Bahaya Penyakit Jantung bagi Pasien DM, Ketahui Cara Mencegahnya!

11 May 2020 • Tips Kesehatan

Ketika seseorang memiliki diabetes, ia juga memiliki risiko penyakit jantung. Penyakit diabetes dapat menyebabkan serangan jantung hingga stroke.

Sekitar 68% orang berusia 65 tahun ke atas yang mengidap diabetes meninggal karena penyakit jantung, dan 16% meninggal akibat stroke. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung pada pasien diabetes.

Mengapa diabetes dapat meningkatan risiko penyakit jantung?

Hal ini disebabkan karena kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan komplikasi penyakit jantung.

Tubuh yang tidak dapat menggunakan gula sebagaimana harusnya sehingga menyebabkan gula menempel pada sel darah merah dan menumpuk di darah.

Penumpukan ini dapat menghalangi dan merusak pembuluh darah yang membawa darah dari dan ke jantung.

Penyakit jantung tidak semata-mata disebabkan karena gula darah yang tinggi. Pembuluh darah juga bisa rusak akibat kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

Tekanan darah yang tinggi mengakibatkan jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah dan menyebabkan kerusakan pembuluh darah.

Sedangkan kolesterol dapat menumpuk dan menghambat aliran darah. Untuk mencegah risiko penyakit jantung, langkah-langkah yang dapat dilakukan meliputi:

  • Berhenti merokok. Merokok membuat darah lebih susah mengalir ke seluruh tubuh, terutama jantung. Merokok juga dapat merusak pembuluh darah di kaki dan meningkatkan risiko infeksi kaki dan amputasi.
  • Mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang untuk menjaga kesehatan jantung, seperti mengurangi konsumsi makanan berlemak.
  • Melakukan aktivitas fisik dan berolahraga secara rutin.
  • Jika anda obesitas, coba untuk menurunkan berat badan hingga normal.
  • Mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan. Beberapa obat dapat melindungi jantung dengan menurunkan tekanan darah.
  • Beristirahat dengan cukup.

Orang yang tidak sensitif terhadap insulin atau memiliki diabetes dengan satu atau lebih dari faktor risiko memiliki risiko lebih besar terkena penyakit jantung atau stroke.

Namun, dengan mengatasi faktor risiko, pasien dengan diabetes dapat menghindari atau menunda penyakit jantung. Dokter Anda akan melakukan pengujian berkala untuk menilai apakah Anda memiliki salah satu faktor risiko yang terkait dengan penyakit jantung ini.