Cari Tahu Cara Menambah Tinggi Badan dengan Cepat Secara Alami di Sini!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Nov 2021

Bagikan

Cari Tahu Cara Menambah Tinggi Badan dengan Cepat Secara Alami di Sini!

Terdapat cara menambah tinggi badan yang mudah dan alami, yang bisa anda lakukan. Terdapat banyak faktor yang membuat tinggi badan anda bertambah, yang mana disebutkan bahwa 60 persen sampai 80 persen diantaranya berasal dari faktor genetik. Sementara itu, nutrisi, lingkungan dan juga olahraga menjadi faktor lainnya yang dapat memengaruhi tinggi badan. Menambahkan tinggi badan dengan cepat bisa dilakukan dari sejak usia 1 tahun, sampai masa pubertas. Beberapa hormon yang memengaruhi tinggi badan yakni seperti hormon HGH atau hormon pertumbuhan manusia, hormon seks, dan juga hormon tiroid. 

Baca Juga: Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Tinggi Badan Anak?

Cara alami menambah tinggi badan 

Ada banyak cara menambah tinggi badan, secara mudah alami, tetapi tetap menyehatkan. Perlu anda perhatikan bahwa cara di bawah ini disarankan untuk dilakukan dengan rutin agar hasil yang didapatkan maksimal. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menambah tinggi badan anda.

  1. Mengonsumsi makanan dengan kandungan tinggi kalsium

Mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi menjadi salah satu cara menambah tinggi badan yang bisa anda coba. Kalsium adalah kandungan zat yang dibutuhkan guna membangun kepadatan tulang. Guna membangun serta memelihara tulang yang kuat maka manusia memerlukan asupan kalsium. Hampir 100 persen kalsium dalam tubuh, berada pada tulang dan gigi. Kalsium ini sangatlah penting dalam pengembangan, pemeliharaan, dan pertumbuhan tulang Anda. Kalsium itu sendiri secara alami dapat anda temukan pada banyak makanan, yakni seperti buah, sayur, daging, ikan, dan susu serta produk olahan lainnya. 

  1. Minum air mineral 

Seperti yang kita ketahui bahwa air menjadi faktor yang penting untuk tubuh, yang mana tubuh mengandung racun yang perlu untuk dikeluarkan. Pada proses inilah, air memiliki peran penting, yakni membantu tubuh mengeluarkan banyaknya racun. Namun, tidak kalah penting, air juga memiliki peran untuk menambah tinggi badan dengan cepat. Ketika tubuh bebas dari racun serta metabolisme yang menjadi baik maka pertumbuhan tinggi badan bisa meningkat dengan cepat. Air mineral yang mudah diserap dan kandungan yang tinggi dalam tubuh, menjadi penyebab mengapa air mineral baik untuk anda yang ingin dengan cepat tinggi badannya bertambah. 

  1. Tidur cukup

Ketika tidur tubuh anda akan melepaskan hormon yang mendukung pertumbuhan. Tentu saja, produksi hormon HGH ini bisa menurun jika anda asupan tidur yang Anda butuhkan kurang. Maka dari itu, tidur yang cukup menjadi salah satu cara menambah tinggi badan yang mudah untuk anda lakukan. Tak hanya mudah, namun cara ini akan cepat terlihat hasilnya jika dilakukan dengan konsisten. Tidur yang cukup menjadi cara yang mudah dan cepat karena hormon HGH, melakukan tugasnya, yakni memperpanjang serta menebalkan tulang saat Anda tidur. 

  1. Posisi tidur

Cara menambah tinggi badan selanjutnya, yakni perhatikan posisi tidur. Hal ini karena posisi tidur akan memengaruhi pertumbuhan tinggi badan Anda. Terdapat beberapa posisi tidur yang mana justru akan membuat postur badan Anda menjadi bungkuk, bahkan menyebabkan terhambatnya pertumbuhan tulang. Lalu seperti apa posisi tidur yang benar guna menambah tinggi badan dengan mudah? yaitu dengan badan menghadap atas serta posisi terlentang, tidak memeluk bantal guling. 

  1. Lakukan peregangan dengan rutin

Cara selanjutnya adalah melakukan peregangan dengan rutin, yang mana menjadi salah satu cara paling mudah untuk menambah tinggi badan. Olahraga yang dilakukan bertujuan untuk memperoleh tinggi badan yang baik dikarenakan pertumbuhan ternyata dipicu saat tubuh melakukan peregangan. Peregangan memiliki tujuan guna membuat otot menjadi nyaman dan lemas, Anda bisa melakukannya ketika sebelum dan sesudah olahraga. Jika anda melakukan peregangan ketika bangun tidur juga dapat menambat tinggi badan dengan mudah. Terdapat banyak gerakan peregangan yang bisa anda lakukan setiap harinya, tentu saja gerakannya pun sangat mudah untuk dilakukan. 

Beberapa cara yang disebutkan diatas perlu Anda lakukan dengan rutin dan konsisten agar hasil yang anda dapatkan juga optimal. Anda dapat melakukan konsultasi dengan ahli kesehatan tentang cara mana yang bisa dan aman dilakukan. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: 3 Cara Mengukur Tinggi Badan Tanpa Menggunakan Stadiometer

 

Referensi:

 

Healthline

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi