Bantuan
Free Tele x

Menu Makanan Bagi Penderita Asam Urat Dan Kolesterol

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Dec 2021

Bagikan

Menu Makanan Bagi Penderita Asam Urat Dan Kolesterol

Tentunya, menu makanan bagi penderita asam urat dan kolesterol tidaklah sembarang. Karena ditakutkan beberapa makanan, justru akan semakin berbahaya apabila jika dikonsumsi penderita asam urat dan kolesterol. Akan tetapi, ada beberapa makanan yang cocok untuk penderita asam urat dan juga kolesterol untuk menurunkan asam urat serta meredakan nyeri. Lantas apa saja makanan tersebut? Berikut ini beberapa menu makanan bagi penderita asam urat dan kolesterol yang perlu Anda ketahui.

  1. Berasa Merah

Menu makanan bagi penderita asam urat dan kolesterol yang pertama yaitu beras merah. Hal ini karena, beras merah memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi tetapi kadar gula dan juga kalori yang rendah, sehingga dapat menurunkan asam urat di dalam tubuh. Tidak hanya itu, serat yang dimiliki beras merah juga dapat memberikan energi bagi penderita asam urat. Apabila Anda tidak menyukai tekstur dari beras merah, maka Anda bisa mencampurkannya dengan beras putih sehingga enak untuk dimakan. 

  1. Ikan Salmon

Menu makanan bagi penderita asam urat dan kolesterol yang selanjutnya yaitu ikan salmon. Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki nutrisi dan juga gizi yang baik untuk dikonsumsi penderita asam urat. Selain itu, ikan salmon juga memiliki kadar purin yang sehingga sehingga aman untuk dikonsumsi penderita asam urat. Tidak hanya itu, ikan salmon juga memiliki lemak tak jenuh dan omega 3 yang sangat baik untuk penderita kolesterol dan komplikasi penyakit kolesterol lainnya. 

  1. Buah Apel

Buah apel juga merupakan menu makanan bagi penderita asam urat dan kolesterol. Buah alpukat tidak hanya dapat dikonsumsi penderita asam urat, namun juga dapat menurunkan kolesterol tinggi di dalam tubuh. Di dalam buah apel terdapat kandungan zat asam malat yang dapat menetralkan kandungan asam urat. Tidak hanya itu, buah apel juga dapat membuang asam urat melalui urin. Buah apel ini sangat disarankan bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga mampu menangkal radikal bebas dan mencegah munculnya berbagai penyakit. 

Baca Juga: Mari Berkenalan dengan Berbagai Macam Manfaat Apel

  1. Buah Alpukat

Menu makanan bagi penderita asam urat dan kolesterol yang selanjutnya  yaitu buah alpukat. Buah alpukat memiliki kandungan gula yang sedikit, dan kandungan yang dapat meningkatkan sifat basa tubuh. Hal inilah yang membuat buah alpukat secara otomatis akan mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh. Tidak hanya itu, buah alpukat juga memiliki kandungan lemak tak jenuh yang baik untuk penderita kolesterol karena mampu menggantikan kolesterol jahat. Apabila Anda ingin mengonsumsinya, buah alpukat dapat diolah menjadi jus ataupun salad. 

  1. Buah Pisang

Buah pisang merupakan salah satu buah yang paling mudah dan sering Anda temui. Namun, buah pisang memiliki kandungan yang sangat baik untuk tubuh. Buah pisang memiliki kandungan berupa kalium yang tinggi, kadar alkali yang tinggi dan juga gula yang rendah sehingga mampu menurunkan kadar asam urat. Tidak hanya itu, zat kalium yang terdapat dalam pisang merupakan sumber kalium tertinggi dari seluruh buah dan mampu menyerap asam urat dan membuangnya melalui urin. 

  1. Seledri

Menu makanan bagi penderita asam urat dan kolesterol yang selanjutnya yaitu seledri. Daun seledri memiliki kandungan berupa komponen yang bermanfaat seperti, apiol, flavonoid dan juga glikosida yang dapat mengurangi nyeri akibat asam urat. Cara mengonsumsi daun seledri ini cukup dengan merebus daun yang sudah dicuci. Setelah itu, saring air rebusan di dalam gelas. Dan yang terakhir, Anda hanya perlu meminumnya. 

  1. Buah Delima

Menu makanan bagi penderita asam urat dan kolesterol yang terakhir yaitu buah delima. Buah delima ini dapat berfungsi untuk mengurangi plak di dalam arteri yang menyebabkan asam urat tinggi. Hal inilah yang membuat delima cocok untuk dijadikan menu makanan bagi penderita asam urat. 

Nah, itulah beberapa menu makanan bagi penderita asam urat dan kolesterol yang perlu Anda ketahui. Apabila Anda mengalami penyakit asam urat, segeralah ubah pola makan dan pola hidup Anda menjadi lebih sehat. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mari Mengenal Seluk Beluk Asam Urat Normal dan Cara Menjaganya Agar Tetap Normal

 

Sumber:

Uric Acid diet: These foods will help you keep uric acid at normal levels. (2021).

Bagikan artikel ini