Bantuan
Free Tele x

Wajib Anda Ketahui, Ini Pantangan Makanan Penyakit Jantung

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Dec 2021

Bagikan

Wajib Anda Ketahuai, Ini Pantangan Makanan Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang menempati posisi tertinggi penyebab kematian di Indonesia. Data dari WHO menyebutkan 70% kematian yang terjadi di seluruh dunia disebabkan oleh penyakit tidak menular. Menjaga stamina jantung agar tetap sehat sangatlah penting.

Pantangan makanan untuk terhindar dari penyakit jantung perlu Anda ketahui untuk mencegah kondisi jantung yang semakin memburuk, hal tersebut bagi sebagian orang mungkin hanyalah hal yang dianggap sepele.

Jantung merupakan organ utama yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh. Jika kondisi jantung terganggu atau tidak bekerja sesuai tugasnya, maka dapat dipastikan Anda tidak akan merasakan kenyamanan dalam beraktivitas bahkan bisa menyebabkan kematian.

Jantung adalah organ penting yang harus dijaga dengan cara memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Maka dari itu, Anda perlu mewaspadai beberapa makanan yang dianggap dapat memicu penyakit jantung. Ada beberapa pantangan makanan bagi pengidap penyakit jantung yang perlu anda ketahui.

Beberapa Pantangan Makanan Bagi Pengidap Penyakit Jantung

Berikut adalah beberapa pantangan makanan bagi pengidap penyakit jantung, yaitu:.

  1. Gorengan

Makanan pertama yang menjadi pantangan bagi pengidap penyakit jantung adalah gorengan. Bagi sebagian orang mungkin kurang lengkap rasanya makan jika tidak ditemani oleh gorengan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa gorengan adalah makanan yang banyak mengandung minyak jahat. Sehingga tidak baik jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan jantung Anda.

  1. Pizza

Selanjutnya adalah pizza. Makanan lezat yang sedang banyak diminati oleh banyak orang terutama anak muda ini ternyata tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh pengidap penyakit jantung. Mengapa pizza menjadi pantangan bagi para pengidap penyakit jantung? Karena Makanan ini mengandung sodium, lemak, dan kalori yang sangat tinggi sehingga berbahaya bagi kesehatan jantung.

  1. Mie Instan

Siapa yang tidak menyukai mie instan? Ya rasanya hampir semua orang menyukai makanan ini. Selain karena instan, makanan ini juga pas di lidah serta dikantong semua orang. Namun, ternyata mie instan tidak dianjurkan dikonsumsi oleh pengidap penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kandungan lemak dalam mie instan yang tidak baik bagi kesehatan jantung Anda.

Baca Juga: Simpel dan Lezat, Namun Anda Wajib Tahu Bahaya Mie Instan Jika Terlalu Sering

  1. Keju

Keju merupakan makanan yang dibuat dari bahan dasar susu yang telah melalui tahap fermentasi. Makanan dengan cita rasa asin dan gurih ini sangat pas dikonsumsi bersama roti dan makanan lainnya.

Namun, keju tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh pengidap penyakit jantung. Sama seperti mie instan, keju mengandung lemak yang cukup tinggi sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. 

  1. Kue

Makanan selanjutnya yang tidak baik serta tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh pengidap penyakit jantung adalah kue. Lalu, kue apa saja yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi? Beberapa kue kering yang tidak baik bagi kesehatan jantung adalah kukis dan muffin. Hal ini dikarenakan kue tersebut mengandung gula yang cukup tinggi serta lemak jenuh.

  1. Bakso

Selanjutnya makanan yang menjadi pantangan bagi pengidap penyakit jantung adalah bakso. Makanan khas Indonesia yang satu ini sudah menjadi primadona di masyarakat Indonesia. Bakso mengandung garam yang tinggi, lemak serta kalori. Beberapa kandung tersebut risiko terkena serangan jantung semakin tinggi.

 

Beberapa Makanan yang Baik Dikonsumsi Pengidap Penyakit Jantung

Berikut adalah beberapa makanan yang baik dikonsumsi oleh pengidap penyakit jantung, yaitu:

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau adalah makanan pertama yang sangat dianjurkan oleh pengidap penyakit jantung. Sayuran hijau dapat menekan risiko penyakit jantung. Sayuran hijau yang baik dikonsumsi salah satunya adalah brokoli, bayam, kangkung, sawi hijau dan asparagus. Sayuran ini mengandung vitamin C, vitamin E, folat, kalium, kalsium, dan serat yang membantu fungsi jantung bekerja normal.

  1. Kentang

Makanan selanjutnya yang baik dikonsumsi oleh pengidap penyakit jantung adalah kentang. Cara terbaik mengonsumsi kentang bagi penderita sakit jantung adalah dengan mengukus atau merebusnya. Kentang mengandung kalium yang baik untuk mengembalikan stamina jantung agar kembali bekerja sesuai fungsinya.

Beberapa pantangan makanan penyakit jantung mungkin bertentangan dengan selera makan Anda. Namun, pada kenyataannya pantangan makanan penyakit jantung seperti itu adanya. Menjaga kesehatan jantung sangat penting. Anda dapat menjaga kesehatan jantung Anda dengan mengonsumsi makanan yang sehat, rutin berolahraga serta menghindari stress.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Jantung dengan Bawang Putih

 

Sumber :

1. Makanan yang baik untuk penyakit jantung. 2020.

2. Ciccarelli. T, Soberman. M, Leshuk. T, Cole. H, Afreen. F, Manwell. A.L. Is cleanliness next to abstinence? The effect of cleanliness priming on attitudes towards harm reduction strategies for people with substance use disorders. 2020.

Tag :
Bagikan artikel ini