Mari Cari Tahu Mengenai Seluk Beluk Aktivitas Fisik

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 03 Aug 2021

Bagikan

Mari Cari Tahu Mengenai Seluk Beluk Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik merupakan seluruh gerakan tubuh yang dilakukan oleh otot rangka dengan mengeluarkan energi. Aktivitas fisik meliputi seluruh hal yang dilakukan saat bekerja, bermain, bepergian, melakukan pekerjaan rumah tangga dan aktivitas yang dilakukan pada saat olahraga. Olahraga termasuk aktivitas fisik, tetapi tidak semua aktivitas fisik termasuk olahraga. Menurut pakar kesehatan dan pemerintah, aktivitas fisik sangat penting dilakukan untuk kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup. Penting untuk Anda ketahui, aktivitas fisik terdapat beberapa tipe dan pedoman, diantaranya: 

Tipe Aktivitas fisik

Sebagian besar aktivitas fisik bisa berupa aerobik, penguatan otot dan tulang. Berdasarkan National Heart, Lung, and Blood Institute aktivitas fisik dikategorikan menjadi 4 macam, diantaranya: 

  1. Aerobik

Aerobik merupakan latihan endurance yang menggunakan otot-otot besar, seperti otot yang terdapat pada lengan dan kaki. Aktivitas fisik aerobik bermanfaat untuk membuat jantung dan nafas berpacu lebih cepat, sehingga nantinya mampu memperkuat kerja jantung dan paru-paru. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan paling banyak dari aktivitas fisik, orang dewasa membutuhkan aktivitas aerobik intensitas sedang, seperti berlari, berenang, dan menari, setiap minggu.

  1. Penguatan tulang

Aktivitas fisik selanjutnya ini melibatkan lengan, kaki atau tungkai untuk menopang berat tubuh sehingga otot bisa mendorong tulang dan menjadikannya semakin kuat. Contoh dari aktivitas ini hampir sama dengan aktivitas penguatan otot, yaitu lompat tali, berlari, berjalan, dan angkat beban. Jika Anda berolahraga dengan intensitas sedang, Anda bisa mencapai 70% -80% dari denyut jantung maksimum (MHR) dan untuk intensitas kuat yaitu 80%-85% dari denyut jantung maksimum Anda.

  1. Penguatan otot

Aktivitas fisik untuk penguatan otot, seperti sit up, push up, turun-naik tangga, angkat beban dan aktivitas fisik lain yang menggunakan otot bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot. Orang dewasa juga membutuhkan aktivitas penguatan otot, minimal 2 hari setiap minggu. Aktivitas fisik ini untuk melatih semua kelompok otot utama tubuh Anda, yaitu pinggul, kaki punggung, dada, perut, bahu, dan lengan. 

  1. Peregangan

Tipe aktivitas fisik terakhir yang bisa Anda lakukan ialah peregangan untuk meningkatkan fleksibilitas dan kemampuan menggerakan sendi. Misalnya, gerakan yoga, menyentuh jari-jari kaki, dan peregangan samping.


Pedoman aktivitas fisik

Aktivitas fisik merupakan aspek penting untuk meningkatkan kesehatan bangsa. Berdasarkan sains terbaru, pedoman aktivitas fisik orang Amerika bisa dijadikan sumber pertimbangan bagi para profesional kesehatan dan pembuat kebijakan untuk memberikan rekomendasi bagi masyarakat dalam melakukan aktivitas fisik secara teratur. Berikut pedoman aktivitas fisik orang Amerika yang bisa menjadi rekomendasi untuk Anda:

  1. Pedoman Aktivitas fisik untuk orang dewasa

Orang dewasa direkomendasikan  melakukan aktivitas fisik sekurang-kurangnya 150 hingga 300 menit aktivitas fisik aerobik intensitas sedang, atau 75 hingga 150 menit aktivitas intensitas kuat selama seminggu, atau kombinasi setara aktivitas intensitas sedang dan kuat.

  1. Pedoman aktivitas fisik untuk anak-anak

Berdasarkan pedoman aktivitas fisik untuk anak-anak usia 3 sampai 5 tahun, anak-anak usia prasekolah harus aktif sepanjang hari untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan. Orang dewasa yang merawat anak-anak dalam usia perkembangan ini harus mendorong permainan aktif mulai dari intensitas ringan, sedang, hingga kuat, dan menargetkan setidaknya 3 jam per hari.

  1. Aktivitas fisik untuk remaja

Pedoman aktivitas fisik untuk remaja usia 6 sampai 17 tahun, setiap harinya membutuhkan 60 menit aktivitas sedang hingga berat untuk mendapatkan manfaat kesehatan paling banyak dari aktivitas fisik. Sebagian besar aktivitas fisik yang bisa dilakukan misalnya aerobik, seperti berlari, berjalan atau apa pun yang membuat jantung berdetak lebih cepat. Mereka juga membutuhkan aktivitas yang membuat otot dan tulang mereka kuat, seperti bermain basket, memanjat peralatan bermain, dan lompat tali.

Itulah beberapa tipe dan pedoman aktivitas fisik yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan pedoman di atas, orang dewasa dianjurkan untuk bergerak lebih banyak dan lebih sedikit duduk. Pedoman aktivitas fisik ini terbukti menunjukan mampu mengurangi risiko, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan semua penyebab kematian. Semua aktivitas fisik, terutama aktivitas sedang hingga berat, bisa membantu mengimbangi risiko ini.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.


Sumber :

U.S Department of Health and Human Services: Top 10 Things to Know About the Second Edition of the Physical Activity Guidelines for Americans 

Health hub: Types of Physical Activities.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi