Bantuan
Free Tele x

Ragam Manfaat Lengkuas yang Tidak Bisa Disepelekan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Jan 2022

Bagikan

Ragam Manfaat Lengkuas yang Tidak Bisa Disepelekan

Bumbu masak yang satu ini memang cukup populer, tetapi hingga kini masih banyak yang menyepelekan manfaat lengkuas. Padahal, lengkuas telah lama digunakan sebagai alternatif pengobatan herbal yang berkhasiat. Lengkuas yang kerap dijadikan bahan pelezat masakan ini dapat mendatangkan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Lantas apa saja manfaat lengkuas bagi kesehatan yang tidak bisa disepelekan tersebut? Sebelum membahas tentang manfaat lengkuas, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai kandungan nutrisi yang ada pada lengkuas itu sendiri.

Kandungan nutrisi lengkuas

Lengkuas sejatinya merupakan akar dari Alpinia officinarum, tanaman yang berasal dari Asia Selatan. Tampak memiliki kulit yang kasar dan beruas serta daging yang terasa keras dan berserat, lengkuas banyak digunakan untuk menyedapkan dan menciptakan bau khas pada masakan. 

Tidak hanya untuk masakan, lengkuas juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Manfaat tersebut sejatinya datang dari kandungan nutrisi lengkuas yang sangat beragam. 

Adapun kandungan nutrisi yang terdapat pada 100 gram lengkuas adalah sebagai berikut.

  • Energi: 26 kkal

  • Karbohidrat: 4,7 gr

  • Serat: 1,1 gr

  • Protein: 1 gr

  • Lemak: 0,3 gr

  • Kalium: 137 mg

  • Kalsium: 50 mg

  • Fosfor: 50 mg

  • Vitamin C: 50 mg

  • Natrium: 24 mg

  • Zat besi: 2 mg

Selain itu, beberapa kandungan nutrisi yang ada pada lengkuas di antaranya adalah vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, dan Zinc. Pada lengkuas juga terdapat kandungan antioksidan serta zat fitokimia yang tentunya sangat berguna untuk tubuh.

Manfaat lengkuas untuk Kesehatan

Berkat kandungan nutrisi yang melimpah, lengkuas tidak hanya dapat menyedapkan masakan, akan tetapi juga memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh. Menurut penelitian ada beberapa manfaat lengkuas untuk kesehatan yaitu:

  1. Meredakan batuk dan sakit tenggorokan

Mungkin Anda pernah melihat gambar lengkuas pada kemasan obat batuk ataupun pelega tenggorokan. Hal ini sejatinya karena lengkuas memiliki kandungan ekspektoran yang dapat mengencerkan dahak serta meringankan gejala batuk dan sakit tenggorokan. 

  1. Mengatasi diare

Penggunaan lengkuas untuk mengatasi diare mungkin sudah tidak asing lagi. Dalam hal ini, lengkuas memiliki kandungan yang bersifat antimikroba yang dapat mencegah bakteri penyebab utama diare, E. coli.

Baca Juga: Diare Bikin Dehidrasi, Berikut Ini Cara Membuat Oralit Sebagai Pertolongan Pertama

  1. Mengurangi peradangan

Manfaat lengkuas selanjutnya yang tidak bisa disepelekan adalah dapat mengurangi peradangan yang menjadi penyebab penyakit. Dalam hal ini, lengkuas memiliki kandungan berupa senyawa fitokimia, yang memiliki khasiat antiradang yang cukup kuat.

  1. Mengontrol kadar kolesterol dan gula darah

Bagi para penderita penyakit jantung dan diabetes tipe 2, konsumsi lengkuas merupakan salah satu hal yang bermanfaat. Dalam hal ini, lengkuas memiliki kandungan polifenol yang akan sangat membantu dalam mengontrol kadar gula darah dan kolesterol tersebut.

  1. Meringankan asma

Seperti halnya kunyi maupun jahe, lengkuas memiliki kandungan anti radang yang dapat membantu meringankan asma. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, gejala asma pada umumnya dipicu oleh peradangan serta pembengkakan pada saluran napas. Dengan mengonsumsi lengkuas, akan timbul efek antispasmodik yang mampu melebarkan saluran napas pada paru-paru tadi.

  1. Mencegah kanker

Pada pembahasan sebelumnya telah diketahui bahwa lengkuas memiliki kandungan antioksidan yang cukup beragam. Kandungan inilah yang dapat menurunkan risiko seseorang terkena kanker. Bahkan, pada sejumlah penelitian disebutkan bahwa kandungan ini juga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker serta mematikannya.

Baca Juga: Adakah Cara Alami untuk Mencegah Kanker?

  1. Meningkatkan kesuburan pada pria

Manfaat lengkuas selanjutnya yang tidak bisa dilewatkan adalah dapat meningkatkan kesuburan pria. Dalam hal ini, terdapat sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa konsumsi suplemen dengan kandungan lengkuas ternyata berhasil membuat kualitas sperma meningkat. 

  1. Menjaga kesehatan otak

Berkat kandungan antioksidan di dalamnya, lengkuas sangat membantu dalam menjaga otak. Lengkuas dalam hal ini dapat memperlambat dan bahkan mencegah penyakit neurodegeneratif, yang mengganggu sel saraf di otak. 

Demikianlah penjelasan singkat mengenai manfaat lengkuas untuk kesehatan yang tidak bisa dilewatkan. Untuk itu, jangan pernah lewatkan konsumsi rempah yang satu ini di makanan Anda, ataupun dalam bentuk suplemen agar bisa memperoleh manfaat lengkuas yang sangat beragam tersebut.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Referensi
  1. Petre, Alina. 2019. Galangal Root: Benefits, Uses, and Side Effects. https://www.healthline.com/nutrition/galangal-root
  2. Drugs.com. 2021. Galangal. https://www.drugs.com/npp/galangal.html
  3. Edwards, Rebekah. 2020. Galangal: The Best Cancer-Fighting Herb Around?. https://draxe.com/nutrition/galangal/
Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami