Bantuan

Berapakah Tensi Normal Manusia? Ketahui Jawabannya di Sini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 18 Dec 2021

Bagikan

Wajib Tahu, Ini Tensi Normal Manusia Berdasarkan Usia

Pernahkah Anda mendengar istilah tensi normal? Misalnya saat Anda sedang melakukan tes kesehatan atau tindakan medis lainnya. Tensi normal memang merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi dalam dunia kesehatan. Di mana tensi adalah kata lain dari tekanan darah. Seperti yang telah kita ketahui bahwa tekanan darah adalah unsur yang sangat penting yang memiliki pengaruh besar pada tubuh Anda. Jika tubuh Anda dalam keadaan sehat dan bugar maka bisa dikatakan bahwa tubuh Anda memiliki tensi normal.

Apa Itu Tensi Normal?

Tensi normal atau tekanan darah normal adalah ukuran ideal dari kekuatan yang digunakan jantung untuk melakukan fungsinya yaitu memompa darah ke seluruh tubuh. Tekanan darah bisa diukur menggunakan alat yang disebut dengan tensimeter, serta satuan ukuran dari tekanan darah diukur dalam mmHg (milimeter air raksa) yang terdiri dari 2 angka, misalnya 140/90 mmHg yang mencakup tekanan sistolik dan tekanan diastolik. Angka 140 merupakan tekanan sistolik, yaitu tekanan pada jantung pada dinding arteri saat jantung bekerja untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Sedangkan angka 90 merupakan tekanan diastolik, yaitu tekanan saat jantung melakukan relaksasi untuk beristirahat.

Tensi Normal Manusia Berdasarkan Rentang Usia

Setiap orang tentu menginginkan tubuhnya memiliki tensi normal. Tensi atau tekanan darah bisa diklasifikasikan dalam beberapa golongan, yaitu tensi normal, tensi tinggi (hipertensi), dan tensi rendah (hipotensi). Lalu berapakah kisaran ukuran pada tubuh yang dikatakan memiliki tensi normal? Berikut beberapa penjelasan mengenai tensi normal pada tubuh manusia berdasarkan rentang usia, mulai dari usia anak-anak, usia remaja, usia dewasa, hingga lanjut usia, di antaranya yaitu:

  1. Tensi Normal pada Usia Anak-Anak

Tensi normal pada anak-anak umumnya digolongkan pada beberapa rentang usia. Usia 1-2 tahun memiliki kisaran antara 80-90 mmHg untuk tekanan sistolik dan kisaran antara 50-70 mmHg untuk tekanan diastolik. Usia  3-5 tahun memiliki kisaran antara 95-110 mmHg untuk tekanan sistolik dan kisaran antara 56-70 mmHg untuk tekanan diastolik. Sedangkan pada anak-anak usia 6-13 tahun atau usia sekolah, memiliki kisaran antara 97-112 mmHg untuk  tekanan sistolik dan kisaran antara 57-71 untuk tekanan diastolik.

Baca Juga: Bunda Wajib Tahu, Ini Dia Penyebab Terjadinya Hipertensi dalam Kehamilan

  1. Tensi Normal pada Usia Remaja

Tensi normal pada remaja usia 13-18 tahun memiliki kisaran antara 112-128 mmHg untuk tekanan diastolik dan untuk tekanan diastoliknya memiliki kisaran antara 66-80 mmHg. Angka-angka tersebut bisa bervariasi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, apalagi remaja merupakan usia aktif yang banyak mencoba hal-hal baru. Faktor-faktor tersebut di antaranya seperti  jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, hingga pola hidup yang diterapkan sejak dini.

  1. Tensi Normal pada Usia Dewasa

Tensi normal pada orang dewasa berkisar antara 90-120 mmHg untuk tekanan sistolik dan berkisar antara 60-80 mmHg untuk tekanan diastolik. Perubahan tekanan darah pada orang dewasa dipengaruhi oleh faktor yang lebih kompleks jika dibandingkan dengan usia anak-anak dan usia remaja. Mulai dari aktivitas fisik hingga kondisi emosional sangatlah mempengaruhi tekanan darah. Apalagi tekanan darah pada wanita usia dewasa seperti seperti ibu hamil yang memiliki pengaruh tinggi dari faktor hormonal.

  1. Tensi Normal pada Lanjut Usia

Tensi normal pada orang yang sudah lanjut usia atau sering disebut lansia yang berusia diatas 65 tahun memiliki kisaran kurang dari 150 mmHg untuk tekanan sistolik dan kurang dari 90 mmHg untuk tekanan diastolik. Tensi normal pada lansia umumnya memiliki angka yang lebih tinggi. Sebab lansia memiliki kondisi tubuh yang sudah rentan. Sehingga membuat jantung harus lebih ekstra dalam bekerja untuk memompa darah, oleh karena itu tekanannya lebih tinggi.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Hipertensi Pada Lansia serta Beberapa Komplikasi yang Perlu Diwaspadai

Tensi normal pada tubuh manusia memang dipengaruhi oleh banyak faktor mulai dari kondisi fisik dan mental hingga pola hidup sehari-hari. Oleh sebab itu sebisa mungkin terapkanlah pola hidup sehat seperti makan teratur dengan lebih selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi, istirahat yang cukup dengan pola tidur teratur, rutin melakukan olahraga, dan lain sebagainya. Sehingga tensi normal pada tubuh Anda tetap terjaga, artinya tekanan darah tidak terlalu tinggi dan tidak juga terlalu rendah. Karena kondisi tekanan darah tinggi ataupun tekanan darah rendah bisa menimbulkan beberapa penyakit. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Perhatian, Begini Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi bagi Penderita Hipertensi

 

Sumber: 

Jacob, Divya. What Is The Normal Blood Pressure Range. 2021.

NHS. What Is The Normal Blood Pressure. 2019

 

Bagikan artikel ini