Bantuan

Apa Saja Manfaat & Khasiat Passion Flower bagi Kesehatan?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Jun 2022

Bagikan

Apa Saja Manfaat & Khasiat Passion Flower bagi Kesehatan?

Sudahkah Anda mengetahui manfaat passion flower? Passion flower merupakan tumbuhan merambat yang berasal dari Amerika Utara bagian tenggara. Tanaman ini dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan. Passion flower juga sering kali digunakan untuk mengatasi insomnia, kecemasan, kejang dan histeria. Lantas apa sebenarnya manfaat passion flower tersebut? Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahuinya. 

Manfaat Passion Flower

Berdasarkan National Center for Complementary and Integrative Health (NCCIH), dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat passion flower. Namun dalam beberapa penelitian telah ditunjukkan bahwa passion flower bermanfaat dalam mengatasi kecemasan dan insomnia. Dalam penelitian lain disebutkan juga, passion flower bermanfaat dalam mengatasi masalah pada perut. Untuk lebih detailnya, berikut ini penjelasan mengenai manfaat passion flower.  

  1. Menenangkan Pikiran

Manfaat passion flower yang pertama yaitu dapat menenangkan pikiran seperti mengatasi kecemasan dan insomnia. Manfaat ini berasal dari meningkatnya level gamma-aminobutyric acid atau GABA yang ada di otak. Senyawa ini dapat menurunkan aktivitas otak sehingga membantu Anda menjadi lebih rileks dan tidur pun menjadi lebih nyenyak.

Selain itu, dalam sebuah percobaan yang diterbitkan oleh Phytotherapy Research, ditemukan bahwa partisipan yang mengonsumsi teh herbal  passion flower selama 7 hari mengalami peningkatan kualitas tidur. Oleh karena itu, para peneliti menyarankan penggunaan passion flower sebagai salah satu cara mengatasi insomnia pada orang dewasa.

Baca juga: 6 Rahasia Tidur Cepat dan Ampuh Bagi Penderita Insomnia

Tidak hanya itu, dalam percobaan lainnya ditunjukkan  passion flower juga bermanfaat dalam mengatasi kecemasan. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa pasien yang mengonsumsi passion flower sebelum melakukan operasi memiliki lebih sedikit kecemasan dibandingkan mereka yang tidak menerima  passion flower.

  1. Menenangkan Perut

Selain dapat menenangkan pikiran, ternyata passion flower juga bermanfaat dalam menenangkan perut. Passion flower yang memiliki manfaat yang ini yaitu Passiflora foetida atau stinking passion flower. Dalam studi yang diterbitkan baru menjelaskan potensinya dalam mengobati asam lambung pada tikus. Dalam penelitian lain yang dipublikasikan oleh BioMed Research International menyebutkan bahwa manfaat dari Passiflora serratodigitata dapat menyembuhkan tukak lambung pada tikus.

Itulah manfaat yang bisa diberikan oleh passion flower bagi kesehatan. Berbagai manfaat tersebut masih memerlukan penelitian yang lebih lanjut apakah bisa berefek pada manusia.

Efek Samping Passion Flower

Selain memiliki manfaat, ternyata passion flower  juga memiliki beberapa efek samping. Berikut ini beberapa efek samping yang mungkin muncul ketika Anda mengonsumsi passion flower

  1. Rasa kantuk yang berlebih

Efek samping dari passion flower yang bisa Anda alami pertama yaitu rasa kantuk yang berlebih. Efek samping ini dapat muncul apabila Anda mengonsumsi passion flower terlalu banyak. Pasalnya di dalam passion flower terdapat kandungan  senyawa yang dapat menenangkan saraf dalam tubuh. Oleh karena itu, ketika Anda mengonsumsinya terlalu banyak maka rasa kantuk akan datang secara terus menerus. 

  1. Kebingungan

Efek samping dari penggunaan passion flower yang selanjutnya yaitu menyebabkan kebingungan. Kondisi ini dapat terjadi jika Anda mengonsumsi passion flower dengan dosis yang berlebih. Hal ini karena, pada umumnya passion flower digunakan untuk obat penenang sebelum melakukan operasi. Oleh karena itu, mengnsumsinya telalu banyak dapat menyebabkan saraf terganggu dan tidak stabil. 

  1. Masalah kehamilan dan menyusui

Efek samping passion flower yang bisa Anda alami yaitu masalah kehamilan dan menyusui. Oleh karena itu,  ibu hamil dan menyusui tidak disarankan mengonsumsi obat herbal yang satu ini. Pasalnya di dalam passion flower terdapat senyawa yang dapat menyebabkan terjadinya kontraksi janin. Tidak hanya itu, senyawa tersebut juga dapat menyebabkan gangguan pada pertumbuhan  janin di dalam kandungan. 

Demikianlah informasi efek samping dan juga manfaat passion flower.  Mengingat penelitian mengenai keamanan dan manfaatnya yang masih terus dilakukan, Anda perlu berhati-hati ketika ingin mengonsumsi passion flower.  Selain itu, membatasi konsumsi passion flower juga merupakan salah satu tindakan untuk mencegah timbulnya efek samping. Apabila Anda hendak mengonsumsi passion flower bersamaan dengan obat lain, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan keamanannya. 

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: Fungsi Hormon Melatonin yang Membantu Anda Tertidur Pulas

Referensi

Asphari, Zohra. 2018. The Calming Effects of Passionflower. https://www.healthline.com/health/anxiety/calming-effects-of-passionflower#risks

RxList. PASSION FLOWER. https://www.rxlist.com/passion_flower/supplements.htm

Bagikan artikel ini