Bantuan

Berbagai Manfaat Buah Plum yang Tidak Bisa Anda Lewatkan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 07 Jan 2022

Bagikan

Berbagai Manfaat Buah Plum yang Tidak Bisa Anda Lewatkan

Sudahkah Anda tahu apa manfaat buah plum? Bagi sebagian masyarakat Indonesia, mungkin belum terlalu familier dengan buah yang satu ini. Namun beberapa waktu yang lalu, buah ini mulai dikenal terutama di kalangan wanita karena dianggap mampu menurunkan berat badan. Namun, manfaat yang didapatkan dari  buah ini tidak hanya itu saja. Masih banyak lagi manfaat buah plum yang tidak bisa Anda lewatkan

Cara Mengkonsumsi Buah Plum

Cara yang paling mudah untuk memakan buah plum ini adalah di makan langsung. Jika buah plum sudah matang, maka langkah pertama yaitu mencuci buah plum terlebih dahulu. Kemudian dibelah dan dibuang bijinya.

Jika Anda ingin berkreasi dengan buah plum ini, tentu saja bisa. Buah plum bisa diolah menjadi berbagai olahan seperi acar plum, selai plum, jus atau smoothies plum, dan masih banyak lagi. Rasa manis dan segar dari buah plum ini sangat cocok untuk kamu pecinta makanan manis.

Manfaat Buah Plum

Lalu apa saja manfaat buah plum yang tidak bisa dilewatkan tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, ikuti terus penjelasan manfaat buah plum di bawah ini. 

  1. Membantu menurunkan berat badan

Buah plum sering kali disebut-sebut dapat menurunkan berat badan, bahkan dijual sebagai suplemen penurun berat badan. Manfaat ini berasal dari kandungan seratnya yang cukup tinggi dan indeks glikemik yang rendah. Dengan serat yang terdapat di buah plum ini maka akan lamat untuk dicerna. Selain itu, indeks glikemik yang rendah akan membuat Anda kenyang lebih lama dengan cara mengatur pelepasan kadar gula darah. Dengan begitu, Anda akan bisa mengontrol nafsu makan. 

Baca Juga: Tidak Memiliki Waktu Berolahraga? Ini Dia Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

  1. Menjaga kesehatan tulang

Buah plum memiliki kandungan mineral boron yang dapat memperpanjang daya tahan vitamin D serta estrogen. Berkat hal tersebut, buah plum bermanfaat dalam membangun tulang dan otot tetap kuat. Dalam sebuah studi bahan disebutkan buah plum kering mampu mencegah hilangnya massa tulang pada wanita pascamenopause. 

Baca Juga: 7 Kebiasaan yang Bahaya bagi Tulang Belakang Ini Harus Segera Dihentikan

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah plum ini yaitu mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini berkat kandungan antioksidan dalam buah plum yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan yang tinggi ini, mampu mencegah berbagai kerusakan sel yang umumnya disebabkan oleh radikal bebas. Tidak hanya itu,  kandungan antioksidan ini juga mampu menjaga kesehatan tulang dan m mencegah diabetes. Oleh karena itu, rutin mengonsumsi buah plum ini akan membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit.

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah plum memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dengan serat yang dimiliki buah plum ini, maka feses akan dipadatkan dan proses pembuangan akan menjadi lebih lancar. Dengan begitu, buah plum dapat mengatasi sembelit dan mengurangi risiko kanker pada sistem pencernaan seperti kanker usus besar. Tidak hanya itu, buah plum juga memiliki kandungan serat tidak larut yang akan melestarikan bakteri baik yang berada di dalam usus besar. 

  1. Menyehatkan jantung

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah plum yaitu mampu menyehatkan jantung. Manfaat ini berasal dari kandungan  kalium, serat dan antioksidan yang tinggi dalam buah plum. Cara kerjanya yaitu dengan mengurangi tekanan darah dan juga kadar kolesterol. Kedua hal ini merupakan faktor utama terjadinya penyakit jantung. Oleh karena itu, ketika kadar kolesterol dan tekanan darah rendah, maka jantung dapat berfungsi dengan baik dan maksimal. 

Baca Juga: Wajib Anda Ketahui, Ini Pantangan Makanan Penyakit Jantung

  1. Menjaga kesehatan mata

Tahukah Anda, ternyata buah plum juga mampu menjaga kesehatan mata. Pasalnya, buah plum memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A itu sendiri merupakan nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan mata. Oleh karena itu, pastikan Anda mencukupi asupan vitamin A agar mata tetap sehat. Terutama di zaman serba teknologi ini, membuat mata Anda menjadi lebih sering menatap layar baik, komputer maupun smartphone

  1. Menurunkan risiko PPOK

Manfaat buah plum yang tidak boleh Anda lewatkan terakhir yaitu mampu menurunkan risiko  PPOK. PPOK itu sendiri merupakan penyakit paru obstruktif kronis yang menyebabkan masalah pada pernapasan. Penyebab paling utama dari penyakit ini yaitu kebiasaan merokok. Namun, dengan kandungan antioksidan dalam buah plum mampu melawan kerusakan yang disebabkan rokok. Dengan begitu, risiko PPOK dapat menurun. Namun, alangkah baiknya agar Anda berhenti merokok. 

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat buah plum yang tidak boleh Anda lewatkan. Perlu diingat, walaupun buah ini memiliki banyak manfaat bukan berarti Anda hanya mengandalkan buah plum ini. Anda harus tetap menjalani pola hidup sehat dan rajin beraktivitas fisik untuk mendapatkan kesehatan. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Referensi
  1. Elliot, Brianna. 2017. 7 Health Benefits of Plums and Prunes. 
  2. Bonvissuto, Danny. 2020. Plum.
Bagikan artikel ini