Bantuan

Tidak Memiliki Waktu Berolahraga? Ini Dia Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 16 Dec 2021

Bagikan

Ketahui Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Apakah Anda tahu bagaimana cara menurunkan berat badan tanpa olahraga? Memiliki berat badan ideal adalah impian banyak orang. Akan tetapi, tidak semua orang bisa berolahraga dengan rutin, baik karena terlalu sibuk atau lain sebagainya. Walaupun begitu, menurunkan berat badan tetap bisa dilakukan walaupun tanpa berolahraga. 

Lantas bagaimanakah cara menurunkan berat badan tanpa olahraga? Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat menurunkan berat badan. 

  1. Jangan Lewatkan Sarapan

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang bisa Anda lakukan pertama yaitu jangan melewatkan sarapan. Hal ini karena tubuh memerlukan energi untuk beraktivitas seharian. Apabila Anda melewatkan sarapan, maka Anda akan memulai hari dengan energi yang kosong.

Kondisi ini akan membuat Anda memiliki nafsu makan ataupun ngemil yang tinggi baik di siang hari maupun malam hari. Tidak hanya itu, ketika sarapan sebaiknya Anda mengonsumsi makanan-makanan bergizi seperti roti panggang atau telur. 

  1. Makan Dalam Porsi Kecil

Ketika makan, sebaiknya ambil makanan dalam porsi kecil. Apabila sulit dilakukan, cobalah ganti piring makanan Anda dengan piring yang lebih kecil. Walaupun sepele, namun hal ini mampu mensugesti dan membuat Anda terbiasa makan dengan porsi yang lebih kecil. Selain itu, Anda juga perlu mengunyah makan dengan perlahan. Pasalnya, mengunyah makanan dengan cepat dapat meningkatkan risiko berat badan bertambah.  

  1. Puasa Berjangka

Hal yang bisa Anda lakukan selanjutnya dapat menurunkan berat badan tanpa olahraga yaitu puasa berjangka atau intermittent fasting. Puasa berjangka itu sendiri merupakan puasa dalam jangka pendek dengan mengatur pola makan dan hanya mengonsumsi makanan dalam periode singkat.

Salah satu metodenya yaitu 16/8 atau puasa selama 16 jam dan makan selama 8 jam. Dalam sebuah penelitian disebutkan bawah intermittent fasting ini dapat menurunkan berat badan setelah dilakukan selama 24 minggu. 

Baca Juga: Intermittent Fasting, Cara Efektif Menurunkan Berat Badan

  1. Mengonsumsi Makanan Berserat

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi serat lebih banyak. Hal ini karena serat mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat menahan nafsu makan. Pasalnya, serat mampu memperlambat pencernaan sehingga lambung menjadi tidak cepat kosong.

Oleh karena itu, serat secara tidak langsung akan membantu Anda menurunkan berat badan. Beberapa makanan yang menjadi sumber serat yaitu sayur, buah-buahan, kacang-kacangan, dan sereal. 

  1. Batasi Konsumsi Karbohidrat

Apabila Anda ingin menurunkan berat badan, sebaiknya batasi asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Selain membatasi karbohidrat, sebaiknya Anda mengonsumsi lebih banyak protein serta serat sehingga asupan nafsu makan berkurang.

Membatasi konsumsi karbohidrat ini mampu mempercepat penurunan berat badan hingga 3 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan membatasi lemak. Akan tetapi, dalam melakukan pembatasan karbohidrat sebaiknya dikontrol dengan baik, karena dapat memicu berbagai risiko penyakit jika tidak dilakukan dengan baik. 

  1. Perbanyak Asupan Protein

Hal yang perlu Anda lakukan dalam menurunkan berat badan yang selanjutnya yaitu memperbanyak asupan protein. Hal ini karena, protein mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga mampu mengontrol nafsu makan. Selain itu, mengonsumsi protein yang tinggi mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga mampu membakar 80-100 kalori per harinya. Protein juga berguna dalam pembentukan massa otot. 

  1. Kurangi Asupan Kalori

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang terakhir yaitu dengan mengurangi asupan kalori. Cara ini cukup penting Anda lakukan, bahkan wajib untuk Anda lakukan jika ingin menurunkan berat badan. Anda bisa mengurangi asupan kalori dari kebutuhan kalori harian Anda. Akan tetapi, kebutuhan kalori harian setiap orang berbeda-beda, untuk mengetahuinya Anda bisa berkonsultasi dengan dokter gizi terlebih dahulu.

Itulah dia beberapa cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang bisa Anda lakukan. Mengingat cara ini dilakukan tanpa olahraga, Anda perlu melakukannya dengan konsisten dan bersabar untuk mendapatkan hasilnya. Selain itu, jika Anda memiliki waktu sempatkan lah melakukan olahraga sesekali, walaupun hanya olahraga ringan seperti bersepeda selama 30 menit. Pasalnya, olahraga tidak hanya berguna untuk menurunkan berat badan, namun juga menjaga kesehatan tubuh.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Perhatikan Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Berolahraga Bagi Anda Pejuang Diet

 

Sumber: 

1. Bjarnadottir, Adda. 2017. 30 Easy Ways to Lose Weight Naturally (Backed by Science).

2. Ideal You. 2020. How To Lose Weight Without Working Out: 60+ Proven Tip.

3. Palsdottir, Hrefna. 2018. 11 Proven Ways to Lose Weight Without Diet or Exercise.

Bagikan artikel ini