Salah Satu Faktor Terjadinya Penyakit Serius, Jangan Anggap Remeh Bahaya Stres

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Dec 2021

Bagikan

Salah Satu Penyebab Penyakit Serius, Berikut Bahaya Stres!

Tahukah anda bahwa ada penyakit yang menanti, karena dampak bahaya stres. Stres tidak hanya membuat emosional menjadi tidak nyaman. Namun, penelitian menemukan banyak masalah kesehatan yang berhubungan dengan stres. Stres tampaknya akan memperburuk atau meningkatkan risiko penyakit seperti depresi, obesitas, penyakit jantung, diabetes, masalah pencernaan, dan asma.

Stres berkepanjangan akan membuat tubuh anda dalam kondisi kesiapan terus-menerus untuk melakukan aktivitas fisik. Ketika tubuh tidak memiliki waktu untuk membangun kembali keseimbangan, maka akan menyebabkan tubuh terlalu banyak bekerja dan sistem kekebalan tubuh melemah. 

Hal ini membuat tubuh anda rentan terkena penyakit. Banyak proses tubuh yang penting menjadi terganggu dan risiko masalah kesehatan akan semakin meningkat. Penyakit yang berkaitan dengan bahaya stres adalah seperti sulit tidur, penyakit autoimun, dan masalah jantung. 

Penyakit yang Berkaitan Dengan Stres

Berikut beberapa penyakit yang berkaitan dengan bahaya stres :

  1. Penyakit jantung, para peneliti sudah lama menduga bahwa orang yang memiliki tingkat stres tinggi, memiliki risiko lebih tinggi terkena tekanan darah tinggi dan masalah jantung. Stres dapat secara langsung meningkatkan detak jantung dan aliran darah. Tak hanya itu, stres juga dapat menyebabkan pelepasan kolesterol ke dalam aliran darah. Beberapa faktor lainnya seperti merokok dan obesitas juga dapat semakin meningkatkan risiko penyakit jantung. Perlu diperhatikan, bahwa orang yang memiliki masalah jantung kronis, harus menghindari stres akut. Juga harus belajar bagaimana mengelola stres hidup yang mungkin sulit dihindari.

  2. Asma, penelitian menunjukkan bahwa stres dapat memperburuk asma. Bahkan, stres kronis pada orang tua dapat meningkatkan risiko asma pada anak-anak. Tak hanya stres, faktor seperti polusi udara dan ibu yang merokok selama kehamilan juga meningkatkan risiko anak terkena asma. Anak-anak dengan orang tua yang mengalami stres lebih berisiko terkena asma.

  3. Diabetes, bahaya stres juga dapat menyebabkan diabetes atau kelebihan gula. Stres dapat memperburuk diabetes, karena meningkatkan kemungkinan perilaku buruh seperti makan tidak sehat dan minum berlebihan. Dikatakan bahwa stres juga mampu meningkatkan kadar glukosa penderita diabetes tipe 2 secara langsung. 

  4. Obesitas atau kegemukan, dimana stres menyebabkan tingkat hormon kortisol yang lebih tinggi. Hal ini dikatakan dapat menyebabkan meningkatnya jumlah lemak pada perut. Kelebihan lemak pada perut lebih menimbulkan risiko kesehatan yang lebih besar, dibandingkan dengan lemak pada bagian kaki atau pinggul.

  5. Sakit kepala, stres menjadi salah satu faktor penyebab sakit kepala paling umum, bukan hanya sakit kepala karena tegang, namun juga migrain. 

  6. Depresi dan kecemasan, stres kronis berhubungan dengan tingkat depresi dan kecemasan yang tinggi. Survei menunjukan bahwa orang yang mengalami stres berat karena pekerjaan, memiliki risiko 80% lebih tinggi terkena depresi dalam beberapa tahun ke depan, dibandingkan dengan orang yang tingkat stresnya lebih rendah.

  7. Penuaan lebih cepat, bahaya stres dapat menyebabkan bagian tertentu dari kromosom menunjukkan efek penuaan yang dipercepat. Hal ini berdasarkan studi yang membandingkan DNA ibu yang mengalami stres dengan wanita yang tidak stres.

Baca Juga: Kasus COVID-19 Terus Naik, Begini Cara Mencegah Stres atau Takut Karena Covid

Jadi kenapa bahaya stres dapat terjadi? Mengapa stres dapat mempengaruhi penyakit? Stres bukan hanya perasaan, bukan hanya ada di kepala. Stres merupakan respon fisiologis terhadap ancaman. Bahaya stres dapat membuat pembuluh darah menyempit, tekanan darah dan nadi meningkat, napas lebih cepat, serta aliran darah dibanjiri dengan hormon seperti kortisol dan adrenalin.

Cara Mengelola Stres

Agar terhindar dari bahaya stres, lakukan beberapa hal ini untuk membantu mengelola stres:

  1. Lepaskan ketegangan fisik dengan berdiri saat anda bekerja, naik tangga, atau berjalan kaki lima menit.

  2. Gunakan headphone untuk mendengarkan musik di tempat kerja, saat istirahat makan siang, atau saat di perjalanan.

  3. Bicara saat mengalami masalah stres, ini akan membantu melepaskan kecemasan dan mungkin akan membantu anda menemukan solusi dari masalah yang menjadi penyebab stres anda.

Jangan anggap remeh bahaya stres, karena kondisi kesehatan anda juga akan terpengaruh. Rajin berolahraga, atau melakukan aktivitas yang menenangkan pikiran dapat menjadi cara anda mengatasi stres.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Pentingnya Manajemen Stres Serta Tips untuk Melakukannya

 

Referensi:

1. https://www.healthline.com/health/what-is-stress-related-illness#stress-management

2. https://www.webmd.com/balance/stress-management/features/10-fixable-stress-related-health-problems

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi