Bantuan
Free Tele x

Perhatian, Begini Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi bagi Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Oct 2021

Bagikan

Perhatian, Begini Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi bagi Penderita Hipertensi

Banyak yang mempertanyakan bagaimana cara menurunkan tekanan darah tinggi, terutama bagi para penderita hipertensi. Pada umumnya, tekanan darah normal seseorang adalah sekitar 120/80 mmHg. Apabila berada di atas dari angka tersebut, dapat dikatakan bahwa seseorang tersebut mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi.  Hipertensi dalam hal ini adalah suatu kondisi kronis yang cukup umum terjadi dan tidak dapat disembuhkan secara sepenuhnya.

Meskipun tidak dapat disembuhkan secara total, penderita hipertensi dapat menjalankan serangkaian aktivitas dan pola hidup tertentu untuk mengontrol tekanan darahnya agar tidak semakin tinggi dan membahayakan kesehatan. Lantas, bagaimana cara menurunkan tekanan darah tinggi tersebut? Sebelum memasuki pembahasan mengenai cara-caranya, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa alasan yang menyebabkan seseorang alami tekanan darah tinggi.

Penyebab Seseorang Alami Tekanan Darah Tinggi

Kondisi hipertensi atau tekanan darah tinggi sejatinya dapat dialami oleh siapa saja, terutama mereka yang memiliki kondisi sebagai berikut ini.

  • Berusia lanjut

  • Memiliki keluarga yang mempunyai riwayat hipertensi

  • Mengalami obesitas atau berat badan berlebih

  • Jarang melakukan olahraga

  • Sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat, terutama yang memiliki kandungan garam berlebih

  • Sering mengalami stres dan tidak bisa mengelolanya dengan baik

  • Memiliki kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol

  • Mempunyai riwayat penyakit tertentu seperti gangguan tiroid, sleep apnea, penyakit ginjal, serta diabetes

Apabila Anda memiliki kondisi sebagaimana yang disebutkan di atas, sebaiknya ubah gaya hidup dengan cara mengadopsi pola yang lebih sehat ke dalam keseharian. Dengan cara ini, Anda dapat lebih mudah dalam mengontrol tekanan darah agar tidak membahayakan kesehatan. Namun, apabila kondisi tekanan darah tinggi Anda disebabkan oleh penyakit tertentu, konsultasikan dengan dokter mengenai hal yang dapat dilakukan untuk mengontrol tekanan darah. 

Baca Juga: Diet DASH untuk Hipertensi

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi 

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai upaya untuk mengontrol tekanan darah agar tetap berada pada kisaran normal. Lantas cara menurunkan tekanan darah tinggi adalah sebagai berikut ini. 

  1. Mengurangi garam

Cara menurunkan tekanan darah tinggi bagi para penderita hipertensi, yaitu dengan mengurangi konsumsi garam. Banyak penelitian telah menjelaskan bahwa garam memiliki hubungan dengan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Bahkan diet garam menjadi salah satu metode yang dilakukan untuk menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi. 

  1. Olahraga teratur

Cara menurunkan tekanan darah tinggi yang selanjutnya, yaitu dengan berolahraga teratur. Hal ini karena olahraga yang teratur dapat membuat jantung menjadi lebih kuat dan sehat dalam memompa darah sehingga tekanan di arteri menurun. Dengan olahraga sedang seperti jalan kaki selama 150 menit seminggu akan meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah. Jadi untuk setiap harinya Anda cukup berolahraga selama 30 menit dengan berjalan kaki. 

  1. Mengonsumsi kalium lebih banyak

Mengonsumsi kalium lebih banyak dapat membantu menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Hal ini karena kalium merupakan mineral yang dapat membantu membuang natrium dan mengurangi tekanan di pembuluh darah. Oleh karena itu, usahakan Anda harus terus  menyeimbangkan asupan natrium dengan kalium. 

  1. Mengelola stres

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab tekanan darah tinggi adalah stres. Oleh karena itu, cobalah untuk mempelajari bagaimana cara mengelola dan mengendalikan stres. Dalam hal ini, Anda bisa mencoba mengidentifikasi sumber stres hingga mencoba berbagai teknik relaksasi, seperti meditasi, yoga, dan lainnya.

  1. Menghindari alkohol dan merokok

Alkohol dan rokok adalah dua di antara sekian penyebab yang dapat membuat tekanan darah naik. Untuk itu, hentikan kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol, karena keduanya juga dapat meningkatkan risiko komplikasi dari tekanan darah tinggi, seperti stroke hingga penyakit jantung. 

Demikianlah penjelasan mengenai cara menurunkan tekanan darah tinggi yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan konsisten menerapkan cara-cara di atas, tekanan darah Anda akan lebih terkontrol. Anda juga bisa rutin memeriksakan tekanan darah agar dapat mengantisipasi apabila kondisi tekanan berada pada kondisi normal atau justru terus naik meskipun telah menerapkan cara-cara di atas. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Hipertensi Pada Lansia serta Beberapa Komplikasi yang Perlu Diwaspadai

 

Sumber:

Mayo Clinic. 2021. 10 ways to control high blood pressure without medication.  

Marcin, Judith. 2020. 17 Effective Ways to Lower Your Blood Pressure.

Tag :
Bagikan artikel ini