Bantuan
Free Tele x

Manfaat Gaya Renang Dada

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 21 Apr 2021

Bagikan

Ketahui Berbagai Manfaat Renang Gaya Dada

Renang gaya dada adalah salah satu teknik berenang yang paling banyak digunakan. Kamu pasti pernah mendengar rekomendasi untuk melakukan 150 menit aktivitas fisik dengan intensitas sedang atau 75 menit aktivitas fisik intensitas berat dalam satu minggu, dan salah satu aktivitas fisik yang paling banyak digemari adalah berenang.

Berenang merupakan cara yang menyenangkan untuk menggerakkan seluruh otot tubuh dan melatih jantung memompa darah, sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. Satu jam berenang dapat membakar kalori hampir sama dengan satu jam berlari, namun dengan cara yang lebih menyenangkan, karena tulang dan sendi mu lebih tidak terasa pegal dibandingkan berlari.

Manfaat Berenang

Kelebihan berenang dibandingkan aktivitas fisik lain adalah berenang dapat menggerakan seluruh otot tubuh sekaligus melatih organ vital seperti jantung dan paru, dapat dilakukan oleh orang yang sedang mengalami trauma, radang sendi, atau kondisi sejenisnya, dan baik untuk orang yang memiliki asma. Sebenarnya kelebihan berenang masih banyak lagi, seperti aman untuk ibu hamil, anak-anak, dapat membakar banyak kalori, dll.

Salah satu teknik berenang yang populer adalah renang gaya dada. Renang gaya dada, atau sering juga disebut gaya katak, dianggap paling mudah dilakukan, sehingga menjadi teknik pertama yang dipelajari oleh orang yang baru mulai belajar berenang. Prinsip gerakan renang gaya dada adalah gerakan menarik, setelah itu bernapas, menendang, dan meluncur.

Baca Juga: 9 Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh

Cara Melakukan Renang Gaya Dada

Pertama, posisikan bagian depan tubuhmu menghadap kolam renang. Pertahankan postur tubuh selurus mungkin dan serileks mungkin, usahakan pergelangan tangan tetap berada di bawah air. Setelah itu, satukan kedua telapak tanganmu untuk siap-siap meluncur. Lakukan gerakan meluncur dengan menolakkan telapak kaki yang menempel pada ujung kolam.

Setelah meluncur, mulai buka kedua telapak tangan kearah luar hingga tubuh membentuk huruf Y. kemudian putar tangan ke dalam hingga kedua tangan kembali bertemu di depan dada. Secara bersamaan dengan gerakan tangan di atas, buka kedua paha dan tekuk lutut hingga tumit mengarah ke bagian bokong, seperti gerakan kaki katak.

Setelah itu, angkat kepala dan bahu keatas untuk mengambil napas. Sambil membuka tangan kembali, kepala dan bahu sudah harus kembali berada di bawah permukaan air. Gerakan pun kembali diulangi dari awal.

Manfaat Melakukan Renang Gaya Dada

Terdapat berbagai manfaat dari melakukan renang gaya dada, yaitu latihan pergerakan otot bagian bawah tubuh, bagian atas tubuh, melatih organ dalam, membakar kalori, dan meningkatkan kualitas hidup.

Seperti yang sudah digambarkan di atas, gerakan renang gaya dada sangat memaksimalkan penggunaan otot tubuh, baik bagian atas maupun bagian bawah. Pada saat melakukan gerakan tendangan katak, paha belakang dan paha bagian dalam mendapatkan gerakan latihan yang sangat baik.

Saat kaki mulai ditekuk, otot hamstring dan fleksor pinggul bekerja sama melakukannya, sehingga otot-otot ini ikut dilatih. Saat gerakan meregangkan kaki dan mendorong ke belakang di akhir gaya kaki katak, otot gluteal yang berada di bokojng juga ikut terlatih. Gerakan tendangan katak ini benar-benar memaksimalkan penggunaan otot ekstremitas bawah dengan baik.

Otot tubuh bagian atas juga digerakkan secara maksimal. Otot trisep yang berada di lengan atas dan otot bahu sangat bekerja pada saat kamu melakukan gerakan membuka lengan hingga membentuk huruf Y.

Gerakan menyapu air keluar juga mendukung pergerakan otot-otot lengan bawah, lengan atas, hingga bahu. Saat mulai menaikkan kepala untuk mengambil napas, otot pektoralis yang terdapat di dada dan otot laissimus yang terdapat di punggung juga ikut melakukan gerakan maksimal. 

Organ dalam seperti jantung dan paru-paru juga ikut dilatih dalam gerakan renang gaya dada ini, terutama karena ada jeda waktu untuk menahan napas, menarik nafas, dan menghembuskan napas. Pola renang gaya dada sangat baik untuk melatih pernapasan yang teratur, sehingga gaya renang ini direkomendasikan untuk orang yang memiliki penyakit asma.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Olahraga yang Tepat Bagi Penderita Asma

Referensi
  1. https://www.healthline.com/health/benefits-of-swimming#get-started
  2. https://bluebuoy.com/4-major-fitness-benefits-breaststroke-swimmers
  3. https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/how-to-swim
Bagikan artikel ini