Bantuan
Bantuan

7 Kebiasaan yang Bahaya bagi Tulang Belakang Ini Harus Segera Dihentikan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Oct 2021

Bagikan

7 Kebiasaan yang Bahaya bagi Tulang Belakang Ini Harus Segera Dihentikan

Tahukah Anda, ternyata ada banyak kebiasan yang bahaya bagi tulang belakang yang mungkin sering Anda lakukan. Padahal, tulang belakang memiliki fungsi yang dapat membantu Anda bisa berdiri tegak, menyangga badan, dan berperan penting dalam sistem saraf. Apabila terjadi cedera atau kerusakan pada tulang belakang, dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan secara menyeluruh. 

Overview tulang belakang

Tulang belakang merupakan bagian dari rangka aksial manusia atau dikenal juga dengan tulang punggung. Tulang belakang terdiri dari tiga segmen yang terdiri dari  segmen servikal, segmen lumbal, dan segmen torakal. Pada ketiga segmen tersebut terdapat 33 ruang tulang ruang yang dikelilingi oleh saraf, otot yang kuat, dan tendon yang terhubung dengan bagian tubuh lainnya. 

Di dalam tulang belakang juga terdapat sumsum tulang serta saraf yang beroperasi dari punggung bawah hingga tengkorak. Selain itu, terdapat juga bukaan sebagai tempat keluarnya cabang saraf yang berperan dalam menyampaikan pesan antara otak dan otot di sepanjang tulang belakang

Kebiasaan yang Bahaya bagi Tulang Belakang

Melihat pentingnya fungsi tulang belakang pada kehidupan manusia maka perlu dijaga kesehatannya. Namun ternyata, banyak yang belum tahu apa saja kebiasan yang dapat menimbulkan masalah pada tulang belakang. Berikut ini beberapa kebiasaan yang berbahaya bagi tulang belakang. 

  1. Olahraga yang berlebihan

Olahraga pada dasarnya merupakan suatu hal yang baik dan dapat menyehatkan tubuh. Akan tetapi, olahraga yang berlebihan atau terlalu keras justru dapat menyebabkan masalah pada kesehatan, terutama olahraga angkat beban yang tidak dilakukan dengan tepat dan berlebih dapat menyebabkan cedera tulang belakang. Oleh karena itu, Anda perlu membatasi waktu olahraga dan gunakan  instruktur agar gerakan yang Anda lakukan tepat. 

  1. Kebiasaan Merokok

Mungkin banyak dari Anda tidak menyadari ternyata kebiasaan merokok merupakan kebiasaan yang berbahaya bagi tulang belakang. Hal ini terjadi karena rokok dapat menghambat sirkulasi darah menuju tulang belakang sehingga nutrisi yang dibutuhkan tidak terpenuhi. Apabila Anda sudah mulai merasakan sakit maka segeralah untuk menghentikan kebiasan merokok. 

  1. Salah posisi saat menggendong anak

Apabila Anda menggendong anak dengan cara yang tepat maka tidak akan menyebabkan masalah pada tulang belakang. Namun, jika cara yang Anda lakukan salah maka bisa menyebabkan timbulnya rasa sakit pada bagian punggung. Namun, banyak yang tidak menyadari kebiasan yang bahaya ini dan terus mengulang kebiasaan yang berbahaya tersebut. 

  1. Terlalu sering menggunakan sepatu hak tinggi

Kebiasaan yang bahaya bagi tulang belakang yang selanjutnya, yaitu terlalu sering menggunakan sepatu hak tinggi. Mengapa demikian? Hal ini karena pada saat Anda menggunakan hak tinggi maka otot yang digunakan adalah otot punggung. Apabila kondisi ini berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama maka dapat menimbulkan rasa sakit pada tulang belakang. 

Baca Juga: Pentingnya Mengetahui Cara Menjaga Kesehatan Tulang Sejak Dini!

  1. Bertumpu pada tulang belakang saat mengangkat barang

Kebiasaan berikut ini paling sering dijumpai dan dilakukan oleh  banyak orang. Banyak yang mencoba mengangkat barang yang berat pada lantai hanya dengan menunduk saja. Cara seperti itu hanya akan memberatkan tugas dari tulang belakang. Jadi,  cara yang tepat, yaitu dengan melebarkan kaki selebar bahu dan lalu jongkok. Setelah itu, pegang benda yang ingin diangkat lalu berdirilah perlahan. 

  1. Bermain smartphone

Ternyata terlalu sering bermain smartphone juga termasuk dalam kebiasaan yang bahaya bagi kesehatan tulang belakang. Pasalnya, saat Anda fokus bermain smartphone maka kepala cenderung selalu menghadap ke depan dan menyebabkan tulang belakang menekuk. 

  1. Postur tubuh yang buruk

Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan tulang belakang semakin tertekan dan menyebabkan rasa sakit. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan cara yang tepat agar postur tubuh Anda menjadi lebih baik. Pertama-tama pastikan Anda menegakkan badan saat berdiri. Setelah itu, hindari terlalu banyak menengadah atau menunduk dan yang terakhir, yaitu menyesuaikan kaki yang sejajar dengan bahu.

Nah, itulah 7 kebiasaan yang bahaya bagi tulang belakang yang perlu Anda hindari. Selain menghindari berbagai kebiasaan yang berbahaya tersebut, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium agar meningkatkan kekuatan tulang. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Apa Saja Mineral dan Vitamin Untuk Tulang Dan Otot Agar Tetap Sehat

 

Sumber:

Mann, Denise. 2020. 5 Everyday Habits That May Hurt Your Spine. 

Truumees, Eeric. 2018. 5 Harmful Habits for Your Spine

Bagikan artikel ini