Apa Penyebab Dada Sesak? Ketahui Jawabannya Di Sini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Dec 2021

Bagikan

7 Penyebab Dada Sesak Yang Perlu Anda Ketahui

Apakah Anda tahu apa penyebab dada sesak? Mungkin beberapa dari Anda pernah merasakan dada menjadi sesak secara tiba-tiba. Namun apa sebenarnya yang menyebabkan dada terasa sesak ini? Ada banyak penyebab kondisi ini bisa terjadi. Oleh karena itu, di dalam artikel ini akan dibahas mengenai apa saja penyebab dada sesak tersebut. Jadi, ikuti terus penjelasan mengenai dada terasa sesak di bawah ini. 

Penyebab Dada Sesak

Mungkin beberapa dari Anda akan berpikir bahwa dada terasa sesak tiba-tiba merupakan serangan jantung. Namun sebenarnya, tidak semua orang akan mengalami penyebab yang sama. Berikut beberapa kondisi yang menjadi penyebab seseorang mengalami sesak napas.

  1. Serangan Kecemasan

Penyebab dada sesak yang pertama yaitu karena serangan kecemasan. Hal ini karena, serangan kecemasan dapat menyebabkan terjadinya hiperventilasi. Hiperventilasi itu sendiri merupakan suatu kondisi di mana seseorang akan menghirup dan dan menghembuskan oksigen dengan cepat dan pendek. Kondisi ini dapat menyebabkan kadar karbondioksida turun secara drastis sehingga terjadi penyempitan pembuluh darah. Hal inilah yang menyebabkan Anda merasa sesak pada dada.

Baca Juga: Mengenal Gangguan Kecemasan Beserta Penyebab & Gejalanya

  1. Asma

Salah satu penyebab dada terasa sesak yang paling umum yaitu asma. Hal ini karena, asma menyebabkan saluran udara menyempit dan membengkak, sehingga akan muncul perasaan sesak ketika Anda mencoba menarik napas. Anda patut waspada jika sesak dada yang Anda alami diikuti suara ngik-ngik dan batuk di malam hari. Pasalnya, kondisi tersebut merupakan pertanda bahwa Anda mengidap penyakit asma. 

  1. Gangguan Pencernaan

Tahukah Anda, ternyata sesak dada juga dapat disebabkan oleh gangguan pencernaan. Salah satu gangguan pencernaan yang dapat menyebabkan sesak dada yaitu naiknya asam lambung. Ketika asam lambung naik hingga ke tenggorokan, maka dapat menyebabkan munculnya sensasi panas pada dada serta sensasi asam pada mulut. Ada beberapa penyebab kondisi ini bisa terjadi, salah satunya yaitu karena pola makan yang buruk dan kebiasaan merokok serta minum minuman keras 

  1. Ketegangan Otot

Penyebab sesak dada yang selanjutnya yaitu karena ketegangan otot. Hal ini karena, otot yang tegang akan menyebabkan dada terasa berat karena tulang rusuk tertekan. Pada umumnya, ketegangan otot ini dapat disebabkan karena, menarik otot atau meregangkan otot seperti beraktivitas berat. Ada beberapa gejala lain yang umumnya ditimbulkan karena ketegangan otot yaitu pembengkakan dan sulit bernapas. 

  1. Emboli Paru

Dada yang terasa sesak juga dapat disebabkan oleh emboli paru. Emboli paru itu sendiri merupakan penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah yang ada di paru-paru. Kondisi ini dapat terjadi karena disebabkan oleh penggumpalan darah di pembuluh vena. Tentu saja kondisi ini akan berdampak pada aliran darah yang menuju paru-paru menjadi sangat terbatas. Pada akhirnya, Anda akan merasa sesak dan kesulitan untuk bernapas. Tidak hanya itu, detak jantung akan meningkat.

  1. Pneumonia

Pneumonia merupakan kondisi di mana paru-paru seseorang mengalami infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau jamur. Kondisi ini akan menyebabkan munculnya rasa nyeri dan sesak dada. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya peradangan pada kantong udara yang dipenuhi oleh cairan atau nanah. Anda perlu waspada apabila sesak dada yang Anda alami diikuti oleh gejala berupa demam, batu parah, hingga batuk bernanah. 

  1. Kanker Paru-Paru

Penyebab dada terasa sesak yang perlu Anda ketahui terakhir yaitu karena kanker paru-paru. Pada umumnya, kanker paru-paru tidak akan menunjukkan gejala apapun hingga memasuki kondisi yang parah. Akan tetapi, pada beberapa orang mungkin akan menunjukkan gejala. Beberapa gejala kanker paru-paru yaitu batuk kronis yang tidak sembuh, suara serak, sesak napas, dan dada terasa sesak yang akan semakin parah. Jadi, Anda perlu waspada apabila sesak dada yang Anda alami semakin parah. 

Nah, itulah dia beberapa informasi mengenai penyebab dada sesak. Mengingat pada berbagai kondisi serius yang menyebabkan dada terasa sesak, maka Anda harus segera memeriksakannya ke dokter jika mengalami dada sesak yang tidak kunjung sembuh. Semakin cepat memastikan kondisi yang Anda alami, maka dapat segera ditangani dengan tepat.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Inilah Cara Membersihkan Paru-Paru Akibat Rokok Secara Alami

 

Sumber:

1. Stuart, Annie. 2021. What's Causing My Chest Pain?

2. Mayo Clinic. Chest pain.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi