Seluk Beluk Mengenai Batu Amandel yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Dec 2021

Bagikan

Seluk Beluk Mengenai Batu Amandel yang Perlu Anda Ketahui

Mungkin banyak dari Anda yang sudah sering mendengar istilah bantu amandel. Namun, apakah Anda tahu apa itu batu amandel? Batu amandel itu sendiri merupakan mineral yang terkumpul kemudian memadat di permukaan amandel. Pada dasarnya, kondisi ini tidak bahaya, tetapi bisa mengganggu penderitanya karena akan terasa nyeri pada tenggorokan dan mulut. 

Penyebab Batu Amandel

Lalu apa yang menyebabkan batu amandel bisa muncul? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda perlu tahu terlebih dahulu apa itu amandel. Amandel pada dasarnya merupakan sepasang jaringan lunak yang terletak di belakang tenggorokan. Fungsi dari jaringan ini yaitu untuk mencegah virus dan bakteri agar tidak  masuk ke dalam tubuh. 

Pada permukaan amandel terdapat banyak lekukan dan juga celah atau sering disebut dengan kripta. Melalui berbagai celah tersebut berbagai sisa makanan, lendir hingga air liur dapat masuk ke dalamnya. Kondisi ini menyebabkan berbagai jenis serpihan tersebut akhirnya terperangkap dan menumpuk. Seiring berjalannya waktu, berbagai serpihan yang terperangkap tersebut akan mengeras dan menjadi batu amandel 

Tanda-Tanda Batu Amandel

Setelah Anda mengetahui apa penyebab batu amandel bisa terbentuk, maka selanjutnya Anda perlu mengetahui apa saja tanda seseorang memiliki batu amandel. Berikut ini akan dijelaskan beberapa tanda seseorang memiliki batu amandel. 

  1. Bau Mulut

Tanda batu amandel yang pertama, yaitu munculnya bau mulut. Kondisi ini bisa terjadi karena, pasien yang memiliki batu amandel memiliki senyawa sulfur di dalam mulutnya. Senyawa inilah yang menyebabkan penderita batu amandel memiliki aroma mulut yang tidak sedap. Selain itu, berbagai jamur dan bakteri yang terdapat di amandel akan memakan batuan amandel dan mengeluarkan zat yang membuat napas menjadi berbau busuk 

  1. Sulit Menelan

Pada umumnya, batu amandel akan menyebabkan amandel membengkak. Tentu saja kondisi ini membuat seseorang akan merasa sakit pada bagian tenggorokan. Kondisi ini membuat seseorang sulit menelan baik makanan atau minuman. Akan tetapi, rasa sakit yang timbul tergantung dari letak dan seberapa besar batu amandel yang muncul. 

  1. Gumpalan Putih di Tenggorokan

Tanda-tanda terakhir, yaitu terdapat gumpalan putih di tenggorokan. Pada umumnya batu amandel akan  tercipta di belakang tenggorokan. Namun pada beberapa kasus, Anda bisa melihat batu amandel yang terletak di lipatan amandel. Apabila Anda sulit untuk melihat batu amandel maka bisa menggunakan bantuan pemindaian seperti CT scan untuk melihatnya.

Baca Juga: Mengenal Radang Amandel dan Perbedaannya dengan Radang Tenggorokan

Mengatasi Batu Amandel

Walaupun batu amandel bukanlah kondisi yang berbahaya, tetapi tetap perlu untuk diatasi. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi batu amandel. 

  • Keluarkan Batu Amandel dengan Jari

Cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi batu amandel yang pertama, yaitu dengan mengeluarkannya menggunakan jari. Apabila Anda bisa melihat lokasi batu amandel maka doronglah menggunakan ajari hingga terlepas. Akan tetapi, jangan pernah sekali-kali mencoba mengeluarkannya menggunakan benda tajam seperti tusuk gigi. Hal ini dapat menyebabkan luka dan berakibat infeksi. 

  • Batuk dengan Sengaja 

Batuk dengan sengaja merupakan cara yang bisa Anda lakukan selanjutnya. Ketika Anda batuk maka akan memberikan dorongan sehingga batu amandel dapat menjadi lunak dan terlepas. Namun perlu diperhatikan, jika cara ini tidak membuahkan hasil maka segera hentikan. Hal ini karena melakukannya secara terus menerus dapat melukai tenggorokan.

  • Operasi Amandel

Cara yang bisa Anda lakukan terakhir, yaitu dengan operasi amandel. Cara ini dilakukan ketika berbagai cara lain yang dilakukan tidak membuahkan hasil. Pada  umumnya, cara ini dilakukan ketika batu amandel sudah mencapai kondisi parah dan kronis. Nantinya dokter akan mengangkat amandel menggunakan pisau bedah ataupun laser. 

Nah itulah dia beberapa informasi mengenai seluk beluk batu amandel yang perlu Anda ketahui. Apabila Anda tidak ingin mengalami kondisi seperti ini, pastikan selalu merawat kebersihan mulut. Setidaknya bersikat gigi lah sebanyak 2 kali dalam sehari serta menggunakan obat kumur. Tidak hanya itu, Anda juga perlu menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada  celah gigi.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Berbagai Obat Radang Tenggorokan Baik Alami atau Medis

 

Sumber:

1. Villines, Zawn. 2018. What you should know about tonsil stones.

2. Gotter, Ana. 2018. Tonsil Stones: What They Are and How to Get Rid of Them.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi