Ragam Penyebab Asam Lambung yang Perlu Diwaspadai

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Dec 2021

Bagikan

Ragam Penyebab Asam Lambung yang Perlu Diwaspadai

Sudahkah Anda tahu apa penyebab asam lambung bisa naik ke kerongkongan? Mungkin beberapa dari Anda tidak mengetahuinya sehingga tanpa sadar melakukan beberapa penyebab naiknya asam lambung. Tentu saja hal ini akan meningkatkan risiko Anda mengalami asam lambung naik. 

Asam lambung naik itu sendiri merupakan suatu kondisi yang mana asam lambung justru kembali lagi ke kerongkongan. Kondisi ini akan menyebabkan munculnya berbagai gejala yang membuat Anda tidak nyaman seperti sensasi terbakar di dada, sulit menelan, sakit tenggorokan, sendawa terus menerus dan pahit di dalam mulut. 

Penyebab Asam Lambung

Tentu Anda tidak ingin mengalami berbagai gejala asam lambung tersebut. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui apa saja penyebab asam lambung naik ke kerongkongan. Simak terus penjelasan berikut ini untuk mengetahui apa yang menyebabkan asam lambung naik. 

  1. Jadwal Makan Tidak Teratur

Penyebab asam lambung naik ke kerongkongan yang perlu Anda waspadai pertama yaitu jadwal makan yang tidak teratur khususnya di malam hari. Walaupun terdengar sepele, ternyata hal ini memiliki pengaruh dalam naiknya asam lambung. Pasalnya, dibutuhkan waktu yang lama untuk mencerna semua makanan yang Anda di malam hari.

Ketika Anda langsung tidur setelah makan, maka pencernaan makanan tidak dapat berjalan dengan baik sehingga meningkatkan risiko munculnya gejala asam lambung. 

  1. Makanan Pedas dan Asam

Ternyata, ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung ketika Anda konsumsi. Beberapa makanan tersebut yaitu makan pedas dan juga makan asam. Hal ini karena, makanan pedas memiliki kandungan zat yang dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Tidak hanya itu, terkadang beberapa makan pedas memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga dapat menyebabkan asam lambung naik. Sedangkan untuk makanan asam seperti tomat, jeruk, dan lemon juga mampu menyebabkan asam lambung naik.

Baca Juga: Daftar Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung 

  1. Gaya Hidup Tidak Sehat

Penyebab naiknya asam lambung yang perlu Anda waspadai selanjutnya yaitu gaya hidup yang tidak sehat. Beberapa gaya hidup yang tidak sehat tersebut yaitu merokok, mengonsumsi alkohol, dan juga sering mengonsumsi minuman berkafein. Beberapa kebiasaan buruk tersebut, dapat memicu naiknya asam lambung. Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin mengalami gejala-gejala asam lambung naik yang sangat mengganggu, segeralah ubah gaya hidup menjadi lebih sehat. 

  1. Kelebihan Berat Badan

Memiliki berat badan yang berlebih atau obesitas merupakan penyebab naiknya asam lambung yang selanjutnya. Pasalnya, kelebihan berat badan akan membuat lemak yang ada di perut akan menekan area perut sehingga dapat menyebabkan asam lambung naik. Tidak hanya itu, kelebihan berat badan juga hanya akan memperburuk penyakit asam lambung yang Anda alami. 

  1. Posisi Tidur yang Salah

Penyebab naiknya asam lambung yang selanjutnya yaitu karena posisi tidur yang salah. Posisi tidur yang salah yaitu tidur telentang dan tidur menghadap kanan. Jika Anda ingin tidur telentang, sebaiknya beri bantalan di bagian pinggang hingga kepala agar kepala lebih tinggi. Jika Anda ingin tidur menghadap samping, sebaiknya tidur menghadap kiri. 

  1. Terlalu Banyak Makan

Apakah Anda sering mengonsumsi makanan dalam jumlah yang besar? Jika iya, segera hentikan. Ketika Anda makan dengan porsi yang banyak maka nantinya Anda akan kekenyangan. Kondisi ini akan menyebabkan produksi asam lambung menjadi lebih banyak sehingga meningkatkan risiko naiknya asam lambung. Jika Anda takut kelaparan, sebaiknya konsumsi makanan dalam jumlah kecil namun sering. 

  1. Penyakit Ginjal Kronis

Penyebab asam lambung dapat naik ke kerongkongan yang terakhir yaitu karena penyakit ginjal kronis. Pasalnya, ketika ginjal mengalami gangguan, maka fungsinya tidak dapat berjalan dengan baik. Kondisi ini menyebabkan hormon gastrin tidak dapat dibersihkan dengan baik sehingga akan meningkatkan kadar hormon gastrin. Pada akhirnya terjadi peningkatan asam lambung yang lebih banyak. 

Demikianlah penjelasan mengenai berbagai penyebab asam lambung naik yang perlu Anda waspadai. Jika Anda tidak ingin mengalami gejala-gejala yang mengganggu, pastikan untuk menghindari beberapa penyebab yang telah dijelaskan di atas.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menurunkan Asam Lambung Saat Kambuh?

 

Sumber:

1. Stuart, Annie. 2020. What Is Acid Reflux Disease?

2. Schulman, Jill Seladi. 2020. What to Know About High Stomach Acid.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi