Bantuan
Free Tele x

Apa Itu Diet Dukan? Manfaat Kesehatan, Makanan, dan Tips

Ditinjau oleh dr. Juliana Ng • 21 Jul 2022

Bagikan

Apa Itu Diet Dukan? Manfaat Kesehatan, Makanan, dan Tips

Diet Dukan adalah program penurunan berat badan rendah karbohidrat dan protein tinggi yang diciptakan pada tahun 1970-an oleh mantan dokter Prancis, Dr. Pierre Dukan. Pada awalnya, diet ini diciptakan untuk membantu pasien obesitas menurunkan berat badan dengan cara makan makanan rendah kalori dan porsi kecil. Diet Dukan sangat efektif dalam menurunkan berat badan dengan waktu yang sangat cepat dibandingkan diet lainnya.

Diet Dukan mirip dengan diet Atkins dari rencana makan yang dirancang untuk memastikan konsumsi lemak dan protein yang tinggi serta asupan karbohidrat yang rendah. Namun, diet Dukan lebih ketat daripada diet Atkins. Tidak ada karbohidrat selain sedikit gandum yang diperbolehkan di awal, dan bahkan sayuran rendah karbohidrat seperti bayam dan kubis juga tidak diperbolehkan. Tak hanya itu, ada batasan lemak makanan seperti telur dan daging.

Baca juga: Mengenal Diet HCG, Serta Tips Menjalankannya

 

Fase Diet Dukan

Jika simpanan karbohidrat di dalam tubuh sangat banyak, maka tubuh akan membakar karbohidrat sebagai sumber energi, bukan lemak. Diet ini memastikan asupan karbohidrat rendah untuk memaksa tubuh beralih dari pembakaran karbohidrat ke pembakaran lemak. Sehingga dapat menawarkan manfaat penurunan berat badan.

Diet Dukan terdiri dari empat fase dan ini dijelaskan secara singkat di bawah ini.

Fase Attack

Fase awal ini berlangsung selama lima sampai sepuluh hari. Tidak ada karbohidrat yang dimakan di fase awal, dan ada 72 makanan berprotein tinggi dan rendah lemak yang dapat Anda pilih.

Anda dapat makan protein tanpa lemak tanpa batas seperti daging sapi tanpa lemak, unggas tanpa kulit, makanan laut dan telur bersama dengan produk susu rendah lemak yang terbatas, sedikit minyak zaitun untuk mengoles wajan, dan 1,5 sendok makan gandum halus (refined grain) seperti tepung setiap hari.

Fase Cruise

Pada fase ini Anda didorong memakan asupan protein murni dan beberapa karbohidrat secara bertahap, dengan pilihan sayuran tertentu yang dimakan setiap hari. Pelaku diet Dukan tetap dalam fase ini sampai mereka mencapai tujuan berat badan mereka. 

Selama fase cruise, Anda akan terus makan makanan di fase attack dengan tambahan sayuran tertentu, seperti sayuran hijau, brokoli, kembang kol, paprika, mentimun dan jamur. Anda juga didorong untuk meningkatkan gandum halus menjadi 2 sendok makan per hari. Beberapa hari dalam fase ini adalah hari-hari dengan makanan "Protein Murni" dan hari-hari lainnya adalah hari-hari dengan makanan "Protein/Sayuran".

Fase Consolidation

Makanan yang sebelumnya tidak diperbolehkan seperti produk susu dan buah perlahan-lahan diperbolehkan dan Anda dapat “merayakan” diet dengan makan apa pun yang anda sukai selama dua kali seminggu.

Selama fase consolidation, Anda akan terus memakan makanan dari dua fase pertama dan menambahkan porsi kecil buah, roti, pati, keju, potongan daging lainnya, dan anggur. Anda juga harus meningkatkan gandum halus menjadi 2,5 sendok makan per hari. Satu hari dalam seminggu dikhususkan untuk hari "Protein Murni" dimana Anda mengikuti menu fase attack.

Fase Stabilization

Jika makan karbohidrat tidak menyebabkan penambahan berat badan, Anda dapat beralih ke "aturan seumur hidup", dimana Anda dapat makan secara normal tetapi memiliki protein murni sekali dalam seminggu yang mengikuti aturan fase attack. Anda juga diharuskan untuk berkomitmen berjalan 20 menit per hari dan makan 3 sdm oat setiap hari.

 

Manfaat Diet Dukan Bagi Kesehatan

Karena Diet Dukan mengandung banyak protein, diet ini dapat membantu mencegah kehilangan otot di tubuh Anda. Manfaat lain dari diet Dukan termasuk mengendalikan tekanan darah tinggi, diabetes dan pengurangan risiko penyakit yang berhubungan dengan berat badan. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan namun tetap ingin mempertahankan massa otot, diet ini sangatlah cocok bagi Anda.

Baca juga: Diet Keto: Pengertian, Manfaat, Tips

 

Makanan Diet Dukan

Beberapa makanan diet Dukan yang bisa Anda makan dan yang perlu untuk Anda hindari seperti berikut ini.

Makanan Yang Bisa Anda Makan

  • Semua jenis daging tanpa lemak, termasuk daging sapi, domba, babi, dan daging merah lainnya

  • Ayam

  • Ikan

  • Kerang

  • Protein vegetarian, termasuk kedelai, tahu, dan tempe.

  • Susu bebas lemak, seperti keju, susu, krim keju, yogurt, krim asam, dan ricotta

  • Air

  • 5 sdm gandum halus

  • Shirataki

Makanan Yang Harus Dihindari

  • Buah-buahan

  • Sayuran

  • Karbohidrat dan biji-bijian (selain gandum halus)

  • Gula

  • Lemak

  • Alkohol

 

Tips Menu Makan Diet Dukan

Berikut ini adalah tips menu makan diet Dukan yang mungkin dapat membantu Anda dalam merencanakan program diet penurunan berat badan.

Hari Ke-1: Protein Murni

  • Sarapan: 2 telur orak-arik; 2 strip daging kalkun; 1/2 cangkir keju cottage tanpa lemak

  • Makan siang: 1 cangkir tempe tumis; 1 cangkir nasi kembang kol

  • Makan malam: 3 ons dada ayam panggang; 1 cangkir kubis Brussel panggang

Hari  Ke-2: Protein/Sayuran

  • Sarapan: Telur panggang dengan kangkung dan tomat; 8 ons jus seledri

  • Makan siang: 1 porsi salad bayam dengan saus bacon

  • Makan malam: 4 ons salmon panggang oven dengan bumbu; 1 porsi asparagus panggang oven

Hari Ke-3: Protein Murni

  • Sarapan: 1 sosis sarapan ukuran sedang; 2 telur lebih mudah

  • Makan siang: 1 porsi mangkok tahu panggang dengan mi shirataki (hilangkan gula merah)

  • Makan malam: 4 ons menyajikan hati sapi dan bawang bombay; 1 cangkir brokoli kukus

Baca juga: Tips Diet dan Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Tag :
Referensi

News Medical Net. 2019. Dukan Diet: Pros and Cons. https://www.news-medical.net/health/Dukan-Diet-Pros-and-Cons.aspx.

Verywell fit. 2021. What Is the Dukan Diet?  https://www.verywellfit.com/dukan-diet-review-2242251.

Prevention. 2022. Can the Dukan Diet Help You Lose Weight? Here’s What to Know, According to Dietitians. https://www.prevention.com/weight-loss/diets/a26075560/dukan-diet-plan/.

Healthline. The Dukan Diet Review: Does It Work for Weight Loss?. https://www.healthline.com/nutrition/8-fad-diets-that-work#TOC_TITLE_HDR_9.

Bagikan artikel ini