Bantuan

Cara Menjaga Kesehatan Tulang dengan Mudah dan Sehat

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Mar 2022

Bagikan

menjaga kesehatan tulang

Sudahkah Anda mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan tulang? Tulang memiliki peran yang banyak dalam tubuh, mulai dari memungkinkan tubuh dapat bergerak dan juga melindungi organ-organ penting dalam tubuh seperti otak dan jantung. Akan tetapi, dengan seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang dan juga kekuatan tulang akan  semakin berkurang. 

Jadi tidak mengherankan, pada umumnya lansia sering kali mengalami masalah pada tulang seperti osteoporosis. Bahkan di usia 30 tahun kepadatan tulang telah mencapai puncaknya dan sedikit demi sedikit mulai berkurang sehingga memiliki risiko osteoporosis yang tinggi. 

Oleh karena itu, Anda perlu menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat dan sehat. Sehingga Anda akan memiliki risiko masalah tulang yang lebih rendah. Lalu bagaimanakah cara menjaga kesehatan tulang tersebut? Simak cara menjaga kesehatan tulang di bawah ini. 

  1. Menjaga berat badan ideal

Cara yang perlu Anda lakukan pertama dalam menjaga kesehatan tulang yaitu dengan menjaga berat badan ideal. Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa berat badan yang berlebih ataupun kurang dapat meningkatkan kerusakan tulang. Apabila Anda memiliki berat badan yang terlalu kurus, maka risiko osteoporosis akan semakin tinggi. Sedangkan berat badan yang berlebih akan meningkatkan risiko masalah kesehatan kronis.

  1. Melakukan aktivitas fisik

Jarang melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga akan membuat tulang dan otot menjadi lemah. Dalam sebuah penelitian bahkan disebutkan bahwa orang yang jarang berolahraga memiliki risiko osteoporosis yang jauh lebih besar. Oleh karena itu, jika Anda ingin menjaga kesehatan tulang mulailah melakukan aktivitas fisik. Beberapa aktivitas fisik yang cocok untuk menjaga kesehatan tulang yaitu jogging, berjalan kaki, angkat beban, dan menaiki tangga. 

  1. Mencukupi asupan kalsium

Kalsium merupakan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tulang. Anda bisa menemukan kalsium pada beberapa makanan seperti, susu, keju, brokoli, okra, kubis, kacang kedelai, tahu, ikan sarden, ikan salmon dan roti yang terbuat dari tepung difortikasi. Kebutuhan kalsium untuk orang dewasa yang disarankan yaitu 1000 miligram per harinya. 

  1. Mencukupi asupan vitamin D

Selain kalsium, Anda juga perlu asupan vitamin D yang berguna untuk meningkatkan penyerapan kalsium. Untuk orang dewasa yang berusia 19-70 tahun disarankan untuk mencukupi asupan vitamin D sebanyak 600 IU setiap harinya. Anda bisa mendapatkan vitamin D dengan cara berjemur di bawah sinar matahari atau mengonsumsi beberapa makanan. Makanan yang bisa Anda konsumsi yaitu, telur, ikan salmon, ikan tenggiri, dan susu bubuk. 

  1. Menghindari konsumsi alkohol

Sudah bukan rahasia lagi, mengonsumsi alkohol terlalu banyak dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan salah satunya tulang. Oleh karena itu, banyak ahli yang menganjurkan untuk menghindari konsumsi alkohol. Hal ini karena mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat mengurangi massa tulang dan meningkatkan risiko patah tulang. Ketika Anda mengonsumsi banyak alkohol, maka dapat membuat Anda mabuk sehingga berisiko tinggi untuk terjatuh yang menyebabkan tulang patah. 

  1. Mengonsumsi sayur

Cara menjaga kesehatan juga yang selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi sayur-sayuran. Hal ini karena sayur-sayuran memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk tulang. Pasalnya, vitamin C dapat membantu merangsang produksi sel pembentuk tulang. Tidak hanya itu, sayuran juga dipercaya mampu meningkatkan kepadatan tulang sehingga terhindar dari osteoporosis. 

  1. Mengontrol asupan kafein

Cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tulang yang terakhir yaitu dengan mengontrol asupan kafein.  Pasalnya, kafein dapat mengurangi kemampuan tubuh menyerap kalsium. Kondisi ini dapat menyebabkan tulang menjadi lebih lemah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggantinya dengan mengonsumsi air putih. Sebenarnya, Anda masih bisa mengonsumsi kafein, tetap dalam batas yang wajar yang tidak berlebihan. 

Itulah dia beberapa cara menjaga kesehatan tulang yang bisa Anda lakukan. Apabila Anda tidak ingin mengalami masalah pada tulang, maka mulailah menerapkan beberapa cara yang telah dijelaskan di atas. Selain itu, Anda juga perlu melakukan  pemeriksaan secara rutin agar kondisi tulang Anda dapat dipantau. Apabila terdapat masalah, maka dapat ditangani dengan lebih cepat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Mengenal Beragam Manfaat Lettuce, Mulai dari Kesehatan Tulang hingga Menurunkan Berat Badan

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Ortopedi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Spritzer, Franziska. 2017. 10 Natural Ways to Build Healthy Bones. https://www.healthline.com/nutrition/build-healthy-bones#TOC_TITLE_HDR_5

Mayo Staff. 2021. Bone health: Tips to keep your bones healthy. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/bone-health/art-20045060

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Ortopedi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang