Bantuan
Free Tele x

Apa Saja Manfaat Jahe Bagi Kesehatan? Temukan Jawabannya Di sini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 14 Dec 2021

Bagikan

Apa Saja Manfaat Jahe Bagi Kesehatan? Cari Tahu Di Sini

Tahukah Anda, ternyata manfaat jahe tidak hanya untuk menghangatkan badan. Selama ini, mungkin banyak dari Anda yang mengetahui bahwa jahe sering dijadikan bumbu masakan atau dibuat menjadi wedang jahe untuk menghangatkan badan. Namun ternyata, jahe menyimpan begitu banyak manfaat bagi kesehatan. 

Kandungan Jahe

Manfaat jahe bagi kesehatan yang begitu banyak datang dari kandungan yang dimilikinya. Setidaknya jahe memiliki kandungan sebagai berikut ini. 

  • Protein

  • Serat

  • Karbohidrat

  • Gula

  • Lemak

  • Vitamin B3

  • Vitamin B6

  • Vitamin C

  • Potassium

  • Magnesium

  • Zinc

  • Zat besi

  • Riboflavin

  • Niacin

  • Fosfor

Manfaat Jahe 

Melihat begitu banyak kandungan gizi yang dimiliki jahe, tidak mengherankan lagi jika jahe memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Lantas apa saja manfaat jahe bagi kesehatan? Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui ragam manfaat yang dimiliki jahe. 

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat jahe bagi kesehatan yang pertama yaitu mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Pasalnya di dalam jahe terdapat kandungan phenolic yang berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, mencegah kontraksi pada perut, menstimulasi air liur dan membantu pergerakan makanan dan minuman ketika berada di sistem pencernaan. Tidak hanya itu, jahe juga disebut sebagai carminative yang membantu pengeluaran gas yang berlebih di dalam pencernaan. 

  1. Mencegah Kanker

Ternyata jahe juga dapat mencegah kanker berkat kandungan gingerol dan phytonutrient. Kandungan ini berperan dalam memberikan  rasa unik pada jahe. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa tikus dengan tumor yang diberikan gingerol memiliki ukuran tumor yang lebih kecil.

Sedangkan tikus yang tidak diberikan gingerol harus disuntik mati karena tumornya sudah terlalu besar. Tidak hanya itu, dalam penelitian tersebut juga menyimpulkan bahwa gingerol mampu mencegah penyebaran sel tumor. 

  1. Meredakan Nyeri Menstruasi

Manfaat jahe yang perlu Anda ketahui selanjutnya yaitu dapat meredakan nyeri menstruasi. Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa jahe dapat meredakan nyeri ketika menstruasi.

Bahkan jahe dianggap memiliki efek yang sama dengan obat asam mefenamat dan ibuprofen. Untuk mendapatkan manfaat jahe yang satu ini, Anda bisa mengonsumsi air jahe sebanyak empat gelas.

Baca Juga: Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan diaphoretic di dalam jahe mampu memicu keluarnya keringat sehingga sangat bermanfaat ketika Anda flu dan demam. Akan tetapi, hal ini juga bermanfaat dalam melindungi diri Anda dari mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi kulit. Tidak  hanya itu, jahe juga memiliki kandungan protein yang disebut sebagai democidin. Protein ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari bakteri yang menyebabkan penyakit kulit. 

  1. Menurunkan Berat Badan

Tahukah Anda, ternyata jahe juga memiliki manfaat dalam menurunkan berat badan. Hal ini dijelaskan dalam sebuah studi bahwa mengonsumsi jahe panas untuk diet akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga menurunkan porsi makan Anda. Tidak hanya itu, studi ini juga menyebutkan bahwa jahe mampu menekan nafsu makan karena dapat meningkatkan metabolisme tubuh serta pembakaran kalori. 

  1. Mengurangi Rasa Sakit Otot

Manfaat jahe bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui selanjutnya yaitu mampu mengurangi rasa sakit otot. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa mengonsumsi suplemen jahe dapat mengurangi sakit otot yang umumnya disebabkan oleh olahraga. Bahkan hasil dari penelitian tersebut menyebutkan rasa sakit dapat berkurang hingga 25%. Manfaat ini berkat efek anti peradangan yang ada di dalam jahe. 

  1. Mengatasi Osteoarthritis

Manfaat jahe yang perlu Anda ketahui yang terakhir yaitu dapat mengatasi osteoarthritis. Osteoarthritis itu sendiri merupakan suatu kondisi di mana terjadi nyeri sendi atau kekakuan sendi yang disebabkan oleh obesitas, cedera dan penuaan sendi. Dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa kondisi ini dapat diatasi dengan mengonsumsi ekstrak jahe. Anda juga bisa menggunakan minyak terapi yang mengandung jahe untuk mengatasi kondisi ini.

Nah itulah dia beberapa manfaat jahe bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Perlu diperhatikan, tidak semua orang dapat mengonsumsi jahe. Beberapa orang yang sebaiknya menghindari jahe yaitu ibu hamil dan menyusui, penderita penyakit jantung, penderita gangguan pembekuan darah dan juga penderita diabetes.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Tidak Hanya Baik Untuk Pencernaan, Berikut Ini Manfaat Wedang Uwuh Lainnya

 

Sumber:

1. Goldman, Rena. 2019. A Detailed Guide to Ginger: What’s in It, Why It’s Good for You, and More.

2. Leech, Joe. 2021. 11 Proven Health Benefits of Ginger.

3. MacMillian, Amanda. 2019. How Ginger Fights Body Fat.

Bagikan artikel ini