Bantuan

Manfaat Telur dan Resep Diet Telur Rebus agar Tidak Membosankan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 22 Jul 2021

Bagikan

Ketahui Jumlah Kalori Telur Rebus & Manfaatnya Untuk Diet

Jumlah kalori telur rebus sebenarnya sangat cocok jika ingin menjadikannya sebagai menu diet. Diet telur rebus, apakah Anda pernah mendengarnya? Di masa saat ini, banyak orang yang melakukan diet untuk mendapatkan postur tubuh yang diinginkan.

Namun, menurut dr. Richard Lee, banyak orang yang salah dalam melakukan diet sehingga tidak mendapatkan gizi yang seimbang. Padahal diet yang sehat adalah diet yang bisa mempertahankan postur tubuh sekaligus menyehatkan.

Salah satu diet yang dianggap sehat adalah mengonsumsi telur rebus. Hal ini karena telur mengandung protein yang masuk ke dalam pola makan sehat. Tidak heran jika telur rebus dipercaya dapat menurunkan berat badan.

Manfaat Diet Telur Rebus untuk Tubuh

Masih sedikit yang tahu manfaat mengonsumsi telur rebus untuk tubuh. Padahal, telur memiliki kandungan beberapa vitamin, salah satunya vitamin D. Selain itu, telur mempunyai kandungan mineral yang penting saat melakukan diet sehat. Tidak hanya itu saja, telur menjadi salah satu makanan yang mudah didapatkan dengan harga murah.

Tidak heran jika banyak yang mencoba mengkonsumsi telur rebus untuk menurunkan bobot badan lantaran sehat dan murah. Belum lagi ada beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan dari telur.

Pertama, mengkonsumsi telur bisa membuat otot menjadi kuat karena kandungan proteinnya. Kedua, telur bisa menjaga kesehatan otak, memproduksi energi, dan membuat sistem kekebalan tubuh yang sehat melalui vitamin di dalam telur.

Ada lagi manfaat lainnya dari telur, yaitu menurunkan risiko penyakit jantung, menjaga kehamilan agar sehat, dan menjaga kesehatan mata. Jika Anda ingin merawat kulit, maka Anda juga bisa memperhatikan pola makan dan makanan yang dikonsumsi.

Salah satunya telur rebus. Karena kandungannya mampu mencegah terjadinya kerusakan jaringan pada tubuh. Alhasil, kesehatan kulit pun menjadi meningkat.

Baca Juga: Amankah Kandungan Kolesterol dalam Telur?

Resep Diet Telur Rebus yang Bisa Dicoba

Setelah mengetahui manfaat telur di atas, apakah Anda masih yakin untuk tidak mencoba diet tersebut? Jika Anda ingin mencoba diet ini, ada beberapa ide resep yang bisa Anda coba setiap harinya. Tentunya hal ini bisa membuat diet terasa lebih menyenangkan dan tidak membosankan meski mengkonsumsi telur rebus setiap hari.

1.  New American Deviled Eggs

Salah satu ide atau resep yang bisa Anda coba adalah New American Deviled Eggs. Jenis makanan ini akan menggunakan mayo yang rendah akan lemak. Selain itu, tambahan yoghurt bebas lemak juga digunakan. Tujuannya untuk mengurangi kalori dengan cara mengemas dalam rasa jahe, bubuk kari, dan saus pedas.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat variasi makanan ini adalah telur rebus, jahe, saus cabai, bawang hijau, kentang panggang, yoghurt bebas lemak, dan mayones rendah lemak. Kalori yang terdapat dalam makanan ini adalah 34 kalori.

2.  Sandwich Musim Panas dengan Telur dan Ikan Teri

Ide resep kedua untuk diet telur rebus adalah sandwich. Sandwich memberikan rasa yang gurih sehingga membuat Anda tidak akan bosan saat diet. Anda juga bisa menambahkan telur rebus untuk menciptakan rasa dan tekstur yang lembut. Kalori yang bisa Anda dapatkan dari makanan ini adalah 341 kalori.

Bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk membuat sandwich adalah roti kering, bawang putih, paprika oranye, tomat ceri, bawang merah, minyak zaitun hitam, telur rebus, caper, dan peterseli. Anda bisa mengganti beberapa bahan jika ada yang tidak Anda sukai.

3.  Bakso Chipotle Isi

Ingin mencoba resep yang cukup unik? Anda bisa membuat bakso chipotle isi. Menambahkan telur pada bakso bisa membuat tekstur rendah kalori. Uniknya lagi, telur tersebut tidak akan mengubah cita rasa pada daging. Makanan ini akan menambahkan lapisan pedas ke saus yang cepat diserap oleh nasi.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat variasi makanan ini adalah telur, nasi putih, bawang merah, telur rebus, daging sapi giling, saus tomat, kaldu ayam, cabai chipotle, daun salam, bawang putih, dan ketumbar. Kalori dalam makanan tersebut adalah 493 kalori.

4.  Pizza Telur Muffin Inggris

Salah satu ide resep yang bisa Anda coba saat melakukan diet adalah membuat pizza telur muffin Inggris. Makanan ini mengkombinasikan tomat, oregano, dan mozarella tang membuat rasa telur menjadi ringan. Bahan yang dibutuhkan pun hanya minyak zaitun, irisan tomat, telur rebus, oregano, mozzarella, dan English-muffin.

Sebelum melakukan diet telur rebus, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter. Hal ini karena beberapa orang dengan penyakit tertentu tidak diperbolehkan makan telur. Apalagi jika Anda mempunyai alergi terhadap telur.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Dan Risiko Melakukan Diet Tinggi Protein

 

Referensi :

1. McIntosh, James. Everything You Need to Know About Eggs. 2019.

2. https://www.medicalnewstoday.com/articles/283659#nutrition

3. Mayo Clinic. Boiling Down the Dietary Guidelines. 2021.

4. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/dietary-guidelines/art-20045584 

Bagikan artikel ini