Bantuan
Free Tele x

Cara Meningkatkan Hormon Estrogen untuk Program Hamil

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Jun 2022

Bagikan

Cara Meningkatkan Hormon Estrogen untuk Program Hamil

Pasangan yang ingin memiliki anak sering kali bertanya bagaimana cara meningkatkan hormon estrogen untuk persiapan kehamilan. Calon ibu mempersiapkan kehamilan dengan berbagai cara agar embrio atau janin dapat tumbuh di rahim ibu. 

 

Tips dan Cara Meningkatkan Hormon Estrogen bagi Kaum Hawa

Keberadaan hormon estrogen sangat penting bagi kaum hawa. Hormon ini bertanggung jawab untuk merangsang gairah seksualitas sekaligus untuk reproduksi. Apabila jumlah hormon estrogen yang Anda hasilkan sedikit, tentu akan mempengaruhi kualitas kesuburan rahim. Contohnya seperti wanita yang mengalami menopause. Menopause yang dialami wanita menandakan bahwa produksi hormon estrogennya berhenti. 

Namun, jika Anda belum memasuki usia menopause, Anda masih bisa memproduksi hormon estrogen sebanyak-banyaknya. Tentunya hal ini tak terlepas pula dari cara Anda meningkatkan kuantitas hormon estrogen dalam tubuh. Lantas, bagaimana cara untuk meningkatkan produksi hormon tersebut?

Baca juga: Fungsi Hormon Estrogen 

1. Memakan Kacang Kedelai dan Flaxseed

Salah satu jenis sayuran yang cukup populer untuk menambah jumlah hormon estrogen adalah kacang kedelai. Sudah banyak orang yang tahu tentang kandungan dan manfaat dari kacang ini. Salah satu manfaatnya tentu saja untuk menambah kadar hormon estrogen yang dibutuhkan kaum hawa untuk reproduksi. 

Untuk menambah jumlah hormon estrogen dalam tubuh tidak cuma dari konsumsi kacang kedelai saja. Anda bisa mendapatkan nutrisi yang sama dari produk olahan kacang kedelai seperti tahu dan tempe. Bukan hanya kacang kedelai, flaxseed atau biji rami juga terbukti bagus dikonsumsi untuk meningkatkan kuantitas estrogen di tubuh Anda. 

Olahan makanan tersebut ternyata bisa menjadi sumber fitoestrogen yang bagus. Anda tidak akan kekurangan hormon estrogen ketika mengonsumsi olahan makanan dari kacang kedelai ini. Selain itu, mengonsumsi kacang kedelai dan flaxseed secara rutin juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker payudara. Jadi, konsumsilah makanan yang terbuat dari kacang kedelai dan flaxseed

2. Mengonsumsi Vitamin dan Mineral

Ketika membahas tentang cara meningkatkan hormon estrogen bagi kaum hawa, Anda tidak boleh melewatkan vitamin dan mineral. Zat vitamin dan mineral sangat dibutuhkan untuk meningkatkan produksi hormon estrogen. Beberapa vitamin dan mineral yang bagus untuk menambah hormon adalah vitamin B, vitamin D, DHEA dan Boron. 

Vitamin B berperan untuk mengaktifkan hormon estrogen dalam tubuh. Vitamin ini akan menciptakan hormon estrogen yang dibutuhkan dalam jumlah banyak. Itu sebabnya, ketika Anda kekurangan vitamin B, maka akan mempengaruhi sistem reproduksi

Boron adalah senyawa mineral yang memiliki peran multifungsi dalam tubuh. Jenis mineral ini memiliki manfaat positif bagi tubuh, salah satunya adalah untuk mengurangi risiko kanker. Di balik manfaatnya yang bagus untuk mencegah kanker, mineral boron juga bermanfaat untuk metabolisme hormon estrogen.

3. Meminum Suplemen Herbal

Salah satu suplemen herbal yang direkomendasikan untuk diminum oleh kaum hawa adalah yang terbuat dari tumbuhan black cohosh. Tanaman ini sering dipakai untuk mengobati masalah menstruasi dan menopause. Dari situlah, black cohosh dipercaya bisa meningkatkan jumlah hormon estrogen pada wanita. 

Selain black cohosh, chasteberry juga dikenal luas bisa menjadi obat herbal yang dikonsumsi untuk meningkatkan kadar hormon. Anggapan ini sudah dibuktikan dengan hasil penelitian bahwa chasteberry bisa meningkatkan estrogen. Manfaat ini tentunya tidak terlepas dari khasiat chasteberry yang bisa menaikkan tingkat kesuburan wanita. 

Demikian tips dan cara meningkatkan hormon estrogen yang bisa dilakukan kaum hawa. Semoga dengan adanya rekomendasi cara di atas, Anda bisa lebih terampil untuk  mengatur kadar hormon bagi perkembangan seksualitas Anda. Jika Anda mengalami kendala selama proses tersebut, konsultasikan saja dengan ahlinya.

Baca juga: Jenis-Jenis Hormon Utama yang Penting bagi Tubuh Manusia 

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Referensi

Lockett, Eleesha. 2019. 12 Natural Ways to Boost Estrogen in Your Body. https://www.healthline.com/health/womens-health/how-to-increase-estrogen#herbal-supplements 

WebMD. 2020. Top Foods High in Estrogen. https://www.webmd.com/diet/foods-high-in-estrogen

Bagikan artikel ini