Bantuan
Free Tele x

Bagaimana Cara Menjaga Kebugaran Jasmani?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Jul 2021

Bagikan

Komponen Kebugaran Jasmani Sebagai Kunci Kesehatan Tubuh

Saat ini, sudah banyak yang mulai menyadari bahwa menjaga komponen kebugaran jasmani adalah salah satu kunci menjaga kesehatan tubuh. Hal ini karena dengan tubuh yang bugar, maka kesehatan fisik secara langsung akan mengikuti.

Tubuh yang bugar akan menjadi lebih sehat, segar, kuat, terhindar dari berbagai macam penyakit, tidak mudah lelah dan lesu, dan bahkan terjaga dari berbagai macam ancaman terhadap kesehatan mental.

Lantas bagaimana cara menjaga kebugaran jasmani tersebut? Apakah benar upaya untuk menjaga kebugaran jasmani itu sukar dilakukan? Untuk lebih jelasnya simak terus penjelasan mengenai kebugaran jasmani berikut ini.

Olahraga yang Diperlukan untuk Menjaga Kebugaran Jasmani

Pada dasarnya menjaga kebugaran jasmani dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat, yang mencakup kebiasaan makan bernutrisi, istirahat yang cukup, dan berolahraga secara rutin. Jenis olahraga yang paling cocok dan diperlukan untuk menjaga kebugaran jasmani ini salah satunya adalah dengan olahraga aerobik, latihan kekuatan dan daya tahan tubuh, latihan keseimbangan, dan latihan fleksibilitas tubuh.

Hal-hal tersebut merupakan beberapa komponen kebugaran jasmani yang perlu Anda penuhi. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dapat mengombinasikan berbagai macam latihan tersebut ke dalam latihan harian Anda.

1.    Aerobik

Olahraga aerobik merupakan jenis olahraga yang diperlukan untuk menjaga kebugaran jasmani. Dalam hal ini, olahraga aerobik dapat meningkatkan pernapasan dan detak jantung Anda. Jika dilakukan secara rutin, olahraga aerobik seperti jalan cepat, joging, berenang, dan bersepeda, dapat meningkatkan kesehatan jantung, paru-paru, sistem pernapasan, dan bahkan meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

2.    Latihan Kekuatan dan Daya Tahan 

Jenis olahraga yang melatih kekuatan dan daya tahan akan membuat otot Anda semakin kuat dan sehat. Dalam hal ini Anda bisa mencoba latihan angkat beban dengan menggunakan resistant band untuk hasil yang maksimal.

3.    Latihan Keseimbangan

Latihan keseimbangan akan memudahkan Anda berjalan di permukaan yang tidak rata, dan mencegah Anda jatuh. Untuk meningkatkan keseimbangan tubuh ini, Anda bisa mencoba latihan tai chi dan jenis olahraga keseimbangan lainnya.

4.    Latihan Fleksibilitas

Jenis olahraga yang terhir ini, akan sangat bermanfaat dalam menjaga tubuh Anda tetap lentur. Sebagai contoh, Anda dapat mencoba latihan Yoga ataupun gerakan-gerakan stretching lainnya untuk membuat tubuh lebih fleksibel.

Baca Juga: Latihan Kebugaran Jasmani Untuk Penderita Penyakit Jantung Koroner

Porsi Latihan yang Diperlukan Agar Kebugaran Jasmani Tetap Terjaga

Meskipun sebelumnya direkomendasikan 4 jenis latihan untuk menjaga kebugaran tubuh, Anda dapat memulai dengan dua jenis latihan yang paling mendasar terlebih dahulu. Adapun dua jenis latihan tersebut di antaranya adalah olahraga aerobic seperti bersepeda dan berjalan cepat dan latihan kekuatan otot seperti push up, sit up, hingga angkat beban. 

Untuk porsinya sendiri, Anda bisa memulai latihan aerobik selama 150 menit untuk setiap minggunya untuk jenis olahraga jalan cepat dan bersepeda di medan datar. Adapun untuk jenis olahraga aerobik dengan intensitas yang lebih berat, Anda bisa menghabiskan waktu kurang lebih selama 75 menit untuk setiap minggunya. Sedangkan untuk latihan kekuatan otot, Anda bisa memulai dengan jenis olahraga angkat beban dengan intensitas rendah, yakni dengan menggunakan beban kecil terlebih dahulu.

Manfaat Bersepeda untuk Kebugaran Jasmani

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga aerobik yang baik untuk menjaga kebugaran jasmani. Selain mudah dilakukan, bersepeda juga merupakan aktivitas fisik yang cukup menyenangkan untuk dilakukan. 

Bagi tubuh, bersepeda dipercaya dapat meningkatkan kebugaran jasmani dengan cara-cara sebagai berikut ini:

  • Membantu menurunkan berat badan karena mampu membakar hingga 1000 kalori per jam, dan membantu membangun otot bokong, betis, paha, dan quadricep.
  • Membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga kanker.
  • Merupakan salah satu jenis olahraga low impact, yang dalam hal ini aman bagi pemula yang baru ingin mulai berolahraga untuk menjaga kebugaran jasmani. 
  • Dapat memperbaiki mood dan meningkatkan kepercayaan diri, karena mampu melepaskan hormon adrenalin dan endorfin. 

Itulah dia penjelasan mengenai cara-cara menjaga kesehatan kebugaran jasmani. Selalu ingat untuk mengombinasikan berbagai jenis latihan untuk hasil yang lebih maksimal. Anda juga bisa mengonsultasikan jenis dan intensitas olahraga terlebih dahulu dengan tenaga profesional, untuk menghindari cedera dan hal yang tidak diinginkan lainnya.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Olahraga atau Diet Untuk Turunkan Berat Badan?

 

Referensi :

  • NIH. Four Types of Exercise Can Improve Your Health And Physical Ability.
  • Medline Plus. Exercise And Physical Fitness.
Bagikan artikel ini