Bantuan
Free Tele x

Apa Manfaat Dada Ayam untuk Diet? Temukannya Jawabannya di Bawah Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 11 Feb 2022

Bagikan

Dada Ayam

Sudahkah Anda tahu apa manfaat dada ayam untuk diet? Dada ayam sangat populer dengan kandungan proteinnya yang tinggi sehingga tidak heran, dada ayam sering kali dijadikan makanan bagi mereka yang sedang diet ataupun membentuk massa otot. 

Lalu apa saja manfaat dada ayam untuk diet? Di bawah ini akan dijelaskan mengenai berbagai manfaat dada ayam untuk diet. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui apa saja kandungan nutrisi yang dimiliki dada ayam. 

Kandungan Nutrisi Dada Ayam

Dada ayam memiliki kandungan protein yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan bagian yang lainnya. Tidak hanya itu, 80% kalori dada ayam berasal dari protein. Lantas, apa saja kandungan nutrisi yang dimiliki dada ayam? Dalam 100 gram dada ayam fillet, memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut:

  • 150 kalori

  • Protein: 25 gram

  • Lemak: 3,2 gram

  • Natrium: 450 miligram

  • Zat besi: 0,5 miligram

  • Kalsium: 5 hingga 10 miligram 

  • Kalium: 330 miligram

  • Vitamin A

  • Vitamin B

  • Tembaga

  • Fosfor

Manfaat Dada Ayam untuk Diet

Dengan berbagai kandungan tersebut, tidak heran jika dada ayam memiliki banyak manfaat untuk diet. Berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat dada ayam yang bisa Anda dapatkan saat diet. 

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat dada ayam untuk diet pertama, yaitu dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan protein yang tinggi di dalam dada ayam dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi dada ayam dapat membakar 80 kalori. Akan tetapi, hal ini akan menjadi efektif apabila dibarengi dengan melakukan olahraga sepeti jalan santai atau bersepeda. 

  1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat dada ayam untuk diet yang bisa Anda dapatkan selanjutnya, yaitu dapat menurunkan berat badan. Hal ini karena, dada ayam memiliki kandungan kalori yang rendah. Seseorang yang ingin menurunkan berat badan, sebaiknya mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan kalori yang rendah, salah satunya, yaitu dada ayam. 

  1. Menjaga Tubuh Tetap Fit

Dada ayam ternyata juga dapat menjaga tubuh tetap dalam kondisi yang fit. Hal ini  berkat kandungan zat besi dan mineral dalam dada ayam yang dapat membantu menghasilkan energi, bahkan kandungan vitamin B3 dalam dada ayam dapat mengubah makanan menjadi energi. Dalam sebuah penelitian juga disebutkan vitamin B3 diperlukan tubuh untuk mengubah karbohidrat menjadi energi. Energi ini akan digunakan oleh tubuh untuk membuat Anda tetap fit. 

  1. Membangun Massa Otot

Kandungan protein di dalam dada ayam dapat diolah menjadi asam amino. Zat ini nantinya akan digunakan oleh tubuh untuk membentuk jaringan dan sel-sel di dalam tubuh termasuk jaringan otot. Hal inilah yang membuat banyak atlet sering mengonsumsi dada ayam. Tidak hanya itu, saat asupan protein tercukupi makan akan  terhindari dari sarcopenia atau kehilangan massa otot akibat penuaan. 

  1. Menahan Nafsu Makan

Manfaat dada ayam untuk diet yang selanjutnya, yaitu dapat menahan nafsu makan dengan membuat Anda kenyang lebih lama. Manfaat yang satu ini disebabkan oleh protein yang Anda konsumsi dari dada ayam akan meningkatkan kadar peptida atau hormon yang membuat seseorang merasa kenyang. Tidak hanya itu, produksi hormon ghrelin atau hormon yang menyebabkan lapar juga dapat ditahan oleh protein. 

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat dada ayam untuk diet yang terakhir, yaitu dapat menjaga kesehatan tulang. Orang-orang yang mengalami obesitas, tentunya membuat tulang menerima beban yang berat. Oleh karena itu, diperlukan langkah untuk menjaga kesehatan tulang sembari dibarengi dengan penurunan berat badan. Dalam hal ini, dada ayam memiliki kandungan kalsium dan protein yang dapat membuat tulang menjadi tidak mudah patah. Tidak hanya itu, protein juga dipercaya dapat memadatkan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis. 

Demikianlah beberapa informasi mengenai manfaat dada ayam untuk diet yang bisa Anda dapatkan. Untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut, sebaiknya olahlah dada ayam dengan cara direbus atau dipanggang. Perlu diingat, apabila Anda serius ingin melakukan diet, sebaiknya dibarengi dengan olahraga dan pola makan sehat

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Tengah Menjalani Diet? Ketahui Seluk Beluk Defisit Kalori Berikut Ini

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Fogoros, Richard. 2021. Chicken Breast Nutrition Facts and Health Benefits. https://www.verywellfit.com/how-many-calories-in-chicken-breast-3495665

WebMD. Health Benefits of Chicken. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-chicken#1

Nutrition facts of chicken breast: Benefits to health and ways to cook it. https://thethoughtfuldietitian.com/nutrition-facts-of-chicken-breast-benefits-to-health-and-ways-to-cook-it/

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami