderita diabetes tidak bisa sembarangan dalam mengonsumsi camilan. Apabila tidak berhati-hati, camilan yang tidak sehat dapat memicu peningkatan kadar gula dalam darah. Hal ini kemudian akan berujung pada komplikasi yang tentunya akan membahayakan kesehatan tubuh.

Lantas apa saja variasi camilan untuk penderita diabetes tersebut? Benarkah penderita diabetes tetap bisa mengonsumsi camilan yang lezat? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari simak bersama penjelasan mengenai alternatif camilan sehat untuk penderita diabetes berikut ini.

Camilan untuk penderita diabetes

Selama ini, banyak yang beranggapan bahwa camilan adalah musuh utama yang perlu dihindari oleh penderita diabetes. Hal ini tentu tidak sepenuhnya benar, mengingat ada banyak sekali alternatif camilan yang sehat dan rendah gula yang bisa dinikmati oleh penderita diabetes. 

Dengan pilihan camilan ini, para penderita diabetes tetap bisa ngemil, tanpa harus khawatir dengan lonjakan kadar gula dalam darah. Adapun pilihan camilan untuk penderita diabetes yang sehat dan lezat tersebut di antaranya adalah sebagai berikut 

  1. Cokelat hitam

Bagi penderita diabetes yang ingin merasakan lezatnya cokelat, maka jenis dark chocolate atau cokelat hitam bisa menjadi alternatif terbaik. Dalam hal ini, cokelat hitam memiliki kandungan polifenol yang dapat memperbaiki sensitivitas insulin. Pada akhirnya, mengonsumsi cokelat hitam dengan kandungan 70 persen kakao dapat menjaga gula darah tetap stabil.

  1. Buah segar

Tetap ingin menikmati rasa manis walaupun menderita diabetes? Buah segar adalah jawabannya. Dalam hal ini, pilihlah buah manis yang mengandung serat, vitamin dan mineral, serta antioksidan yang baik untuk tubuh. Adapun jenis buah-buahan yang bisa dikonsumsi adalah alpukat, pir, jeruk, apel, dan kiwi. 

Baca Juga: Apakah Pasien Diabetes Harus Menghindari Makanan yang Mengandung Karbohidrat?

  1. Greek yogurt

Camilan untuk penderita diabetes berikutnya yang tidak bisa dilewatkan adalah greek yogurt. Dalam hal ini, yogurt selalu bisa menjadi alternatif camilan yang kaya protein dan probiotik yang tentunya aman bagi para penderita diabetes. Pastikan produk yang dipilih adalah produk yogurt bebas lemak dan gula dan memiliki kandungan gizi yang cukup.

  1. Telur rebus

Kaya akan protein baik, telur rebus menjadi alternatif camilan sehat untuk para penderita diabetes selanjutnya. Diketahui bahwa dalam sebutir telur rebus terkandung sekitar 7 gram protein. Telur rebus juga memiliki kandungan kalium yang baik untuk kesehatan jantung. Meskipun begitu, penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi telur rebus ini secara berlebihan mengingat kandungan kolesterol pada bagian kuning telurnya yang cukup tinggi.

  1. Kacang-kacangan

Alternatif camilan untuk para penderita diabetes berikutnya adalah kacang-kacangan, seperti kacang tanah, kacang almond hingga kacang kedelai. Mengandung banyak vitamin, mineral, serta lemak baik, kacang-kacangan dapat menjadi camilan sehat yang lezat, sekaligus menjadi sumber energi yang baik bagi para penderita diabetes. Namun tetap perhatikan konsumsi kacang-kacangan ini pada para penderita diabetes agar tidak berlebihan.

  1. Puding chia seed

Puding adalah salah satu jenis camilan yang cukup populer dan disukai banyak orang karena rasa manisnya. Nah, bagi para penderita diabetes yang tetap ingin menikmati camilan yang satu ini, puding chia seed bisa menjadi solusi terbaik. Puding chia seed ini sudah bisa dinikmati dengan menggunakan sekitar seperempat cangkir chia seed dengan susu almond yang lezat.

  1. Biskuit gandum

Gandum terkenal akan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan. Lebih dari itu, gandum juga terkenal dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama. Untuk penderita diabetes, konsumsi gandum ini bisa dilakukan dengan membuat biskuit dari tepung gandum utuh. 

Demikianlah penjelasan mengenai pilihan camilan untuk penderita diabetes yang sehat, lezat, dan tentunya aman. Setiap alternatif camilan ini memiliki batasannya masing-masing dan sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Agar lebih yakin lagi, cobalah untuk mengonsultasikan konsumsi pilihan camilan ini dengan dokter terlebih dahulu. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Yuk, Pahami Cara Merawat Luka Diabetes

 

Sumber:

Elliott, Brianna. 2018. The 21 Best Snack Ideas If You Have Diabetes. 

Migala, Jessica. 2021. 20 Easy and Quick Snack Ideas for People With Diabetes. 

Diabetes UK. Healthy Swaps: Snacks.

Bagikan artikel ini