Bantuan

Minum Air Putih Sehari Berapa Liter? Berikut Ini Jawabannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 14 Mar 2022

Bagikan

minum air putih

Mungkin banyak dari Anda yang bertanya-tanya minum air putih sehari berapa liter? Hal ini karena banyak anjuran yang meminta Anda untuk mencukupi kebutuhan air harian maupun menganjurkan Anda untuk memperbanyak asupan air. Akan tetapi hal ini akhirnya menjadi suatu pertanyaan kembali, seharusnya minum air putih sehari berapa liter? Untuk menjawab pertanyaan in Anda perlu membaca artikel ini secara keseluruhan hingga bagian akhir. 

Minum Air Putih Sehari Berapa Liter?

Jawabannya umumnya yaitu sehari manusia perlu mengonsumsi dua liter air atau setara dengan 8 gelas. Hal ini disampaikan agar membuat masyarakat lebih mudah untuk mengingat dan mengetahui takarannya. Namun pada dasarnya, kebutuhan air setiap individu berbeda-beda. Hal ini karena pada beberapa orang mungkin memerlukan air yang lebih dari itu ataupun kurang. 

Oleh karena itu, untuk menjawab pertanyaan minum air putih sehari berapa liter sangatlah bervariasi setiap orangnya. Namun ada satu poin penting, yaitu minumlah ketika Anda merasa haus. Hal ini karena haus merupakan isyarat yang diberikan oleh otak pada tubuh ketika membutuhkan air. 

Perlu diperhatikan, Anda tidak perlu memaksakan diri mengonsumsi air sebanyak 8 gelas per harinya. Apabila Anda merasa tubuh Anda telah cukup terhidrasi, maka Anda bisa minum air kurang dari 8 gelas sehari. Akan tetapi, apabila Anda merasa belum cukup terhidrasi, maka Anda bisa mengonsumsi air lebih dari 8 gelas per harinya. 

Apabila Anda ragu bagaimana menentukan apakah tubuh telah mendapatkan asupan air yang cukup ataukah belum, Anda bisa melihat warna dari urin. Jika urin berwarna lebih gelap, berarti menandakan tubuh Anda belum cukup terhidrasi. Jadi Anda masih perlu mengonsumsi air lebih banyak lagi.

Aturan Minum Air

Sebelumnya telah menjawab minum air putih sehari berapa liter. Lalu sekarang saatnya mengetahui bagaimana aturan minum air putih yang bisa Anda ikuti agar kebutuhan air harian Anda terpenuhi. Berikut ini beberapa aturan minum yang bisa Anda ikuti. 

  1. Minum Saat Bangun Pagi

Ketika Anda bangun tidur di pagi hari, sangat dianjurkan untuk minum air sebanyak 1 hingga 2 gelas. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat Anda tidur semalaman. Tidak hanya itu, minum air putih saat bangun tidur juga dapat membantu proses metabolisme tubuh agar dapat membuang racun dari dalam tubuh. 

  1. Minum Sebelum Makan

Aturan minum yang selanjutnya, yaitu minum 30 menit sebelum waktu makan. Hal ini dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Namun air yang Anda minum cukup satu gelas saja. Pasalnya, air yang berlebihan justru mengganggu pelarutan makanan dan juga fungsi enzim. 

  1. Minum Saat Lelah

Referensi

Mayo Clinic. 2020. Nutrition and healthy eating. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/water/art-20044256?pg=2.

Radcliffe, Shawn. 2019. Overhydration. https://www.healthline.com/health/overhydration

WebMD. 6 Reasons to Drink Water. https://www.webmd.com/diet/features/6-reasons-to-drink-water#2

Bagikan artikel ini